Jumat, 05 April 2019

Inilah Yang Akan Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Vitamin C

Inilah Yang Akan Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Vitamin C - Seperti yang kalian ketahui sendiri bahwa tubuh sangat membutuhkan nutrisi seimbangan. Salah satu asupan nutrisi terpenting yang dibutuhkan oleh tubuh adalah vitamin C. Jika, tubuh mengalami defisiensi (kekurangan) vitamin C, sejumlah gangguan kesehatan bisa menyerang tubuh. Untuk lebih jelasnya berikut kami rangkumkan sejumlah hal yang dapat terjadi jika tubuh kekurangan vitamin C.

  Inilah Yang Akan Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Vitamin C

Vitamin C sendiri dikenal sebagai salah satu jenis vitamin yang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. Beberapa manfaat vitamin C bagi tubuh di antaranya yaitu membantu produksi kolagen yang berguna untuk kulit, pembuluh darah, tulang rawan, ligamen, dan jaringan ikat atau tendon. Selain itu, vitamin C juga diperlukan untuk membantu mempercepat proses pemulihan luka, penyerapan zat besi, dan menjaga kesehatan tulang.

Tidak hanya itu, vitamin C juga berpotensi sebagai antioksidan. Sehingga vitamin C dapat membantu mengurangi berbagai gangguan kesehatan yang disebabkan oleh radikal bebas serta mencegah penyakit jantung dan kanker. Mungkin dengan penjelasan mengenai manfaat vitamin C bagi tubuh ini, kalian sudah dapat membayangkan dampak di mana tubuh kekurangan vitamin C.

Yup, jika tubuh mengalami defisiensi vitamin C maka sejumlah gangguan kesehatan bisa menyerang. Adapun sejumlah gangguan yang bisa saja terjadi pada tubuh akibat kekurangan vitamin C di antaranya yaitu :

  • Kulit Mudah Mengalami Memar

Memar sendiri dapat terjadi karena hancurnya pembuluh darah merah yang sangat kecil (pembuluh darah kapiler) di pinggir kulit. Nah, kondisi di mana tubuh mengalami kekurangan vitamin C diketahui menjadi salah satu penyebab pembuluh kapiler lemah dan pecah. Pecahnya pembuluh darah kapiler inilah yang menyebabkan kulit menjadi memar.

  • Luka Menjadi Lama Sembuh

Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin C sangat penting untuk membentuk kolagen pada kulit. Kolagen sendiri berfungsi untuk menutup kulit yang terluka dalam proses penyembuhan luka. Kekurangan vitamin C bisa menyebabkan tubuh kekurangan kolagen untuk membuat luka menjadi cepat sembuh. Sehingga hal ini bisa menyebabkan luka yang dialami tidak kunjung sembuh berhari-hari, atau proses penyembuhannya menjadi lebih lama.

  • Gusi Berdarah atau Sariawan

Tidak hanya berfungsi untuk pembentukan sel kulit baru. Kolagen juga bermanfaat untuk mendukung gusi. Jika gusi mengalami kerusakan, maka hal ini menandakan bahwa kolagen dalam tubuh sedang dalam keadaan tidak baik. Kondisi ini juga bisa terjadi akibat kurangnya asupan vitamin C dalam tubuh.

  • Rambut Kering dan Rontok

Kekuatan rambut diketahui dipengaruhi oleh zat besi yang diserap oleh tubuh. Dalam proses penyerapan zat besi, tubuh membutuhkan dukungan dari vitamin C. Hal ini dikarenakan vitamin C sendiri merupakan vitamin yang berperan penting untuk membantu meningkatkan penyerapan zat besi. Nah, jadi kondisi kerontokan dan keringnya rambut  juga bisa terjadi akibat tubuh tidak mampu menyerap zat besi dengan optimal karena asupan vitamin C yang dibutuhkan tubuh dalam menyerap zat besi tidak memadai.

  • Kulit Kering dan Kasar Serta Kemerahan

Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin C memiliki banyak peranan penting bagi kesehatan tubuh. Nah, salah satunya dikenal sangat baik untuk kesehatan kulit. Vitamin C berperan penting dalam melindungi kulit dari sinar UV. Jadi, kondisi kulit yang kering dan kasar serta kemerahan juga bisa saja terjadi karena paparan sinar matahari, dan tubuh tak punya cukup vitamin C dalam tubuh untuk melindunginya.

  • Mimisan

Dari yang diketahui sekitar 90% darah yang keluar karena mimisan berasal dari pembuluh darah kapiler yang ada pada hidung. Nah, kondisi mimisan ini juga terjadi akibat pembuluh darah kapiler di hidung menjadi lemah dan pecah. Melemahnya pembuluh darah ini sering dikaitkan karena kurangnya asupan vitamin C dalam tubuh. Sehingga dengan kata lain kekurangan vitamin C dalam tubuh juga bisa menyebabkan seseorang yang mengalaminya mudah mimisan.

  • Mudah Sakit

Vitamin C sendiri dibutuhkan tubuh untuk membantu membentuk dan meningkatkan sistem imun tubuh yang kuat. Nah, jika sistem imun tubuh kuat maka berbagai jenis penyakit pun dapat dengan mudah untuk dicegah. Namun, jika vitamin C pada tubuh kurang, maka kondisi ini bisa menyebabkan sistem imun tubuh menjadi lemah, sehingga tubuh pun dapat dengan mudah untuk terserang penyakit. Nah, jadi jika kami sering mengalami sakit, mungkin saja kamu mengalami yang namanya defisiensi vitamin C atau kekurangan asupan vitamin C pada tubuh kamu.

Jadi, agar kamu terhindar dari sejumlah kondisi di atas atau ingin mengatasinya, cara yang harus kamu lakukan adalah hanya dengan memenuhi asupan harian vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh kamu. Selain itu, penuhi juga asupan nutrisi penting lainnya agar tubuh kamu tetap sehat dan terhindar dari sejumlah penyakit. Karena jika asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh terpenuhi dan seimbang, maka kesehatan tubuh pun dapat terjaga. Untuk mendapatkan asupan vitamin C yang baik dan bermanfaat, kamu bisa mengkonsumsi sejumlah makanan seperti buah dan sayuran yang tinggi vitamin C, atau kamu juga bisa mencoba untuk mengkonsumsi vitamin C sesuai kebutuhan tubuh kamu.

Untuk mengetahui berapa jumlah vitamin C yang kamu butuhkan perharinya, kamu bisa langsung mengkonsultasikannya terlebih dahulu pada dokter. Agar takaran vitamin C harian yang dibutuhkan oleh tubuh kamu bisa sesuai.

Ok guys, itulah dia sekilas ulasan mengenai kondisi tubuh jika kekurangan vitamin C. Sekian yang dapat disampaikan, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih banyak atas kunjungannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar