Jumat, 29 Maret 2019

Manfaat Menakjubkan Dari Wasabi Untuk Tubuh

Manfaat Menakjubkan Dari Wasabi Untuk Tubuh - Bagi kamu yang suka makanan Jepang mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya wasabi. Yup, pasalnya wasabi sering disajikan bersama sushi, sashimi, dan juga ochazuke. Wasabi biasanya disajikan dalam bentuk pasta sebagai penambah cita rasa makanan Jepang. Wasabi sendiri memiliki rasa yang pedas menggigit bagi sebagian orang. Namun, dibalik rasa pedasnya tersebut ternyata wasabi memiliki sejumlah manfaat baik bagi kesehatan loh. Apa saja menfaatnya??? Yuk, langsung aja simak ulasan lengkapnya!!!
Manfaat Menakjubkan Dari Wasabi Untuk Tubuh

Wasabi sendiri merupakan tanaman herbal asli Jepang yang hanya dapat tumbuh di musim semi di area hutan. Tanaman herbal yang satu ini diketahui masih satu keluarga dengan kubis dan kol (Cruciferae/Brassicaceae). Umumnya wasabi sering digunakan sebagai pelengkap masakan Jepang dengan tekstur menyerupai pasta.

Nah, pelengkap makanan ini diketahui ternyata memiliki rasa pedas menyengat. Rasa pedas dari wasabi sendiri berasal dari senyawa kimia yang bernama isothicyanates. Berbeda dari sensasi pedas yang dihasilkan oleh cabe pada umumya, rasa pedas yang dihasilkan wasabi tersebut terasa menyengat dari hidung hingga kepala.

Kandungan Bermanfaat Yang Dalam Wasabi

Namun dibalik rasa pedasnya tersebut, ternyata wasabi mengandung banyak kandungan bermanfaat yang baik untuk tubuh. Beberapa di antaranya yaitu mineral, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, potasium, sodium, zinc, vitamin A, B kompleks, C dan antioksidan. Selain itu, wasabi juga diketahui mengandung kolesterol dalam jumlah yang sangat kecil. Tidak hanya itu, wasabi juga diketahui kaya akan sumber serat, protein dan energi.

Nah, secara keseluruhan wasabi diketahui dapat meningkartka asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dan secara positif mempengaruhi kesehatan kita secara keseluruhan dalam jumlah yang mengejutkan.

Khasiat Dari Wasabi Yang Baik Untuk Tubuh

Karena mengandung banyak senyawa baik, wasabi dikenal memiliki sejumlah manfaat yang dapat menyehatkan tubuh. Adapun sejumlah manfaat tersebut di antaranya yaitu :

  • Mengurangi Risiko Kanker

Dalam wasabi terkandung senyawa yang bernama isothiocynates. Nah, senyawa tersebut diketahui memiliki efek yang sangat baik pada tubuh. Di mana dengan senyawa tersebut, risiko kanker terhadap tubuh dapat berkurang. Selain itu, kandungan tersebut juga diketahui mampu membantu memperlambat perkembangan leukiia dan sel kanker perut. Bahkan kandungan isothicyanates juga diketahui dapat membunuh sel kanker.

  • Baik Untuk Kesehatan Jantung

Wasabi juga dikenal memiliki kandungan senyawa anti-hypercholesterolemic yang dapat membantu menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh. Sehingga risikjo penyakit jantung dan stroke pun dapat berkurang dengan makan wasabi.

  • Meringankan Masalah Pernapasan

Nah, pada wasabi terkandung komponen gas yang dapat membantu mengatasi masalah pernapasan seperti asma atau sinus. Aroma yang dikeluarkan oleh wasabi diketahui dapat memulihkan gejala dari masalah pernapasan tersebut. Hal ini dikarenakan aroma komponen gas yang menyengat pada wasabi dapat memberikan reaksi yang kuat pada saluran pernapasan dan sinus. Bagi sebagian orang, mungkin aroma tersebut dapat membuatnya merasa pusing dan pedas saat menghirupnya. Namun jangan salah guys, aroma tersebut justru akan bermanfaat untuk sistem pernapasan kamu.

  • Efek Antibakteri

Dari yang diketahui akar tanaman wasabi ini mampu memerangi infeksi bakteri yang dapat melawan bakteri E.coli dan Styphylococcus Aureus. Bahkan wasabi juga mampu menetralisir racun berbahaya yang mampu menyerang tubuh.

  • Mengobati Rasa Sakit dan Peradangan

Kandungan antioksidan dari senyawa isothiocynates yang terkandung dalam wasabi diketahui berhubungan langsung dengan transient receptor potencial (TRP) yang mana hal ini diketahui dapat membantu memulihkan rasa nyeri akibat peradangan atau pembengkakan sendi, hal ini dijelaskan oleh para ilmuan dari University of California di Amerika Serikat.

TRP sendiri merupakan bagian otak yang bertanggung jawab untuk megenali beragam sensasi sehingga bisa menghantarkan sinyal rasa sakit. Di sini, senyawa isothiocyanate bekerja dengan menghentikan aliran sinyal rasa sakit tersebut. Itu sebabnya, rasa sakit akan memudar secara berangsur-angsur.

  • Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat wasabi tehadap bakteri juga diketahui memiliki efek yang sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Pasalany efek antibakteri pada wasabi diketahui dapat menurunkan pertumbuhan bakteri di dalam usus. Sehingga ada yang beranggapan dan meyakini bahwa wasabi dapat mencegah risiko radang lambung dan kanker lambung.

Bahkan selain itu, efek baik dari wasabi juga dapat dimanfaatkan untuk mencegah keracunan makanan akibat makan ikan mentah yang biasanya hadir dalam bentuk sushi dan sashimi. Mengkonsumsi wasabi secara teratur diketahui menjadi pilihan yang baik untuk melancarkan kerja saluran pencernaan khususny usus.

Hal ini dikarenakan wasabi memiliki sifat antibakteri yang sangat baik dan efektif. Selain itu, wasabi juga mengandug serat yang cukup tinggi, dan baik untuk melancarkan pencernaan. Sehingga dengan mengkonsumsinya masalah sembelit atau konstipasi dapat dihindari.

  • Menjaga Kulit Tetap Awet Muda

Antioksidan pada wasabi yang didapat dari senyawa bernama sulfinyl diketahui dapat membantu mengurangi dan mencegah penuaan dini. Kandungan antioksidan ini juga diketahui dapat membantu melindungi dan menjaga kesehatan kulit dengan sangat baik. Tidak hanya itu, bahkan kandungan tersebut juga dapat membantu mencegah proses penuaan sel-sel kulit dan membuat kulit menjadi lebih kecang dan bebas dari keriput, sehingga dengan begitu kulit akan terlihat tampak awet muda.

Bahkan kandungan pada wasabi juga diketahui dapat membnatu melancarkan aliran darah. Yang mana hal ini akan berdampak baik pula pada kulit. Dengan kemampuannya tersebut wasabi juga dapat membuat kulit tampak lebih bercahaya. Nah, pasalnya sel kulit akan menerima asupan oksigen yang lebih banyak dari biasanya. Bahan tidak hanya membuat kulit tampak bercahaya, peredaran darah yang lancar juga dapat menjadikan kulit terasa lebih lembap.

Nah siapa sangka ya guys, dibalik sensasi pedas menyengat yang ditimbulkannya, ternyata wasabi memiliki manfaat yang begitu baik untuk tubuh. So, bagi kamu yang ingin mendapatkan manfaat wasabi tersebut, kamu bisa mengkonsumsinya secara teratur. Namun, di samping itu, kamu juga disarankan untuk tidak mengkonsumsi wasabi dalam jumlah yang banyak ya. Hal ini dikarenakan mengkonsumsi wasabi dalam jumlah banyak dapat berisiko menyebabkan kerusakan hati.

Jadi, untuk mencegah risiko tersebut, sebaiknya konsumsilah wasabi sewajarnya dengan bijak dan tidak berlebihan. Hal ini guna untuk menbantu kamu agar bisa mendapatkan manfaat baik dari wasabi dengan tepat.

Ok guys, sekian yang dapat di sampaikan, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih banyak atas kunjungan sobat sekalian. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar