Rabu, 24 April 2019

Gaharu, Si Aromatik Dengan Segudang Manfaat Baik Bagi Kesehatan

Gaharu, Si Aromatik Dengan Segudang Manfaat Baik Bagi Kesehatan - Yup, gahari dianggap sebagai tanaman besar yang memiliki banyak manfaat. Popularitas dari tanaman ini juga sudah tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya tanaman besar ini memiliki ragam manfaat yang sudah cukup dikenal oleh sejumlah kelompok masyarakat dunia. Penasaran dengan sejumlah manfaat dari tanaman besar yang satu ini??? OK, langsung aja simak ulasan berikut guys!!! (:
Gaharu, Si Aromatik Dengan Segudang Manfaat Baik Bagi Kesehatan
Mengenal Gaharu, Si Pohon Besar Dengan Aroma Wanginya

Gaharu memiliki nama ilmiah Aquilaria malaccensis ini merupakan jenis pohon besar yang dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia, tepatnya di kepulauan Kalimantan dan Sumatera. Selain itu, penyebaran gaharu juga sudah meluas ke sejumlah negara.

Dalam perdagangan dunia, gaharu dikenal dengan nama agarwood, aloewood, atau eaglewood. Nah, dari yang diketahui, pada isu internasional tanaman gaharu dilindungi karena terancam punah dan bahkan di India diberlakukannya tindakan konservasi dengan melarang ekspor.

Tanaman gaharu sendiri dikenal karena kandungan resinnya yang dapat dipasarkan secara internasional. Resin dari gaharu diketahui memiliki aroma harum yang khas. Karena aromanya yang harum, gaharu menjadi komoditi mewah untuk keperluan industri, parfum, kosmetik, dupa, kemenyan, bahan baku obat-obatan dan juga teh. Sejak awal modern kurang lebih 2000 tahun lalu gaharu menjadi komoditi perdagangan dari Kepulauan Nusantara ke India, Persia, Arab, dan juga Afrika Timur.

Gaharu juga diketahui sebagai jenis tanaman yang bisa tumbuh hingga mencapai 15-30 meter dan memiliki bunga berwarna putih. Selain itu, tanaman yang satu ini juga memiliki buah yang berbentuk seperti telur terbalik dan berbulu halus. Tanaman besar ini bisanya hidup pada habitat pegunungan atau tanah yang berdekatan dengan rawa.

Nah, selain dikenal akan resinnya yang memiliki aroma harum yang khas, gaharu juga memiliki daun yang bisa kita jadikan sebagai obat. Yup, daun gaharu diketahui mengandung sejumlah kandungan dan senyawa yang memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Dalam daun gaharu terdapat sejumlah kandungan senyawa penting seperti alkaloid, tanin, flavonoid, fenolik dan sejumlah senyawa lainnya.

Senyawa yang terkandung dalam daun gaharu diketahui memiliki efek farmakologis seperti antitukak, antijamur, antibakteri, dan analgesik.

Manfaat Dari Daun Gaharu Bagi Kesehatan Tubuh

Nah, dengan sejumlah senyawa dan efek farmakologisnya daun gaharu dikenal memiliki sejumlah manfaat yang akan menguntungkan tubuh kita. Adapun sejumlah manfaat yang dimilikinya tersebut di antaranya yaitu :

  • Detoksifikasi Tubuh

Di zaman sekarang ini tanpa kita sadari ada banyak begitu zat berbahaya yang mudah masuk atau menempel pada tubuh. Salah satu hal yang tanpa disadari adalah penggunaan sejumlah produk seperti produk kecantikan dan lainnya yang digunakan secara sembarangan dan teledor bisa meninggalkan racun yang sifatnya riskan bagi tubuh. Jika senyawa berbahaya tersebut tidak segera dikeluarkan maka lama kelamaan akan mengganggu secara neurologis.

Nah, salah satu manfaat dari daun gaharu jika dijadikan sebagai teh, bisa berguna sebagai detoksifikasi tubuh yang alami. Hal ini dikarenakan daun dari gaharu mengandung sejumlah senyawa penting yang dapat berperan sebagai antioksidan baik yang mampu bekerja untuk menetralisir sejumlah zat berbahaya di tubuh.

  • Anti-Penuaan

Dalam penelitian terbaru menemukan bahwa daun gaharu yang dijadikan teh kaya akan genkwanin yang merupakan glikosida alami yang secara luas dikenal bermanfaat untuk kecantikan. Senyawa genkwanin ini diketahui memiliki kemampuan yang dapat membantu menghilangkan merkuri secara efisien. Selain itu, glikosida dalam teh gaharu juga memiliki manfaat untuk diet yang diyakini dapat membantu dalam memperlambat penuaan.

Nah, dalam hal ini juga teh gaharu mampu mengurangi risiko neurologis merkuri yang telah terpapar dan bekerja untuk mencegah penuaan kulit. Saat tubuh menghilangkan racun merkuri dengan teh gaharu, maka akan terbentuk kulit yang sehat, bebas dari noda.

  • Menjaga Berat Badan

Karena kemampuan detoksifikasinya teh daun gaharu juga dikenal memiliki efek yang sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan yang berlebih. Manfaat daun gaharu yang dijadikan teh, telah terbukti secara ilmiah mampu membantu mereka yang kelebihan berat badan untuk menurunkannya dengan alami.

  • Antidepresi

Ekstrak benzene pada daun gaharu diketahui memiliki efek yang baik untuk sistem saraf pusat sebagai antidepresi pada saraf. Hal ini dikarenakan daun gaharu memiliki senyawa aktif yang bernama agarospirol. Senyawa ini berguna sebagai antidepresi yang dapat membantu menekan sistem saraf pusat untuk memberikan efek ketenangan dan dapat mengembalikan kebugaran tubuh.

  • Menambah Energi

Daun gaharu juga diketahui dapat membantu meningkatkan energi yang pada gilirannya akan membuat aktivitas fisik menjadi lebih ringan.

  • Sebagai Minyak Yang Kaya Manfaat

Minyak esensial dari gaharu juga dapat dipadukan dengan sejumlah minyak esensial lainnya seperti pada bunga mawar, bunga melati, geranium, dan cendana. Minyak esensial lainnya yang dipadukan dengan minyak esensial dari gaharu diketahui memiliki sejumlah manfaat seperti sebagai tonik yang efektif, diuretik, mengurangi epilepsi, dan antimikroba.

Selain itu, juga berguna untuk mengatasi gangguan saraf, pencernaan, keluhan paru-paru, penyakit cacar, rematik, sakit selama dan setelah melahirkan, menghentikan kejang dalam sistem pencernaan dan pernapasan, demam, sakit perut, asma, kanker, kolik, diare, mual, regurgitasi, kelemahan pada orang tua, sesak napas, menggigil, sakit umum dan sirosis hati.

  • Mengurangi Rasa Mabuk

Teh gaharu juga dikenal akan manfaatnya yang dapat menghilangkan rasa mabuk. Ketika teh gaharu ini diminum selama intoksikasi, kandungan yang ada pada teh tersebut akan bekerja di dalam tubuh untuk menghilangkan alkohol atau racun dalam tubuh.

  • Aroma Terapi

Selama berabad-abad teh gaharu telah digunakan untuk menenangkan gangguan kecemasan dan tidur. Aroma yang dihasilkan dari daun gaharu memiliki efek menenangkan alami yang dapat membantu mengurangi gejala stres, sehingga memungkinkan orang untuk mencapai tidur yang lebih panjang dan lebih tenang. Nutrisi yang ditemukan dalam daun teh gaharu juga telah digunakan untuk kesehatan paru. Daun gaharu juga bisa meningkatkan sirkulasi darah di tubuh yang penting untuk metabolisme tubuh.

Aroma dari daun gaharu juga diketahui mampu memberikan efek relaksasi. Dengan aromanya tersebut, daun gaharu dikenal efektif mampu menghilangkan kecemasan dan depresi yang dirasakan oleh seseorang. Aroma ini juga diketahui dapat bertahan hingga 12 jam lamanya. Tak heran jika sejumlah rumah parfum di Eropa menyertakan gahari sebagai bahan materialnya.

  • Mengatasi Diabetes

Kandungan dari daun gaharu juga dikenal bermanfaat baik bagi penderita diabete. Daun gaharu diketahui mampu menjaga kadar gula di dalam tubuh dan mencegah terjadinya lonjakan kadar gula darah yang dapat menyebabkan diabetes. Bahkan daun gaharu juga bisa digunakan bagi mereka yang sudah terjangkit diabetes agar tidak sering kambuh.

  • Mengobati Asam Urat

Selain baik untuk penderita diabetes, senyawa yang terkandung dalam daun gaharu juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi penderita asam urat. Pasalnya kemampuan detoksifikasi dari daun gaharu juga bisa membantu menetralisir kadar zat asam urat dalam tubuh yang berlebih dan membuangnya secara alami dengan sifat diuretiknya.

Nah guys, itulah seputar gaharu, si aromatik dengan segudang manfaat baiknya bagi kesehatan yang dapat saya sampaikan. Sekian dari saya, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih banyak atas kunjungannya. :)

1 komentar:

  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus