Jumat, 05 April 2019

Biji Selasih, Biji Mungil Kaya Manfaat

Biji Selasih, Biji Mungil Kaya Manfaat - Siapa mengenal biji selasih??? Yup, mungkin sebagian di antara kita sudah tidak asing lagi dengan biji yang satu ini. Nah, pasalnya biji selasih ini sering kita temukan di dalam campuran minuman seperti es buah, es campur atau sirup dan juga jelly. Kebanyakan orang memanfaatkan biji selasih sebagai bahan campuran minuman segar penghilang dahaga. Namun selain sebagai campuran minuman segar, ternyata biji yang berukuran kecil ini memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan loh. Apa saja manfaatnya??? Yuk, langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini!!!
Biji Selasih, Biji Mungil Kaya Manfaat

Yup, selama ini biji selasih dikenal sebagai slah satu bahan pelengkap yang sering digunakan dalam sajian sejumlah minuman segar. Biji selasih sendiri merupakan biji yang berasal dari tanaman kemangi atau basil. Nama latin dari selasih adalah ocium, dan dikenal juga sebagai tanaman basil, jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan bunga, daun dan juga bijinya.

Biasanya biji selasih ini, didapat setelah tanaman kemangi atau basilnya dijemur hingga benar-benar kering. Nah, biji selasih diketahui memiliki tekstur yang unik yang membuat minuman bertambah lezat. Biji dari kemangi ini memiliki bentuk dan ukuran menyerupai biji wijen namun berwarna hitam.

Nah, dibalik kegunaannya yang dapat dijadikan sebagai pelengkap minuman segar, biji selasih juga diketahui memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan di dalam biji selasih terkandung sejumlah kandungan penting dan baik untuk tubuh. Beberapa di antaranya yaitu tymol, metal eugenol, lemak, vitamin, serat, citral, furfural, fasenol, ocimenen, dan lain sebagainya.

Nah, dengan sejumlah kandungan penting tersebut, biji selasih juga dikenal memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Adapaun beberapa manfaatnya tersebut di antaranya yaitu :

  • Menguatkan Sistem Imun Tubuh

Dalam biji selasih sendiri terkandung vitamin C dan antioksidan yang dapat berperan sebagai zat yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan dan menguatkan sistem imun tubuh. Nah, jadi dengan mengkonsumsi biji selasih secara rutin, bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuh kamu, sehingga dengan begitu kamu juga dapat terhindar dari sejumlah penyakit terutama infeksi menular.

  • Mengobati Batuk

Biji selasih juga diketahui memiliki kandungan yang berperan sebagai antipasmodic yang dapat membantu menyembuhkan batuk rejan. Bahkan kemampuan biji selasih yang satu ini pun telah banyak dibuktikan oleh sejumlah masyarakan sebagai ekspektoran dan obat batuk dengan mencampurkan biji selasih ke dalam secangkir teh. Nah, secangkir teh yang ditambah biji selasih diketahui mampu membantu mengencerkan dahak dan sangat efektif untuk mengobati batuk dengan cepat.

  • Meredakan Stres

Selain dapat menjadi pelengkap minuman segar nan bermanfaat, biji selasih juga bisa kamu gunakan sebagai aromaterapi lho. Yup, pasalnya aroma yang dikeluarkan oleh biji selasih ini dapat memberikan efek menenangkan serta bisa membantu memperbaiki mood atau suasana hati. Bahkan, biji selasih juga diketahui bisa menyembuhkan kelelahan, syaraf tegang, migrain dan mengurangi depresi. Yang mana kemampuannya tersebut diketahui akan sangat cocok bagi kamu yang memiliki masalah dengan pikiran yang cemas, bingung, atau sebagainya. Untuk mendapatkan manfaat biji selasih yang satu ini, kamu bisa menyeduh 6 gram biji selasih dalam air hangat sebanyak 200 cc, aduk rata kemudian minumlah ketika masih hagat serta campurkan jeruk nipis serta madu secukupnya.

  • Mendinginkan Tubuh

Yup, seperti yang telah kita bahas sebelumnya bahwa biji selasih ini sering digunakan sebagai pelengkap minuman dingin pelepas dahaga. Namun, tak hanya sebagai pelengkap saja nih guys, ternyata biji selasi juga memiliki kemampuan untuk menurunkan suhu tubuh lho. Dalam biji selasih sendiri terkandung coolant yang berfungsi untuk mendinginkan suhu tubuh. Selain menghalau rasa gerah akibat terik matahari, coolant di dalam biji selasi juga dapat dimanfaatkan sebagai ramuan pereda panas tenggorokan bahkan meredakan demam.

  • Mengontrol Gula Darah

Manfaat lain dari biji selasih juga diketahui dapat membantu mengontrol gula darah agar tetap stabil, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2. Kandungan pada biji selasih diketahui bisa memperlambat proses metabolisme berupa perubahan karbohidrat menjadi glukosa di dalam tubuh. Untuk mendapatan manfaat biji selasih secar maksimal, kamu dapat mengkombinasikan selasih dengan segelas susu sapi atau susu almond yang lebih rendah lemak.

  • Mengontrol Asam Lambung

Naiknya asam lambung memang dikenal sebagai gangguan kesehatan yang cukup mengganggu. Namun, untuk kamu yang mengalami kondisi serupa tidak perlu khawatir, karena biji selasih ini bisa menjadi penawar terbaiknya untuk membantu mengatasi rasa nyeri pada ulu hati dan kesulitan menelan yang terjadi akibat naiknya asam lambung. Hal ini dikarenakan kandungan pada biji selasih dapat membantu menenangkan kerja lambung serta membuang racun yang menyebabkan kembung. Tak hanya itu, biji selasih juga akan membantu menetralkan efek asam HCL di dalam lambung sehingga rasa tak nyaman di perut akibat asam lambung dapat dihindari.

  • Meredakan Mual dan Kembung

Kamu sering merasa panas dan begah di dalam perut seusai mengkonsumsi makanan pedas atau berlemak??? Nah, untuk membantu mengatasi masalah tersebu juga, biji selasih dapat menjadi solusinya. Kamu bisa mengkonsumsi larutan biji selasih sebagai obatnya. Selain dapat mendinginkan perut, antioksidan pada biji selasih juga bisa membantu mempercepat proses detoks serta membersihkan perut. Kandungan minyak volatule di dalam selasih juga dapat berfungsi untuk melepas gas penyebab perut kembung dan begah.

  • Mengontrol Berat Badan

Tidak hanya mengandung antioksidan yang sangat baik, biji selasih juga dikenal kaya akan serat pangan yang dapat membantu melancarkan saluran pencernaan. Dengan mengkonsumsi biji selasih bisa membuat perut merasa kenyang lebih lama sehingga berat badan akan lebih mudah dikontrol. Tak hanya itu, biji selasih juga mengandung asam lemak omega 3 bernama alpha-linolenic acid (ALA) yang termasuk ke dalam lemak tak jenuh. Kandungan lemak tak jenuh ini akan mempercepat pembakaran lemak serta melancarkan metabolisme di dalam tubuh. Sehingga dengan begitu kemampuan dari biji selasih ini bisa bantu mengontrol berat badan kamu dengan baik.

  • Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Selain dapat membantu mengatasi sejumlah kondisi di atas, biji selasih juga diketahui memiliki manfaat baik untuk kesehatan kulit dan juga rambut. Dengan mengkonsumsi biji selasih secara teratur akan membantu meningkatkan pembentukan kolagen di dalam tubuh yang akan melembabkan kulit. Tak hanya di situ, mencampurkan biji selasih dengan minyak kelapa yang kemudian ditumbuk diketahui kaya akan protein, zat besi, dan vitamin K yang bisa kamu gunakan sebagai masker rambut untuk memperkuat serta mempercepat pertumbuhan rambut.

Nah guys, jadi selain bisa merasakan kesegaran dan rasa unik dari biji selasih, dengan mengkonsumsi biji selasih kamu juga bisa mendapatkan banyak manfaat baik untuk tubuh kamu.

OK guys, itulah dia beberapa manfaat dari biji selasih, biji mungil kaya manfaat yang dapat saya sampaikan. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih banyak atas kunjungan dan waktu luangnya untuk mampir dan menyimak ulasan yang telah saya buat kali ini. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar