Jumat, 29 Maret 2019

Manfaat Buah Melinjo Bagi Tubuh

Manfaat Buah Melinjo Bagi Tubuh - Buah Melinjo sendiri dikenal sebagai salah satu bahan organik yang bisa dijadikan sebagai olahan makanan seperti camilan ringan yang dikenal dengan nama emping. Dalam buah melinjo diketahui terkandung sejumlah kandungan bermanfaat yang sangat baik untuk kesehatan, sehingga tak heran, jika buah melinjo juga dikenal memiliki manfaat untuk tubuh. Apa saja manfaatnya tersebut??? Berikut sekilas ulasan lengkapnya.
Manfaat Buah Melinjo Bagi Tubuh

Melinjo dikenal sebagai salah satu jenis tanaman berbiji terbuka. Tanaman ini diketahui berasal dari Asia Tropik dan Pasifik Barat. Di beberapa daerah melinjo dikenal dengan nama melinjo (jawa), Bago (melayu), dan tangkil (sunda). Bagian tanaman melinjo yang sering digunakan sebagai bahan pangan adalah biji/buah nya.

Buah Melinjo diketahui memiliki rasa yang identik dengan rasa pahit yang biasanya sering ditambahkan ke dalam olahan sayur asam. Walau memiliki ukuran yang kecil, namun buah melinjo kaya akan kandungan bermanfaat bagi tubuh. Adapun sejumlah kandungan yang ada pada buah melinjo di antaranya yaitu energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C dan kandungan lainnya.

Manfaat Buah Melinjo Untuk Kesehatan Tubuh

Dengan sejumlah kandungan pentingnya tersebut, buah melinjo juga diketahui memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaatnya tersebut di antaranya yaitu :

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah melinjo dikenal akan antioksidannya yang tinggi. Nah, antioksidan pada buah melinjo diketahui dihasilkan dari sejumlah kandungan yang terkandung dalam buah melinjo itu sendiri. Ada banyak manfaat yang bisa diberikan oleh zat antioksidan buah melinjo, salah satunya yaitu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, antioksidan pada melinjo juga dapat bekerja untuk menyerang semua radikal bebas dalam tubuh. Kandungan bahan antioksidan yang ada pada buah melinjo diketahui bias bekerja seperti vitamin C yang ditemukan pada buah-buahan.

  • Mencegah Penuaan Dini

Nah, di samping dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, antioksidan pada buah melinjo juga bisa membantu mencegah penuaan dini. Seperti yang kita ketahui sendiri salah satu penyebab utama penuaan dini adalah serangan radikal bebas. Efek dari serangan radikal bebas dapat menyebabkan penampilan kulit menjadi lebih tua yang ditandai dengan kulit yang semakin keriput, bintik hitam dan kulit yang tidak elastis. Nah, dengan mengkonsumsi buah melinjo diketahui bisa menjadi alternatif kamu untuk mencegah masalah penuaan dini tersebut. Kandungan antioksidan pada buah melinjo mampu bekerja untuk melawan serangan radikal bebas dan membuat kulit menjadi tampah lebih muda.

  • Kesehatan Kulit

Buah melinjo juga diketahui mengandung zinc yang mana merupakan nutrisi penting yang dapat membantu mengobati jerawat secara efektif. Selain itu, zinc juga bekerja untuk membantu meningkatkan fungsi sel darah putih yang berperan penting dalam proses penyembuhan. Tidak hanya itu, zinc juga berperan dalam proses produksi kolagen yang merupakan jaringan ikat yang penting untuk kesehatan kulit.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Mengkonsumsi buah melinjo juga diketahui dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini dikarenakan dalam buah melinjo terkandung senyawa flavonoid dan antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan baik.

  • Meningkatkan Stamina

Cemilan atau olahan makanan yang dihasilkan dari buah melinjo diketahui bisa membantu meningkatkan stamina. Di samping dapat membuat perut merasa kenyang, cemilan dari buah melinjo juga diketahui rendah kalori, sehingga dapat membuat tubuh menjadi lebih berenergi.


  • Mencegah Anemia

Anemia sendiri dikenal sebagai suatu kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah. Nah, kondisi tersebut terjadi karena tubuh kekurangan zat besi. Seperti yang kita ketahui sendiri bahwa zat besi ini bekerja untuk membantu tubuh dalam memproduksi hemoglobin untuk sel darah merah. Nah, untuk mencegah dan mengatasi anemia, mengkonsumsi buah melinjo bisa menjadi alternatif terbaiknya. Hal ini dikarenakan buah melinjo mengandung zat besi yang cukup baik untuk membantu tubuh dalam memproduksi hemoglobin yang cukup dan baik untuk pembentukan sel darah merah.

  • Kesehatan Ginjal

Buah melinjo juga dikenal akan kandungan fosfornya yang baik untuk tubuh. Fosfor sendiri bertugas untuk membantu menjaga kesehatan ginjal dengan cara membantu pelepasan racun dari ginjal melalui ekskresi dan buang air kecil. Jika frekuensi dan kuantitas buang air kecil meningkat, maka dengan begitu tubuh dapat mempertahankan kadar air, mengontrol asam urat, kelebihan garam dan lemak.

  • Kesehatan Mata

Dengan mengkonsumsi buah melinjo secara rutin diketahui dapat membantu menjaga kesehatan mata dan baik untuk penderita rabun. Hal ini dikarenakan buah melinjo kaya akan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, yang dapat membuat mata menjadi lebih jernih, sehat, dan mempertajam penglihatan.

  • Memperkuat Daya Ingat

Banyak orang di zaman dulu sudah mengenal kandungan alami yang ada pada buah melinjo. Selain itu, sifat beberapa senyawa pada buah melinjo juga diketahui sangat berperan baik dalam meningkatkan kinerja otak. Dengan mengkonsumsi buah melinjo secara rutin juga diketahui dapat membuat tubuh terbebas dari penyakit berbahaya. Bahkan kandungan melinjo juga diketahui sangat baik untuk kecerdasan otak dan daya ingat.

  • Baik Untuk Mengatasi Hipertensi

Antioksidan pada buah melinjo juga diketahui memiliki manfaat untuk mencegah penyakit hipertensi atau darah tinggi. Seperti yang kita ketahui sendiri bahwa hipertensi merupakan salah satu jenis penyakit yang dapat menyebabkan komplikasi serius seperti stroke dan jantung. Nah, pada buah melinjo juga terkandung protein khusus yang berfungsi untuk mengatasi masalah hipertensi. Walau demikian kamu juga disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah melinjo secara berlebihan.

Efek Samping Mengkonsumsi Melinjo

Walau memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh, namun kamu juga disarankan untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Hal ini dikarenakan buah melinjo mengandung kadar purin yang cukup tinggi yang bisa menyebabkan kadar asam urat dalam tubuh meningkat. Pada dasarnya efek samping melinjo ini dapat terjadi jika penderita memang sudah memiliki kadar asam urat yang tinggi di dalam tubuh. Nah, untuk mengurangi efek samping tersebut kamu disarankan untuk mencuci buah melinjo hingga benar-benar bersih. Dan yang paling penting jangan mengkonsumsinya secara berlebihan untuk mencegah dan meminimalisir efek samping yang mungkin bisa muncul.

Ok guys, itulah dia beberapa manfaat dari buah melinjo yang baik untuk tubuh kita. Sekian yang dapat disampaikan, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih banyak atas kunjungannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar