Sabtu, 30 Maret 2019

Khasiat Daun Cincau Bagi Kesehatan

Khasiat Daun Cincau Bagi Kesehatan - Sejak zaman dulu daun cincau dikenal sebagai jenis tanaman yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Sejarahnya berasal dari negara Cina, di mana di negera tersebut daun cincau seringkali dijadikan sebagai tanaman herbal yang dapat mengobati diare. Namun selain itu, masih ada banyak manfaat lain daun cincau yang sangat baik untuk tubuh. Apa sajakah itu??? Berikut penjelasan lengkapnya.
Khasiat Daun Cincau Bagi Kesehatan

Daun cincau dengan nama latinnya adalah Cyclea barbata merupakan salah satu bahan utama yang telah terkenal di pelosok negeri bahkan di negeri tirai bambu China. Nah, pada zaman dulu, daun cincau diketahui lebih banyak digunakan sebagai obat dari penyakit diare, namun seiringnya waktu berjalan daun cincau dapat dioah menjadi salah satu sajian yang nikmat untuk dikonsumsi.

Dari sejumlah penelitian yang telah dilakukan ditemukan bahwa daun cincau memiliki kandungan senyawa dimetil kurin-1 dimetoidida. Senyawa ini memiliki manfaat untuk mengendurkan otot. Selain itu, daun cincau juga memiliki kandungan lain seprti isokandrodendrin yang dipercaya mampu mencegah sel tumor ganas. Daun cincau juga diketahui mengandung alkaloid bisbenzilsokuinolin dan S.S-tetandrin yang berkhasiat mencegah kanker pada ginjal, antiradang, dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Serta dari hasil uji coba penelitian lainnya pun menemukan bahwa daun cincau memiliki banyak kandungan yang di antaranya yaitu energi, protein, rendah lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B, dan C serta serat dan sejumlah kandungan nutrisi lainnya.

Kegunaan Daun Cincau Yang Berkhasiat Untuk Kesehatan

Nah, banyaknya kandungan yang dimiliki daun cincau ini, membuat tanaman herbal yang satu ini memiliki banyak manfaat baik pula bagi kesehatan tubuh. Adapun beberapa manfaatnya tersebut di antaranya yaitu :

  • Menstabilkan Tekanan Darah

Senyawa S-S tetandrin yang ada pada daun cincau dikenal memiliki kemampuan untuk mengobati penyakit hipertensi. Yup, senyawa ini diketahui dapat membantu melebarkan pembuluh darah sehingga darah akan mengalir lebih lancar. Sistem peredaran yang lancar akan mengatasi tekanan darah yang semula tinggi dan kembali menjadi normal. Untuk memanfaatkan daun cincau sebagai obat hipertensi, kamu bisa mengkonsumsi daun cincau sebanyak 3 kali seminggu.

  • Membentuk Sel Darah Merah

Seperti yang telah disebutkan bahwa dari hasil penelitian yang telah dilakukan, daun cincau juga mengandung zat beis yang dapat berperan sebagai komponen utama bagi sel darah merah untuk mengikat oksigen dalam tubuh. Dengan lancarnya regenarasi sel darah merah di dalam tubuh kita, maka fungsi organ dalam tubuh pun akan berjalan dengan optimal.

  • Membantu Mengatasi Diabetes

Senyawa bernama alkaloid bisbenzilsokuinolin yang terkandung dalam daun cincau dikenal akan manfaatnya yang dapat menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh. Dengan demikian kinerja hormon insulin pankreas akan semakin aktif dan stabil dalam pengaturan kadar gula darah. Saat tubuh kita mengkonsumsi rebusan daun cincau segar sebanyak 2 kali sehari secara teratur dengan takaran 200 ml setiap minum, maka kita dapat terhindar dari resiko diabetes, bahkan mampu menyembuhkan penyakit tersebut.

  • Menyembuhkan Vertigo

Vertigo sendiri dikenal sebagai kondisi sakit kepala yang amat mengganggu. Nah, untuk mengatasi masalah vertigo tersebut, daun cincau bisa menjadi alternatif yang tepat sebagai obat vertigo herbalnya. Kandungan pada daun cincau diketahui mampu membantu meredaka rasa sakit secara alami yang dapat membantu mengobati sakit kepala akibat vertigo.

  • Membantu Menurunkan Demam

Manfaat lainnya dari daun cincau adalah membantu menurunkan demam. Nah, manfaatnya tersebut didapat karena daun cincau memiliki sifat dingin yang dapat menyerap suhu panas pada tubuh sehingga demam dapat teratasi dengan baik. Di samping itu, kandungan pada daun cincau juga diketahui memiliki kemampuan untuk membantu meningkatkan sistem imun tubuh, yang mana hal ini akan membantu proses pemulihan menjadi lebih cepat.

  • Mencegah Terjadinya Osteoporosis

kandungan kalsium, mineral dan fosfor yang tinggi dalam daun cincau memiliki peranan penting dalam proses regenarasi sel tulang yang mengalami pengeroposan. Di mana sejumlah kandungan tersebut akan dapat membantu menutrisi tulang dan membentuk sel-sel darah yang sudah rusak. Oleh sebab itu, kesehatan tulang akan elalu terjaga walau dalam usia yang sudah mulai menua.

  • Obat Anti-inflamasi

Daun cincau juga dikenal akan zat klorofilnya yang cukup besar. Di mana zat tersebut memiliki fungsi sebagai anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan yang terjadi akibat bakteri atau kuman pada bagian tertentu. Untuk memanfaatkannya, daun cincau dapat ditumbuk dan diberi sedikit garam kemudian dioleskan pada bagian yang sakit 3 kali sehari.

  • Mengatasi Radang Lambung

Kandungan vitamin C dan antioksidan yang ada dalam daun cincau juga memiliki peranan yang sangat baik untuk membantu klorofil dalam mengatasi radang lambung yang dialami oleh seseorang yang memiliki kelainan pada asam lambung. Senyawa tersebut akan menguatkan otot dinding lambung untuk membunuh bakteri yang menjadi penyebab penyakit pada lambung. Untuk mengobati radang lambung, dapat mengkonsumsi rebusan daun cincau sebanyak 2 kali sehari.

  • Efektif Untuk Kanker

Senyawa isokandrodendrin dan S-tetandrin pada daun cincau juga diketahui memiliki fungsi yang dapat membantu mematuikan sel tumor yang akan menjadi kanker. Selain itu, kedua senyawa tersbeut juga diketahui dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh dalam tubuh kita ketika kita mengkonsumsinya setelah mengolahnya terlebih dahulu menjadi rebusan atau agar-agar.

  • Mengatasi Diare

Alkaloid yang terkandung dalam daun cincau juga memuiliki kemampuan untuk mengatasi diare setelah dikonsumsi secara teratur sebanyak 3 kali sehari. Senyawa alkoloid sendiri dapat membantu membunuh kuman penyakit yang terdapat dalam makanan dan meningkatkan penyerapan sari makanan di dalam tubuh.

Ok guys, itulah dia sejumlah manfaat dari daun cincau yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Sekian yang dapat disampaikan, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih banyak atas kunjungannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar