Jumat, 29 Maret 2019

Sejumlah Manfaat Lobak Yang Baik Untuk Tubuh

Sejumlah Manfaat Lobak Yang Baik Untuk Tubuh - Sobat sudah tidak asing lagi dengan nama sayuran yang satu ini kan??? Yup, lobak dikenal sebagai jenis sayuran yang memiliki bentuk menyerupai wortel dan warna yang beragam mulai dari putih, merah hingga ungu. Nah, dari yang diketahui jenis sayur yang satu ini ternyata memiliki banyak manfaat loh bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya tersebut??? Berikut sekilas ulasan lengkapnya!!!
Sejumlah Manfaat Lobak Yang Baik Untuk Tubuh

Lobak sendiri diketahui sebagai jenis tanaman yang masuk ke dalam famili Cruciferae yang memiliki beragam jenis dan warna yang berbeda-beda. Tanamanan yang satu ini banyak dibudidayakan sebagai sayuran untuk dikonsumsi sebagai makanan. Namun selain itu, lobak juga kerap digunakan sebagai obat-obatan tradisional seperti obat sakit tenggorokan, demam dan peradangan.

Nah, dari yang diketahui lobak juga dikenal sebagai jenis sayuran yang mengandung gizi dan nutrisi yang komplit. Adapun sejumlah kandungan yang dimilikinya tersebut di antaranya yaitu antioksidan, vitamin A, B kompleks, C, dan E, minyak atsiri, beta karoten, niasin, mangan, kolin, asam folik, serat, kalsium, zat besi, fosfor dan asam oksalat.

Karena memiliki banyak kandungan penting bagi tubuh, lobak juga diketahui memiliki banyak manfaat yang dapat memberikan kesehatan pada tubuh. Adapun beberapa manfaatnya tersebut di antaranya yaitu :

  • Melancarkan Sistem Pencernaan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, lobak ternyata mengandung serat yang baik untuk tubuh. Nah, kandungan serat pada lobak diketahui dapat memnbantu melancarkan buang air besar (BAB), dan mencegah sembelit, sehingga dengan begitu kesehatan sistem pencernaan tubuh dapat terjaga dengan baik.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan sistem pencernaan, serat pada lobak juga dikenal sangat efektif untuk membantu menurunkan berat badan secara alami dan aman. Serat yang ada pada lobak bisa membantu kamu merasa cepat kenyang, sehingga dengan begitu bisa membantu mengurangi jumlah makanan yang kamu konsumsi. Di samping itu, lobak juga mengandung kalori yang rendah sehingga tidak akan membuat kamu gemuk saat mengkonsumsinya.

  • Baik Untuk Penderita Diabetes

Lobak juga diketahui memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga sayuran yang satu ini akan sangat aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes dan tidak akan membuat kadar gula darah mereka naik. Selain itu, lobat juga mengandung zat antosianin yaitu jenis antioksidan yang berguna untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas yang disebabkan oleh diabetes. Namun, penelitian ini diketahui masih sebatas uji coba terhadap hewan, belum terhadap manusia.

  • Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Nah, tidak hanya mengandung antosianin, lobak juga diketahui memiliki kandungan zat bernama isothiocynate yang berguna untuk mencegah munculnya penyakit kanker. Sebuah penelitian bahkan mengungangkapkan zat isothocynate ini bermanfaat untuk mematikan beberapa sel kanker, seperti kanker payudara, kanker paru-paru, dan kanker prostat.

  • Memiliki Sifat Anti-Jamur

Manfaat lain dari lobak yaitu diketahui memiliki sifat anti-jamur yang berguna untuk mematikan sejumlah infeksi jamur seperti candida albicans, yaitu jenis jamur yang menjadi penyebab munculnya sariawan, infeksi jamur vagina, dan kandidiasil kulit.

  • Baik Untuk Kesehatan Jantung

Lobak juga diketahui memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Pasalnya kandungan serat, nitrat dan antioksidan pada lobak diketahui memiliki efek yang baik untuk mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah jantung, melebarkan dan merelaksasi pembuluh darah untuk menunjang aliran darah yang lancar. Yang mana semua kemampuannya akan sangat baik untuk kesehatan jantung. Bahkan penelitian yang dilakukan di Korea Selatan menunjukkan bahwa pola makan tinggi serat dari sayuran seperti lobak memiliki efek baik dalam mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

  • Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Sejumlah kandungan pada lobak seperti antioksidan, vitamin C, B dan E serta potasium diketahui mampu berkontribusi dalam membnatu meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu, sejumlah kandungan tersebut juga bisa membantu memperbaiki masalah metabolisme tubuh secara alami dengan baik. Nah, dengan manfaatnya ini, lobak juga dikenal sebagai sayuran yang dapat melindungi tubuh dari penularan penyakit.

  • Baik Untuk Kesehatan Kulit

Lobak juga bisa kamu gunakan sebagai suplemen perawatan kulit yang efektif. Yup, dalam lobak terkandung nutrisi seperti vitamin C, B dan E serta seng dan juga fosfor yang diketahui sangat baik untuk merawat kesehatan kulit. Dengan sejumlah kandungan tersebut, lobak diketahui memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan kulit dengan cara membersihkan kulit dari penumpukan kotoran yang menumpuk di permukaan kulit, mencerahkan kulit, dan mengatasi masalah penuaan dini.

Selain sejumlah manfaat tersebut, lobak juga diketahui dapat digunakan untuk mengatasi penyakit lainnya seperti peradangan pada mulut dan tenggorokan, gangguan pada saluran cerna, saluran empedu, infeksi, demam, batuk, bronkitis, dan kelebihan lendir pada saluran pernapasan. Namun, dari yang diketahui masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas manfaat lobak dalam kondisi-kondisi tersebut.

Nah sobat, itulah dia beberapa manfaat dari lobak yang sangat baik untuk tubuh kita. Sekian yang dapat disampaikan, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih banyak atas kunjungannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar