Jumat, 05 April 2019

Buah Matoa, Si Unik Dari Papua Yang Kaya Manfaat

Buah Matoa, Si Unik Dari Papua Yang Kaya Manfaat - Pernah mendengar kata matoa??? Yup, mungkin kata ini memang sedikit asing di telinga sebagian orang. Namun, yang perlu kamu ketahui, ternyata matoa ini merupakan tanaman asli Indonesia yang banyak tumbuh di kawasan kepulauan Papua. Yup, matoa dikenal sebagai tanaman khas Papua yang termasuk ke dalam golongan pohon besar yang bisa tumbuh hingga ketinggian yang mencapai 18 meter dengan diameter 100 cm. Namun, selain dikenal sebagai jenis pohon besar, ternyata tanaman khas Papua ini jug memiliki buah yang diketahui banyak mengandung kandungan bermanfaat dan menyehatkan bagi tubuh. Untuk lebih jelasnya, yuk langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini!!!

Pohon matoa, jenis pohon pribumi asal Papua ini dikenal akan buahnya yang kaya akan manfaat baik untuk kesehatan. Dari yang diketahui pohon matoa ini menghasilkan buah berwarna merah yang dapat dikonsumsi secara langsung. Buah matoa memikiki kulit luar yang licin dan agak keras, namun mudah untuk dipecahkan menggunakan tangan kosong. Buah matoa juga diketahui memiliki keunikan, di mana rasa dari buah matoa ini memiliki cita rasa seperti perpaduan antara buah kelengkeng, rambutan dan durian.

Nah, dibalik keunikanannya tersebut, buah matoa juga diketahui memiliki banyak kandungan bermanfaat untuk tubuh. Beberapa di antaranya yaitu air, vitamin C dan E serta glukosa, kalsium, juga antioksidan dan sejumlah kandungan bermanfaat lainnya.
Buah Matoa, Si Unik Dari Papua Yang Kaya Manfaat

Manfaat Buah Matoa Yang Dikenal Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Karena memiliki sejumlah kandungan penting bagi tubuh, buah matoa juga diketahui memiliki sejumlah manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Adapun beberapa manfaatnya tersebut di antaranya yaitu :

  • Membantu Memenuhi Kebutuhan Vitamin dan Mineral

Yup, buah matoa diketahui dapat membantu memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin dan juga mineral. Hal ini dikarenakan buah matoa diketahui mengandung gizi yang cukup tinggi. Buah matoa diketahui kaya akan vitamin C dan E yang akan membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, vitamin C nya juga bisa berfungsi untuk mempertahankan sistem imun tubuh. Sedangkan vitamin E nya dapat membantu memelihara kesehatan kulit dan kesuburan pria. Tidak hanya itu, buah matoa juga dikenal akan kandungan mineralnya seperti kalsim dan kalium yang cukup tinggi yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi.

  • Mencegah Penyakit Kronis

Selain dapat memenuhi kebutuhan asupan gizi tubuh, buah matoa juga memiliki kemampuan yang dapat membantu menangkal sejumlah penyakit kronis seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Nah, kemampuannya tersebut didapat karena buah matoa ini diperkaya akan zat tanin yang merupakan antioksidan kuat.

Seperti yang mungkin kalian ketahui sendiri, bahwa antioksidan sendiri memiliki peranan yang penting untuk tubuh. Di mana antioksidan ini bekerja sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas sendiri merupakan penyebab rusakanya berbagai sel-sel di dalam tubuh bahkan hingga dapat menyebabkan penyakit kronis seperti kanker.

Walau begitu, manfaat matia yang satu ini diketahui masih diteliti lebih lanjut. Pasalnya,para ahli belum mengetahui seberapa banyak zat tanin yang harus dikonsumsi supaya radikal bebas tidak terjadi di dalam tubuh.

  • Efektif Dalam Melawan Kuman Penyakit

Nah, pasalnya kandungan pada buah matoa dikenal memiliki efek untuk mencegah kuman penyakit masuk dan tumbuh di dalam tubuh. Penelitian yang pernah dilakukan di Bogor, Jawa Barat, membuktikan bahwa buah matoa berhasil menghambat perkembangan bakteri penyebab infeksi saluran napas dan saluran kemih. Bahkan, para ahli juga mengungkapkan bahwa bukan tidak mungkin suatu saat nanti buah matoa menjadi sumber bahan alami untuk pembuatan antibiotik.

  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat lainnya dari buah matoa adalah kemampuannya yang dapat membantu mengendalikan tekanan darah tinggi. Bahkan tak hanya daging buahnya saja, ekstrak biji dan daunya juga diketahui terbukti bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi).

Ekstrak dari buah matoa diketahui mengandung zat yang bersifat diuretik, yang dapat membantu meningkatkan jumlah cairan yang dikeluarkan dari dalam tubuh. Ketika cairan di dalam tubuh terlalu banyak, tekanan darah akan otomatis meningkat. Nah jadi, jika kadar cairan dalam tubuh normal maka tekanan darah pun akan normal. Sehingga dengan kata lain buah matoa ini bisa menjadi alternatif yang tepat untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian dari Bandung mengungkapkan bahwa dosis 100 mg/kg berat badan ekstrak buah matoa dapat membantu membuang air dan garam melalui urine sehingga tekanan darah seseorang yang tinggi bisa turun.

  • Mencegah Penuaan Dini

Selain bermanfaat untuk kesehatan, buah matoa juga bermanfaat bagi kecantikan kulit lho. Dari yang diketahui buah matoa memiliki manfaat untuk membantu mencegah dan memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit seperti garis halus dan kerutan. Sehingga kulit menjadi senantiasa tampak kencang dan sehat.

  • Menghilangkan Stres

Dengan begitu banyaknya aktivitas sehari-hari, kemungkinan besar stres bisa dengan mudah untuk menghampiri. Nah, untuk mencegah dan mengatasi stres yang umum dialami, matoa memberikan manfaat yang sangat baik untuk meredakan stres. Dari yang diketahui kandunga pada buah matoa mampu membantu memberikan efek menenangkan dan merikskan tubuh dari segala kepenatan yang menghampiri. Kamu bisa mengkonsumsi buah matoa ini secara rutin setiap harinya untuk membantu menghilangkan stres yang sering melanda.

  • Melancarkan Pencernaan

Buah matoa juga diketahui mengandung banyak serat yang baik untuk pencernaan. Di mana serat pada buah matoa ini bisa membantu memproses makanan yang kamu konsumsi sehingga dapat dibuang keluar dari tubuh dengan lebih lancar. Dengan begitu sistem pencernaan kamu pun akan menjadi lebih sehat.

Meski begitu, semua manfaat buah matoa ini memang masih diteliti lebih lanjut. Namun, tidak ada salahnya untuk sekali-kali mencoba buah dengan rasa unik ini, karena punya serat dan kandungan nutrisi yang tak kalah dengan buah lainnya.

OK guys, itulah dia buah matoa, si unik dari Papua yang kaya akan manfaat. Sekian yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih banyak atas kunjungannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar