Jumat, 08 Februari 2019

Manfaat Sintrong "Gulma Penuh Khasiat" Untuk Tubuh

Manfaat Sintrong "Gulma Penuh Khasiat" Untuk Tubuh - Mungkin masih banyak orang yang masih asing mendengar nama tanaman yang satu ini. Sintrong sendiri merupakan jenis tanaman yang sering dianggap sebagai gulma atau tanaman liar. Walau demikian ternyata tanaman liar yang satu ini juga mengandung sejumlah kandungan yang berkhasiat dan tak banyak orang mengetahuinya.

Manfaat Sintrong "Gulma Penuh Khasiat" Untuk Tubuh

Sintrong merupakan jenis tanaman yang masuk ke dalam suku Asteraceae dan dikenal dengan nama ilmiahnya Crassocephalum crepidioides dan Crassocephalum aurantiaca. Tanaman sintrong ini bisa dengan mudah kita temukan di persawahan, tepi jalan, kebun, pekarangan, dan lahan-lahan yang terlantar. Selain itu, tanaman ini juga sering dianggap sebagai gulma yang tumbuh pada ketinggian 200 m di atas permukaan laut. Sehingga tidak heran jika banyak orang yang memandang sebelah mata tanaman ini. Namun, yang perlu kalian ketahui ternyata tanaman yang sering dianggap gulma ini ternyata merupakan tanaman yang kaya akan manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia ini memiliki banyak nama yang menggambarkan tanaman ini di antaranya yaitu jambrong, balastrong, tespong, sawi rusa, jebung dan lainnya. 

Nah, di sejumlah daerah khususnya daerah sunda, tanaman sintrong ini banyak dimanfaatkan dalam sejumlah olahan makanan seperti lalapan, urap-urap, pecel, dan lain sebagainya. Mereka meyakini bahwa tanaman yang satu ini memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dan hal ini memang benar adanya, dalam daun sintrong terkandung sejumlah senyawa dan nutrisi yang mampu membantu memberikan kesehatan tubuh mulai dari merawat kesehatan tubuh hingga membantu mengobati sejumlah penyakit yang bersarang di dalam tubuh, salah satunya adalah kanker. Jadi bagaimana guys, masih mau memandang sebelah mata tanaman yang kaya manfaat ini??? 

Kandungan Dalam Sintrong

Yup, meski dipandang sebelah mata dan sederhana, daun sintrong ternyata mengandung banyak kandungan nutrisi penting yang baik untuk tubuh, di antara nya yaitu :
  • Saponin.
  • Polifenol.
  • Flavonoid.
  • Vitamin.
  • Mineral.
  • Minyak atsiri.
Nah, sejumlah kandungan tersebut nyatanya memang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Di mana dengan sejumlah kandungan tersebut tubuh dapat terhindar dari sejumlah penyakit dan bahkan mampu membantu mengobati sejumlah penyakit yang ada dalam tubuh secara alami dan menyeluruh dengan aman tanpa efek samping.

Bahkan dalam sejumlah penelitian pun menujukkan bahwa pengonsumsian daun sintrong dikenal sangat aman dan bermanfaat untuk tubuh. Sehingga tidak heran juga banyak masyarakat sunda yang sering memanfaatkan tanaman yang satu ini sebagai olahan makanan kesehariannya.

Manfaat Dari Sintrong `Si Gulma Penuh Khasiat΄

Adapun sejumlah manfaat yang bisa diberikan dari kandungan yang terkandung dalam daun sintrong yang baik untuk kesehatan tubuh di antaranya yaitu :

  • Mencegah Kanker

Dalam daun sintrong terkandung vitamin dan sejumlah senyawa seperti polifenol dan flavonoid. Di mana semua kandungan tersebut berperan sebagai antioksidan kuat yang berfungsi untuk menetralkan radikal bebas serta menurunkan tingkat kerusakan pada sel-sel tubuh. Nah, dengan kata lain hal ini juga sangat baik untuk membantu menurunkan risiko penyakit kanker, baik kanker hati, kanker payudara dan kanker lambung.

  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi - Hipertensi

Senyawa yang terkandung dalam daun sintrong juga diketahui dapat membantu mengontrol tekanan darah. Sehingga dengan kata lain hal ini juga dapat membantu menurunkan risiko terjadi tekanan darah tinggi. Yang mana manfaatnya ini juga bisa menjadi alterntif yang aman dan menyehatkan untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi secara alami dan membantu menjaga tekanan darah agar tetap normal.

  • Meningkatkan Stamina Tubuh

Layaknya sayuran pada umumnya, ternyata nutrisi yang terkandung dalam sintrong juga dapat membantu menambah stamina tubuh. Nah, jadi bagi Anda yang kekurangan stamina, sintrong bisa menjadi alternatif terbaik untuk membantu menambah stamina Anda yang kurang.

  • Meningkatakan Sistem Imun Tubuh

Antioksidan dan vitamin yang ada pada daun sintrong juga diketahui dapat berperan untuk membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Di mana dengan begitu, kemampuan sintrong ini juga dapat membantu melindungi tubuh dari serangan sejumlah penyakit infeksi baik yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur dan sejumlah microogranisme lainnya. Dengan kata lain, sintrong ini bisa menjadi alternatif yang tepat untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

  • Menghilangkan Nyeri

Sejumlah senyawa dan nutrisi yang terkandung dalam daun sintrong juga memiliki sifat sebagai analgesik dan antipiretik yang berfungsi untuk meredakan rasa sakit atau nyeri dan demam. Kemampuannya tersebut mampu mengatasi sejumlah kondisi seperti sakit kepala, nyeri punggung dan lain sebagainya.

  • Menurunkan Kolesterol Tinggi

Daun sintrong juga mengandung serat yang baik untuk tubuh dan mudah untuk dicerna. Nah, seratnya tersebut dikenal sangat baik untuk membantu proses penyerapan kolesterol jahat dalam tubuh. Sehingga hal ini sangat baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang tinggi dalam tubuh. Dengan kata lain, sintrong ini bisa menjadi alternatif pengobatan herbal untuk penderita kolesterol.

  • Menjaga Kesehatan Lambung

Kandungan yang dimiliki sintrong dikenal memiliki kemampuan untuk menetralkan asam lambung dan bahkan kandungan tersebut juga mampu membantu menguatkan otot lambung sehingga fungsi lambung juga bisa lebih optimal.

  • Menguatkan Tulang

Sintrong juga mengandung sejumlah kandungan mineral yang dapat membantu memperkuat tulang dan menjaga kepadatannya. Sehingga dengan kata lain dengan mengkonsumsi sintrong tulang pun dapat terhindar dari serangan osteoporosis.

  • Melancarkan Sistem Pencernaan

Serat dan sejumlah nutrisi yang terkandung dalam sintrong juga dikenal sangat baik untuk membantu proses pencernaan tubuh. Kandungan pada sintrong tersebut diketahui mampu berfungsi untuk membersihkan sistem pencernaan sehingga dengan begitu dapat membantu tubuh terhindar dari masalah pencernaan seperti diare, konstipasi dan sebagainya.

Untuk mendapatkan manfaat dari sintrong tersebut, Anda bisa memanfaatkan langsung daun sintrong sebagai lalapan, tambahan sayuran atau Anda juga mengkonsumsi air rebusan dari daun sintrong tersebut. Atau Anda juga bisa memanfaatkannya dengan cara Anda sendiri.

Catatan : Namun untuk pengonsumsiannya, dianjurkan untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Karena segala sesuatu yang berlebihan untuk mengkonsumsi obat dapat dikatakan sebagai overdosis, yang mana hal ini sangat tidak baik untuk tubuh.

Ok sobat, sekian yang dapat disampaikan untuk ulasan kali ini. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih banyak atas kunjungannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar