Kamis, 18 April 2019

Talas, Umbi Yang Kaya Akan Nutrisi Bermanfaat

Talas, Umbi Yang Kaya Akan Nutrisi Bermanfaat - Mungkin sebagian dari kita sudah tidak asing lagi dengan umbi talas. Yup, pasalnya umbi yang satu ini memiliki manfaat yang tak kalah hebatnya dari jenis umbi lainya seperti singkong (ketela), ubi jalar dan kentang. Umbi talas ini dikenal akan sumber karbohidratnya yang sangat tinggi. Sehingga tidak heran jika talas juga bisa dijadikan sebagai bahan utama makanan pengganti nasi. Nah, di samping itu umbi talas juga memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan lho. Apa saja manfaatnya??? Yuk, cari tahu informasi lengkapnya pada ulasan berikut ini!!!
Talas, Umbi Yang Kaya Akan Nutrisi Bermanfaat
Yup, talas dikenal sebagai jenis umbi-umbian yang memiliki kesamaan dengan ketang. Dari yang diketahui jenis umbi ini hanya tumbuh di beberapa negara, biasanya di negara tropis di Asia.

Walau tak sepopuler kentang, namun ternyata umbi talas ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan juga kecantikan lho. Nah, di samping itu, talas juga bisa dijadikan makanan diet untuk menurunkan berat badan lho. Yup, selain tinggi akan karbohidrat, talas juga mengandung serat dan kaya akan vitamin seperti vitamin A, C, E, B6 dan folat yang akan sangat membantu program diet. Selain itu, talas juga mengandung sejumlah mineral seperti potassium yang baik untuk pencernaan.

Manfaat Talas Bagi Kesehatan Tubuh

Ada begitu banyak manfaat baik yang bisa diberikan umbi talas jika dikonsumsi dengan tepat. Nah, beberapa manfaatnya tersebut yaitu :

  • Sumber Energi

Jika dibandingkan dengan kentang, ternyata umbi talas ini mengandung kalori yang lebih tinggi lho. Dari yang diketahui 100 gram umbi talas menyediakan 112 kalori. Nah, kalori pada umbi talas ini utamanya berasal dari karbohidrat kompleks yang dikenal sebagai amilosa dan amilopektin. Namun, umbi talas ini sangat rendah lemak dan protein dibandingkan sereal dan kacang-kacangan. Tingkat protein umbi talas diketahui sebanding dengan sumber makanan tropis lain seperti ubi, singkong dan lain-lain yang dapat menjadi sumber energi atau makanan pokok penggantu nasi.

  • Mengatasi Masalah Pencernaan

Talas juga diketahui dapat berperan penting dalam membantu kesehatan lambung dan usus, atau gastrointestinal. Umbi talas ini mampu membantu makanan dicerna dan diserap oleh lambung dan usus, sehingga proses pencernaan dapat berjalan lancar. Talas juga dapat mengurangi masalah-masalah pencernaan seperti produksi gas yang berlebih, kembung, diare, dan kram perut.

  • Mengatasi Darah Tinggi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa talas kaya akan potassium. Nah, dengan kandungan tersebut, menjadikan talas sebagai salah satu makanan yang dapat membantu mengurangi tekanan darah pada pembuluh darah. Yang mana dengan kata lain, umbi talas ini baik untuk dikonsumsi oleh penderita darah tinggi. Selain itu, talas juga dapat mengurangi stres pada sistem kardiovaskular, dan kandungan potassium nya mampu meningkatkan fungsi kognitif. Nah, hal ini akan sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dari sejumlah serangan penyakit seperti serangan jantung dan sebagainya.

  • Baik Untuk Mata

Selain mengandung potassium, talas juga telah diketahui mengandung sejumlah vitamin, salah satunya adalah vitamin A. Seperti yang telah banyak diketahui bahwa vitamin A sendiri merupakan salah satu nutrisi penting bagi kesehatan mata yang dapat membantu membuat penglihatan mata menjadi lebih jernih. Tidak hanya itu, talas juga mengandung antioksidan yang terdiri dari beta-carotene dan cryptoxanthin yang dapat membantu mencegah katarak juga mengatasi penyakit jantung.

  • Baik Untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Manfaat talas lainnya adalah mampu memperbaiki sel kulit yang bermasalah dan rusak. Nah, kemampuannya tersebut hadir berkat kandungan vitamin A, E dan B6 yang terkandung di dalamnya. Seperti yang telah banyak diketahui bahwa vitamin B6 memiliki fungsi untuk memperbaiki jaringan. Sedangkan vitamin E nya mampu memberikan kelembapan pada kulit dan juga rambut. Di samping itu, antioksidan yang ada dalam umbi talas juga mampu bekerja untuk mencegah terjadinya penuaan dini. Nah, dengan mengkonsumsi umbi talas secara rutin, kulit akan kembali bersinar, noda hitam juga akan menghilang secara alami.

  • Menguatkan Sistem Imun Tubuh dan Aliran Darah

Vitamin B6 dan C pada umbi talas juga dapat membantu produksi sel darah merah dan sel darah putih yang berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin C juga mengandung antioksidan yang bida jadi pertahan dari kanker dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain menurunkan tekanan darah pada penderita darah tinggi, talas juga mampu mencegah anemia karena kandunagn zat besinya mampu membantu proses pembentukan sel darah merah sekaligus membantu melancarkan sirkulasi darah, memperlancar metabolisme,da membentuk sel baru dalam tubuh.

  • Baik Untuk Penderiat Diabetes

Di samping baik untuk penderita hipertensi, talas juga dikenal sangat baik untuk dikonsumsioleh penderita diabetes. Yup, hal ini dikarenakan talas mampu mengatur kadar insulin dan glukosa dalam tubuh, yang merupakan faktor penting untuk mencegah perkembangan penyakit diabetes. Jika kamu rutin mengkonsumsi talas diiringi dengan diet yang sehat, kamu akan menurunkan risiko terhadap penyakit diabetes karena talas termasuk ke dalam serat yang baik untuk dikonsumsi.

  • Mencegah Kanker

Talas juga dikenal sebagai sumber antioksidan alami yang baik bagi tubuh kita. Tingginya kandungan vitamin A dan C serta betakaroten dan antioksidan fenolik lainnya membuat umbi talas ini mampu bekerja untuk menangkal radikan bebas penyebab kanker. Zat lainnya yang tersimpan di dalam umbi talas seperti cryptoxanthin juga mampu melawan aktivitas kanker mulut dan paru-paru.

♦️♦️♦️ Catatan ♦️♦️♦️

Manfaat talas di atas bisa kita dapatkan jika benar-benar diproses atau diolah dengan baik dan juga dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Konsumsi talas bisa menyebabkan gejala penyakit batu ginjal dan penyakit asam urat serta komplikasi kesehatan lainnya jika dipersiapkan dengan baik. Misalnya waktu merebus umbi talas yang sebentar. Nah, hal tersebut bisa kita antisipasi dengan merendamnya semalaman sebelum dimasak, cara ini dilakukan bertujuan untuk menguangi jumlah oksalat yang terkandung dalam talas mentah.

Umbi talas memiliki banyak manfaat lebih dari kentang tetapi tidak mengandung banyak kalori. Dengan manfaat umbi talas lain dari serat dan Glycemic infex yang rendagh, talas masih merupakan pilihan yang baik sebagai sayuran pati.

Sumber referensi : https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-talas-bagi-kesehatan/ dan https://manfaat.co.id/manfaat-umbi-talas

OK guys, itulah dia sejumlah informasi mengenai talas, jenis umbi yang kaya nutrisi baik untuk kesehatan yang dapat disampaikan. Sekian dari saya, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih banyak atas kunjungannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar