Sabtu, 30 Maret 2019

Kebaikan Biji Rami Bagi Kesehatan

Kebaikan Biji Rami Bagi Kesehatan - Biji rami telah dikenal sejak zaman dulu sebagai jenis biji-bijian yang kaya akan manfaat baik untuk tubuh. Ada banyak kandungan bermanfaat yang membuat biji rami ini dikenal memiliki sejumlah manfaat besar bagi kebaikan tubuh. Mengenai apa saja manfaat dari biji rami, berikut kami rangkumkan sejumlah ulasannya.
Kebaikan Biji Rami Bagi Kesehatan

Biji rami atau dikenal juga dengan nama flaxseed merupakan salah satu jenis biji-bijian utuh yang sering digunakanan dan dijadikan untuk mengolah sejumlah makanan atau minuman. Namun selain itu, biji rami juga diketahui bisa menjadi penawar untuk mengatasi sejumlah kondisi kesehatan tertentu.

Nah, selama berabad-abad lalu konon biji rami juga telah banyak dimanfaatkan dalam dunia kesehatan. Bahkan sampai saat ini pun, biji ramu juga sudah dimasukkan ke dalam daftar "super food", yaitu istilah untuk makanan yang mengandung sumer nutrisi tinggi dan sangat lengkap.

Kandungan Bermanfaat Dari Biji Rami

Adapun sejumlah nutrisi yang terkandung dalam biji rami ini di antaranya yaitu :
  • Omega 3
  • Selenium
  • Lignin
  • Megnesium
  • Mangan
  • Tembaga
  • Asam lemak
  • Serat larut
  • Protein
  • Vitamin B1
  • Seng
  • Fosfor
  • Dan sejumlah kandungan nutrisi lainnya.
Khasiat Kebaikan Biji Rami Untuk Kesehatan Tubuh

Dengan kandungan nutrisi yang baik dan cukup lengkap, biji rami pun sering dikatakan sebagai makanan yang menyehatkan. Adapun sejumlah manfaat baik dari biji rami ini di antaranya yaitu :

  • Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan fosfor pada biji rami dikenal memiliki fungsi untuk menjaga kepadatan tulang. Sehingga dengan mengkonsumsi biji rami, maka kesehatan tulang dapat tejaga dan tulang dapat terhindar dari osteoporosis.

  • Menstabilkan Tekananan Darah

Omega 3 pada biji rami memiliki banyak perananan penting untuk kesehatan tubuh. Nah, salah satu nya yaitu membantu menstabilkan tekanan darah agar tetap dalam batasan normal tubuh. Dengan mengkonsumsi biji rami secara teratur, maka kandungan omega 3 nya bisa membantu kamu terhindar dari tekanan darah rendah atau pun tinggi dan tetap menstabilkannya.

  • Menurunkan Kadar Kolesterol

Tidak hanya membantu menstabilkan tekanan darah. Omega 3 pada biji rami juga diketahui memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam  tubuh. Dari hasil penelitian yang pernah dilakukan menyebutkan bahwa kandungan omega 3 dalam biji rami tidak hanya berfungsi untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Namun juga bermanfaat untuk menurunkan kaar kolesterol berlebih dalam darah, yang mana hal ini bisa membantu kamu yang memiliki riwayat kolesterol tinggi.

  • Melancarkan Pencernaan

Bukan hanya kandungan omega 3 nya saja yang bermanfaat. Biji rami juga mengandung serat larut yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Di mana dengan serat larutnya tersebut biji rami juga diketahui memiliki manfaat yang baik dalam membantu melancarkan sistem pencernaan seperti melancarkan buang air besar sehingga dengan begitu dapat mencegah terjadinya konstipasi atau sembelit, dan menjaga kesehatan sistem pencernaan kamu.

  • Menghilangkan Plak Pada Arteri

Serat pada biji rami ini tidak hanya dapat membantu melancarkan sistem pencernaan, melainkan juga bermanfaat untuk membantu melancarkan sistem peredaran darah. Dengan kandungan serat yang ada pada biji rami ini, sejumlah masalah yang menyebabkan terjadinya penyumbatan aliran darah seperti plak yang sering terbentuk di arteri dapat di atasi.

  • Mencegah Pertumbuhan Kanker Prostat

Biji rami juga dikenal dengan kandungan lainnya yang bernama lignan. Nah, kandungan antara omega 3 dan lignan yang ada pada biji rami diketahui memiliki kemampuan yang sangat baik dalam membantu mencegah pertumbuhan kanker prostat.

  • Melindungi Wanita Dari Kanker Payudara

Tidak hanya baik untuk mengatasi kanker prostat, kandungan lignan pada biji rami juga diketahui dapat dikonversi menjadi enterolcatone dan juga enterodiol di dalam usus. Fungsi kedua konversi dari lignan ini diketahui mampu mencegah terjadinya pertumbuhan kanker payudara, sehingga dengan begitu wanita yang mengkonsumsi biji rami ini secara teratur dapat lebih terlindungi dari kanker payudara.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat lainnya dari biji rami adalah membantu menjaga kesehatan mata. Nah, kemampuannya yang satu ini juga didapat dari kandungan omega 3 nya. Yup, omega 3 pada biji rami juga diketahui dapat membantu mengatasi sejumlah masalah kesehatan mata seperti mata yang terasa perih dan mata lelah.

  • Mengurangi Risiko Terkena Serangan Jantung

Serangan jantung sendiri merupakan masalah kesehatan yang dapat terjadi akibat berbagai hal, beberapa di antaranya yaitu tekanan darah tinggi, timbunan kolesterol di pembuluh darah atau kelainan jantung. Nah, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kandungan pada biji rami ini memiliki kemampuan yang dapat membantu mengatasi masalah tekanan darah dan juga kolesterol dalam tubuh. Nah, dengan kemampuannya tersebut maka secara tidak langsung juga dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung seperti serangan jantung atau pun jantung koroner bahkan stroke.

  • Mengatasi Masalah Penderita Penyakit Celiac

Penyakit celiac sendiri merupakan jenis penyakit alergi yang disebabkan karena kandungan gluten yang terdapat dalam gandum. Berbeda dengan gandum, biji rami tidak memiliki kandungan gluten, sehingga akan aman untuk penderita penyakit celiac dan dapat dijadikan sebagai penggantu gandum.

  • Mempebaiki Mood

Tidak hanya bekerja untuk mencegah pertumbuhan kanker, lignan pada biji rami juga berkhasiat untuk mengatasi masalah gangguan suasana hati. Menurut penelitian yang telah dilakukan pada 2013 menyebutkan bahwa kandungan lignan pada biji rami mampu mengatasi gangguan suasana hati dan mengembalikan mood agar menjadi baik kembali.

  • Melancarkan Siklus Menstruasi

Dari yang diketahui dengan mengkonsumsi satu sendik biji rami dalam 2-3 kali sehari diketahui bisa membantu mengatasi masalah haid yang tidak teratur. Yup, hal ini dikarenakan kandungan pada biji rami diketahui memiliki manfaat yang bisa membantu melancarkan siklus menstruasi. Dengan mengkonsumsinya secara teratur maka jadwal menstruasi bisa lancar.

  • Menurunkan Berat Badan

Kandungan asam lemak, omega 3 dan lignan dalam biji rami diketahui dapat membantu menekan nafsu makan, yang mana hal ini akan sangat baik untuk kamu yang lagi diet. Bahkan serat yang terkandung dalam biji rami juga diketahui dapat membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh dan sistem pencernaan. Nah, dengan kemampuan tersebut bisa membantu menurunkan berat badan secara alami dengan cara yang sehat.

  • Menjaga Sistem Imun Tubuh

Sejumlah kandungan pada biji rami juga diketahui dapat berfungsi untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan omega 3 pada biji rami juga berperan baik untuk mencegah bakteri dan virus masuk ke dalam tubuh.

  • Menghilangkan Racun Dalam Tubuh

Tidak hanya dapat meningkatkan sistem imun tubuh, kandungan pada biji rami juga dikenal memiliki kemampuan untuk mendetoksifikasi atau mengeluarkan racun di dalam tubuh. Dengan kemampuannya tersebut pun maka kinerja sistem organ tubuh seperti hati, ginjal dan usus dapat lebih mudah dan terbantu. Sehingga dengan begitu juga bisa membantu menjaga kesehatannya.

  • Membantu Kerja Hati

Omega 3 pada biji rami juga dapat berfungsi untuk membantu kinerja hati dalam mengolah limbah dan racun yang masuk ke dalam tubuh. Dengan kemampuan omega 3 tersebut, kinerja hati akan menjadi lebih ringan. Dengan begitu pula, maka kesehatan hati juga bisa terjaga.

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Biji rami juga memiliki kandungan vitamin B dan asam lemak yang dikenal baik untuk kesehatan kulit. Dengan kandungan tersebut diketahui dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah kekeringan pada kulit. Sehigga dengan begitu, kulit akan tampal selalu sehat.

  • Meningkatkan Fungsi Otak

Kemampuan biji rami ini dihasilkan karena kandungan omega 3 nya yang sangat melimpah. Yup, seperti yang kalian ketahui sendiri bahwa omega 3 sendiri merupakan nutrisi penting yang sangat baik untuk menstimulus otak dan melindungi berbagai sel dan jaringannya dari kerusakan baik yang disebabkan oleh radikal bebas atau kondisi tertentu lainnya. Dengan kemampuannya tersebut maka fungsi otak dapat lebih terjaga dan meningkat.

Ok guys, itulah dia sejumlah manfaat dan kebaikan biji rami bagi kesehatan tubuh. Sekian yang dapat disampaikan, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih banyak telah meluangkan waktu untuk berkunjung dan menyimak ulasannya sampai akhir. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar