Rabu, 24 April 2019

Eldeberry, Buah Berry Mungil Yang Kaya Manfaat Baik

Eldeberry, Buah Berry Mungil Yang Kaya Manfaat Baik - Yup, eldeberry merupakan salah satu jenis buah berry yang memiliki ukuran kecil. Namun, dengan ukuran kecilnya tersebut, ternyata buah eldeberry memiliki banyak manfaat dan kegunaan yang baik untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya tersebut??? OK, langsung aja yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini!!!
Eldeberry, Buah Berry Mungil Yang Kaya Manfaat Baik
Sekilas Mengenai Buah Eldeberry

Walau tak sepopuler jenis buah berry lainnya, akan tetapi eldeberry merupakan salah satu jenis buah berry yang dikenal kaya akan manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Eldeberry dengan nama ilmiah Sambucus nigra ini merupakan tanaman yang diketahui berasal dari Eropa, Afrika dan sebagian Asia. Namun penyebarannya diketahui lebih banyak di Amerika Serikat. Tanaman yang satu ini juga diketahui bisa tumbuh di berbagai kondisi baik basah ataupun kering.

Morfologi Tanaman Eldeberry

Di Indonesia sendiri terdapat jenis eldeberry yang tumbuh liar di daerah pegunungan Indonesia bernama Sambucus Javanica atau disebut dengan sangitan. Ciri morfologi dari tanaman ini yaitu daunnya lebat seperti semak dengan pohonnya yang bisa tumbuh hingga 9 meter. Daun-daun eldeberry tumbuh dengan pasangan berlawan dan memiliki 5-7 helai daun. Tepi daunya pun bergeri, selain itu, tanaman eldeberry juga memiliki bunga berwarna putih gading dengan lima kelopak.

Nah, buah dari eldeberry sendiri diketahui memiliki buah yang berkelompok yang bisa mengalami perubahan warna mulai dari hijau, merah dan kemudian menjadi hitam saat sudah matang. Ukuran buahnya bulat kecil dengan diameter hanya 3-5 mm. Eldeberry telah menjadi obat tradisional selama berabad-abad di Amerika Utara, Eropa, Asia Barat dan Afrika Utara.

Buah eldeberry ini diketahui banyak digunakan untuk terapi penyembuhan kanker atau diabetes. Meski begitu, kamu tidak boleh ceroboh dalam mengolah eldeberry karena bisa-bisa bagiannya yang beracunlah yang kamu olah. Kandungan racun dari buah eldeberry dapat ditemukan terutama pada bagian batang, daun serta akarnya. Efek racun dari bagian tanaman eldeberry ini juga tidak main-main karena dapat menyebabkan kematian. Terlepas dari bagian tumbuhannya yang beracun tersebut, namun buah dari tanaman eldeberry ini memiliki banyak sekali khasiat karena sejumlah kandungan yang terkandung di dalamnya dikenal sangat penting bagi tubuh.

Kandungan Nutrisi dan Senyawa Terbaik Dari Buah Eldeberry

Yup, buah eldeberry diketahui mengandung sejumlah kandungan nutrisi dan senyawa yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Adapun beberapa kandungannya tersebut seperti :

  • Flavonoid.
  • Vitamin A.
  • Vitamin B.
  • Vitamin C.
  • Tanin.
  • Fosfor.
  • Kalsium.
  • Gula.
  • Rutin.
  • Potassium.
  • Asam viburnic.
  • Karotenoid.
  • Asam amino.
  • Antioksidan dan lain sebagainya.

Nah, selain bermanfaat di dunia kesehatan buah yang satu ini juga diketahui memiliki manfaat di dunia kuliner dan juga kecantikan.

Manfaat Buah Eldeberry, Si Berry Mungil Yang Baik Untuk Kesehatan

Adapun sejumlah manfaat yang dimiliki buah eldeberry di dalam dunia kesehatan di antaranya yaitu :

  • Menyembuhkan Flu

Manfaat buah eldeberry yang satu ini dikenal sangat efektif dan manjur. Yup,hal ini dikarenakan kandungan yang terkandung dalam buah eldeberry memiliki kemampuan untuk melindungi sel sehat di dalam tubuh dari infeksi flu. Kemampuannya pun bahkan telah banyak dibuktikan untuk mengobati banyak penderita flu di Panama pada tahun 1995. Nah, kemampuannya tersebut hadir berkat senyawa flavonoid yang terkandung di dalamnya. Senyawa tersebut diketahui mampu berperan untuk menghancurkan virus pilek serta flu.

  • Bagus Untuk Pencernaan

Mengkonsumsi buah eldeberry juga dikenal sangat baik untuk pencernaan. Yup, hal ini dikarenakan kandungan yang terkandung di dalamnya mampu membantu mencegah dan menyembuhan wasir, diare, sembelit, dan juga gangguan pencernaan lainnya. Di samping itu, buah eldeberry juga mengandung sejumlah nutrisi dan senyawa yang dapat meningkatkan kesehatan jantung, ginjal, mata serta menyembuhkan infeksi saluran kemih.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Seperti yang telah disebutkan, buah eldeberry juga mengandung vitamin A dan karotenoid. Nah, kamu juga mungkin tahu kegunaan kedua zat ini. Yup, kedua zat ini dikenal sangat baik sebagai sumber asupan penting untuk menyehatkan mata.

  • Kaya Akan Antioksidan

Buah eldeberry juga dikenal akan antioksidannya yang sangat tinggi. Nah, hal inilah yang membuat buah eldeberry dikenal sebagai jenis buah yang kaya akan manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Mengapa demikian??? Hal ini dikarenakan dengan antioksidan yang terkandung di dalamnya membuat buah yang satu ini mampu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Di mana radikal bebas sendiri dikenal sebagai zat berbahaya yang dapat memicu munculnya sejumlah penyakit berbahaya. Di samping dapat menangkalnya, antioksidan yang terkandung dalam buah eldeberry juga dapat membantu menetralisir radikal bebas yang terdapat di dalam tubuh.

  • Mencegah Sekaligus Mengobati Penyakit Kanker

Seperti yang telah dijelaskan bahwa buah eldeberry ini merupakan salah satu jenis buah dengan antioksidan yang sangat tinggi. Di mana antioksidannya tersebut juga diketahui mampu berperan dalam memerangi serta mencegah tumbuhnya sel kanker. Selain itu, jus buah eldeberry juga mengandung flavonoid yang dapat mencegah kerusakan sel dalam tubuh.

  • Mengandung Vitamin C

Buah eldeberry juga dikenal akan vitamin C nya yang melimpah. Vitamin C sendiri dikenal sangat efektif untuk mencegah datangnya penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Selain itu, vitamin C juga diketahui dapat berperan sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

  • Membantu Menyembuhkan Diabetes

Sejumlah kandungan yang terkandung dalam buah berry yang satu ini juga memiliki sifat sebagai anti-virus, anti-histamin dan juga antioksidan yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh sehari-hari termasuk dalam memerangi diabetes.

  • Mempercantik Kulit Tubuh

Berkat antioksidan nya yang sangat tinggi, buah eldeberry juga dikenal sangat baik untuk kecantikan. Di mana dengan kandungannya tersebut, buah yang satu ini dipercaya memiliki kemampuan untuk membantu mencegah terjadinya penuaan dini. Bahkan sejumlah kandungan nutrisi dan juga senyawa lainnya yang terkandung di dalamnya mampu membantu mengatasi beragam masalah kulit seperti bercak hitam, bintik gelap, jerawat dan lain sebagainya. Jadi bagi kamu yang ingin terlihat tetap awet muda, buah eldeberry bisa menjadi salah satu alternatif menu buah yang wajib kamu konsumsi secara rutin.

Walau memiliki banyak kandungan nutrisi dan senyawa yang bermanfaat, namun kamu juga disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah eldeberry secara berlebihan. Hal ini dikarenakan terlalu banyak mengkonsumsi buah eldeberry bisa berdampak buruk pada kesehatan pencernaan kamu seperti menyebabkan diare terutama bagi kamu yang memiliki sistem pencernaan yang sensitif.

Nah guys, itulah sekilas ulasan mengenai eldeberry, buah berry mungil yang kaya akan manfaat baik bagi kesehatan yang dapat saya sampaikan. Sekian dari saya, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih banyak atas kunjungannya. :)

1 komentar:

  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus