Selasa, 02 April 2019

Hati-hati Guys!!! 7 Gejala Yang Sering Diabaikan Ini Ternyata Pertanda Diabetes

Hati-hati Guys!!! 7 Gejala Yang Sering Diabaikan Ini Ternyata Pertanda Diabetes - Kalian mungkin sudah tahu bahwa diabetes sendiri merupakan kondisi penyakit yang sangat umum terjadi dan bahkan dapat menyerang siapa saja. Yuk, kenali 5 gejala dari diabetes yang sering diabaikan ini yang patut kamu waspadai juga!!!
Hati-hati Guys!!! 7 Gejala Yang Sering Diabaikan Ini Ternyata Pertanda Diabetes

Yup, diabetes sendiri dikenal sebagai salah satu jenis penyakit yang umum terjadi dan bisa menyerang siapa saja, baik tua maupun muda bisa saja mengalaminya. Nah, diabetes sendiri merupakan suatu kondisi yang menyebabkan tubuh memiliki kadar gula darah yang sangat tinggi. Kondisi ini bisa terjadi karena dipengaruhi adanya resistensi insulin, yaitu kondisi dimana hormon insulin yang dihasilkan oleh pankreas tidak berfungsi dengan baik. Tentunya kondisi ini dapat menyebabkan sel-sel dalam tubuh tidak dapat menyerap gula dengan benar, dan bisa berdampak pada penumpukan gula dalam darah. Nah, tingginya kadar gula dalam darah yang tidak terkontrol dapat berujung dengan komplikasi diabetes. Jika, tidak segera ditangani dengan baik, maka kondisi tersebut bisa menyebabkan komplikasi serius bahkan berakibat fatal. Untuk itu, sangat penting bagi kamu mengetahui sejumlah gejala yang bisa menandakan terjadinya diabetes sejak dini.

Nah, dari yang diketahui dua dari tiga penyandang diabetes tidak menyadari bahwa ia sedang menderita penyakit ini. Padahal diabetes bukanlah penyakit sepele dan sering disebut silent killer. Hal ini dikarenakan penyakit ini bisa menyebabkan komplikasi penyakit yang lebih serius lagi bahkan bisa mengancam nyawa.

Yup, diabetes sendiri diketahui sebagai salah satu jenis penyakit yang menyebabkan kematian terbesar ketiga dengan persentase 6,7% setelah penyakit jantung dan stroke.

7 Gejala Diabetes Yang Sering Diabaikan dan Patut Diwaspadai

Semakin cepat kamu mengetahuinya maka semakin besar peluang kamu untuk mencegah diabetes. Nah, dilansir dari WebMD, berikut ini adalah sejumlah gejala yang sering diabaikan pertanda diabetes. Di antaranya :
1. Sering Buang Air Kecil
Gejala yang sering diabaikan dan merupakan pertanda dari diabetes adalah sering buang air kecil. Sering bangun tengah malam karena tidak tahan menahan buang air kecil merupakan salah satu gejala dari diabetes yang patut kamu waspadai. Keseringan buang air kecil ini bisa terjadi karena kadar gula dalam darah terlalu tinggi sehingga tubuh mengeluarkannya melalui urine.
2. Mudah Mengantuk
Hal sepele ini juga ternyata merupakan gejala dari diabetes loh. Yup, terkadang gejala yang satu ini juga seringkali diabaikan oleh sebagian orang. Nah, pasalnya sering mengantuk karena diabetes ini berbeda dengan mengantuk pada umumnya. Menurut dr. Wismandari Wisnu SpPD KEMD dari RS Pondik Indah, orang normal akan merasa kantuk ketika berada di dekat bantal dan gulung. Sebaliknya, penderita diabetes akan erasa ingin tidur saat sedang beraktivitas.
3. Mudah Lapar
Gejala lainnya yang menjadi pertanda diabete adalah mudah merasa lapar. Menurut  Klik Dojter, hal ini bisa terjadi karena disebabkan oleh makanan yang sulit diubah menjadi energi akibat kekurangan hormon insulin. Dalam mengatasi kondisi ini, biasanya penderita diabetes akan disarankan untuk mengontrol pola makan sehingga dapat membantu menjaga kadar gula darah dalam tubuh.

Untuk kamu penderita diabetes, kamu masih bisa tetap menikmati hidup selama mengikuti batasan tertentu. Untuk makan siang kamu bisa makan normal selama porsi dikontrol. Sedabngkan pada waktu sarapan dan sebelum tidur, tubuh membutuhkan nutrisi yang tepat. Sehingga konsumsilah asuan nutrisi yang lengkap dan seimbang untuk membnatu menjaga kadar gula darah tetap terkontrol.
4. Sering Kelelahan
Tidak hanya menyebabkan penderitanya merasa mudah lapar, namun ternyata diabetes juga bisa menyebabkan penderitanya sering mengalami kelelahan. Seseorang yang menderita diabetes diketahui tidak dapat mengubah karbohidrat menjadi energi sehingga secara langsung dapat menyebabkan kelelahan.
5. Berat Badan Turun
Gejala diabetes lainnya yang sering diabaikan adalah berat badan yang turun secara drastis. Nah, kondisi ini bisa menjadi pertanda diabetes karena dikaitkan dengan kekurangan energi yang dirasakan tubuh. Sehingga kondisi tersebut menyebabkan tubuh mengalami penurunan berat badan secara drastis.
6. Sering Merasa Haus
Nah, selain mudah merasa lapar, jika kamu juga sering merasa haus tanpa sebab yang jelas sepanjang hari, kamu harus mewaspadainya guys. Pasalanya rasa haus yang muncul secara terus menerus merupakan akibat dari tubuh yang kehilangan air. Kasus ini bisa disebabkan oleh poliuria (terlalu sering buang air kecil), sehingga seseorang menjadi sangat membutuhkan pasokan cairan tubuh dan merasa haus.
7. Perubahan Keadaan Kulit
Kadar gula yang tinggi diketahui dapat mendorong pigmen yang menimbulkan bercak hitam pada kulit. Jika, ada perubahan yang terasa pada kulit, bisa saja menjadi tanda awal kamu memiiliki diabetes. Perubahan bisa saja terjadi dengan kulit dengan kulit yang menjadi gelap, bersisik, hingga muncul keriput dini.

Jika gejala seperti ini telah kamu ketahui sejak dini, maka peluang untuk mengatasi masalah diabetes akan lebih mudah untuk dilakukan dan bisa membuat peluang hidup lebih tinggi. Untuk mencegah agar kadar gula darah tetap pada keadaan normal, kamu bisa melakukannya dengan mengatur pola makan kamu dan rutin berolahraga agar metabolime tubuh kamu tetap lancar.

Ok guys, itulah dia 7 gejala yang sering diabaikan pertanda diabetes. Sekian yang dapat disampaikan, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih banyak atas kunjungannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar