Sabtu, 06 April 2019

Begonia, Tanaman Cantik Kaya Manfaat

Begonia, Tanaman Cantik Kaya Manfaat - Ada yang mengenal tanaman dengan nama begonia??? Yup, begonia dikenal sebagai salah satu jenis tanaman hias yang cukup banyak digemari karena kecantikan bunganya. Biasanya tanaman hias ini sering ditanam di pekarangan rumah. Nah, namun dibalik rupanya yang cantik dan indah, begonia juga diketahui mengandung sejumlah kandungan bermanfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Ada begitu banyak manfaat yang bisa diberikan tanaman hias yang satu ini. Apa saja manfaatnya??? Ok, yuk langsung aja simak ulasan lengkapnya berikut ini!!!
Begonia, Tanaman Cantik Kaya Manfaat

Begonia (Begonia sp) dengan nama latinya Begonia popenoci standley merupakan tanaman hias yang berasal dari Amerika Selatan dan tergolong ke dalam famili Begoniaceae. Selain itu, tanaman begonia juga dikenal sebagai tumbuhan berbunga rumah satu yang masuk ke dalam 10 jenis angiospermae terbesar. Maksud dari tumbuhan rumah satu ini yaitu dalam satu tanaman ada bunga jantan dan bunga betina. Bunga jantanya sedniri diketahui memiliki banyak benang sari sedangkan bunga betinanya memiliki ovarium dan 2-4 stigma bercabang. Tanaman hias yang satu ini memiliki daun dengan bentuk beragam dan biasanya asimetris. Karena keindahanan dan kecantikan dari bunganya ini, tanaman begonia banyak ditanam sebagai tanaman hias pekarangan rumah.

Kandungan Dari Tanaman Begonia

Nah, disamping memiliki bunga yang indah nan cantik, ternyata tanaman hias yang satu ini juga mengandung sejumlah kandungan yang kaya akan manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Adapun sejumlah kandungan yang dimilikinya tersebut di antaranya yaitu :
  • Alkaloid, bunga begonia diketahui memiliki kandungan alkaloid berupa saponin yakni jenis zat yang berfungsi sebagai antibakterial.
  • Flavonoid, jenis senyawa yang kaya akan manfaat baik untuk tubuh, salah satunya adalah bermanfaat untuk melindungi sel dan bertindak sebagai antioksidan yang mengikat radikal bebas.
  • Vitamin C, atau dikenal juga dengan asam askorbat yang merupakan salah satu jenis antoksidan yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh serta mencerahkan kulit.
  • Asam karbolik atau fenol, yaitu jenis senyawa yang bertugas sebagai antiseptik dan antibakterial.
  • Magnesium, yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi serta proses-proses metabolisme tubuh.
  • Dan sejumlah kandungan lainnya.
Manfaat Tanaman Begonia, Si Cantik Nan Bermanfaat

Dengan sejumlah kandungan penting yang dimiliki begonia, tanaman hias yang satu ini juga dikenal memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Adapun beberapa manfaatnya tersebut di antaranya yaitu :

  • Mengobati Flu

Dari yang diketahui bunga pada tanaman hias begonia ini sering dijadikan sebagai obat flu. Nah, kemampuannya tersebut didapat karena kandungan pada bunga begonia dapat bekerja sebagai antivirus dan antiinflamasi yang dapat membantu meredakan gejala-gejala yang sering menyertai flu. Secara umum, kondisi flu kebanyakan disebabkan karena peradangan dan iritasi sistem pernafasan bagian atas yang disebabkan oleh virus jenis rhinovirus.

Nah, anti-virus dan anti-inflamasi yang dimiliki bunga begonia ini bisa membantu mengatasi dan melawan aktivitas virus penyebab flu ini secara menyeluruh hingga tuntas. Jadi, bagi kamu yang sedang flu tanaman hias begonia ini bisa menjadi alternatif obat herbalnya.

  • Mengobati Gangguan Pencernaan

Tidak hanya bermanfaat untuk gangguan pernapasan. Tanaman begonia juga dikenal memiliki kemampuan yang baik untuk mengatasi masalah pencernaan. Sejumlah kandungan pada tanaman begonia ini diketahui memiliki kemampuan yang efektif untuk membantu mengatasi sejumlah gangguan pencernaan seperti mual, muntah, kelebihan asam lambung, diare, dan nyeri perut. Dari kebanyakan kasus, sejumlah gangguan pencernaan tersebut diketahui terjadi karena sistem pencernaan di dalam tubuh tidak stabil.

Nah, untuk membantu menstabilkan sistem pencernaan tubuh kamu, bunga begonia bisa menjadi solusi terbaiknya. Pasalnya kandungan yang ada pada bunga begonia mampu berperan dalam membantu berbagai gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan tubuh secara efektif dan aman.

  • Mengobati Disentri

Manfaat lainnya dari bunga begonia adalah kemampuannya yang dapat mengobati disentri. Yup, masih dengan peranan antibakteri yang dimiliki bunga begonia. Pasalanya disentri sendiri terjadi karena adanya infeksi yang terjadi di usus yang menyebabkan diare yang disertai dengan darah atau lendir. Nah, peranan antibakteri yang dimiliki bunga begonia juga memiliki kemampuan untuk membantu melawan bakteri penyebab disentri dan mengobatinya secara efektif dengan aman.

  • Mengobati Bronkitis

Bronkitis juga dikenal sebagai salah satu jenis penyakit infeksi. Jenis infeksi ini umumnya menyerang sistem saluran pernapasan utama dari paru-paru atau bronkus yang menyebabkan terjadinya peradangan atau inflamasi pada saluran tersebut. Akibtanya kondisi ini sering menyebabkan penderitanya mengalami sesak napas dan batuk.

Untuk membantu mengatasi bronkitis ini, bunga begonia juga bisa menjadi solusi alternatif obat herbalnya. Kandungan pada bunga begonia akan membantu mengatasi bronkitis secara efektif dengan cara melawan sejumlah infeksi yang menjadi penyebab bronkitis dan membantu meredakan peradangan yang terjadi dan menyerang paru-paru atau bronkus. Bahkan kandungan dari bunga begonia juga bisa membantu mengatasi sejumlah gejalanya seperti sesak napas dan batuk.

  • Mengobati Candidiasis

Candidiasis sendiri merupakan salah satu jenis penyakit infeksi yang disebabkan oleh aktivitas bakteri. Biasanya infeksi ini sering menyerang bagian tubuh yang lembab seperti alat vital pada pria atau wanita.

Nah, untuk membantu mengobati infeksi tersebut bunga begonia bisa menjadi obat alternatifnya. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa kandungan pada bunga begonia memiliki efek anti-bakterial dan anti-inflamasi. Nah, efeknya tersebut bisa membantu kamu untuk membasmi bakteri penyebab candidiasis secara efektif dan membantu meredakan peradangan yang disebabkan oleh infeksi bakteri tersebut.

  • Mengatasi Keputihan

Keputihan merupakan masalah kewanitaan yang sangat umum terjadi. Pasalnya hampis semua wanita pasti mengalami yang namanya keputihan dan merupakan hal yang wajar bagi sebagian wanita. Namun berbeda halnya jika keputihan yang dialami tidak normal seperti umumnya keputihan. Nah, biasanya kondisi keputihan yang tidak normal ini sering disebabkan oleh infeksi bakteri. Terkadang kondisi ini juga sering membuat rasa tidak nyaman pada wanita.

Nah, untuk membantu mengatasi masalah tersebut, bunga begonia juga bisa menjadi alterantif obatnya. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kandungan pada bunga begonia ini memiliki efek antiseptik dan antibakteri yang sangat baik untuk tubuh. Dengan mengkonsumsinya kandungan dari bunga begonia akan membantu kamu untuk mengatasi masalah keputihan yang tidak normal akibat aktivitas bakteri jahat secara efektif.

  • Meredakan Nyeri Haid

Selain bermanfaat untuk mengatasi keputihan yang mengganggu. Bunga dari tanaman begonia juga diketahui memiliki efek yang sangat baik untuk membantu meredakan rasa nyeri yang sering datang ketika menjelang, sedang atau setelah haid. Untuk mendapatkan manfaat bunga begonia yang satu ini caranya sangat mudah kok, kamu hanya perlu mengkonsumsi air rebusan dari bunga begonia secara rutin dan teratur untuk mengatasi nyeri haid yang kamu alami.

Adapun sejumlah manfaat lain dari bunga begonia ini di antaranya yaitu :
  • Mengatasi rematik.
  • Mengatasi muntah darah.
  • Mengobati luka memar dan cedera.
  • Menurunkan panas.
  • Mengatasi mentruasi tidak lancar.
  • Menghentikan pendarahan.
  • Mengurangi peradangan dan bengkak.
  • Mengobati sakit tenggorokan.
  • Dan sejumlah manfaat baik lainnya.
Nah guys, demikian sejumlah manfaat dari begonia, tanaman cantik kaya manfaat yang dapat saya uraikan. Sekian yang dapat disampaikan, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih banyak atas kunjungannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar