Sabtu, 06 April 2019

Daun Katuk, Sahabat Ibu Hamil dan Menyusui Yang Kaya Manfaat

Daun Katuk, Sahabat Ibu Hamil dan Menyusui Yang Kaya Manfaat - Bagi masyarakat Indonesia sendiri nama daun katuk ini mungkin sudah tidak asing lagi untuk didengar. Yup, pasalnya jenis tanaman yang satu ini merupakan tanaman yang dikenal kaya akan manfaat baik untuk kesehatan terutama bagi para ibu hamil dan menyusui. Hal ini dikarenakan dalam daun katuk terkandung sejumlah kandungan yang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. Apa saja manfaat dari daun katuk tersebut??? Ok bagi kamu yang penasaran, yuk langsung aja simak ulasan lengkapnya berikut ini!!!!
Daun Katuk, Sahabat Ibu Hamil dan Menyusui Yang Kaya Manfaat

Daun katuk sendiri merupakan salah satu jenis tanaman yang banak dijumpai di kawasan daratan Asia. Tanaman yang memiliki nama latin Sauropus androgynus L.Merr ini seringkali dimanfaatkan daunnya sebagai bahan masakan. Namun, selain itu, tanaman yang satu ini juga sering digunakan sebagai ramuan herbal untuk membantu meningkatkan jumlah ASI pada ibu menyusui.

Kandungan Bermanfaat Dari Daun Katuk

Nah, tak hanya baik untuk ibu menyusui, ternyata manfaat dari daun katuk bagi kesehatan tubuh sangatlah banyak lho guys. Manfaat dari daun katuk sendiri tak lain karena daun yang satu ini memiliki banyak kandungan bermanfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Sejumlah kandungan bermanfaat tersebut seperti protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B, dan C, pirolidinon, metil piroglutamat, pdodesilfenol (komponen minor), energi, hidrat, arang, serat, abu, kalsium, dan air.

Di samping itu, daun katuk juga dikenal sebagai satu-satunya tanaman lokal yang memiliki kadar klorofil tinggi, yang mana hal ini membuat daun katuk ini kaya akan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk mencegah radikal bebas dan mencegah penuaan dini.

Manfaat Baik Dari Daun Katuk Untuk Kesehatan

Di balik sejumlah kandungan bermanfaatnya tersebut terdapat banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaatnya tersebut di antaranya yaitu :

  • Baik Untuk Ibu Hamil

Dari yang telah dibahas sebelumnya bahwa daun katuk ini memiliki kandungan penting yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Nah, sejumlah kandungan tersebut dikenal sebagai senyawa phytochemical yang memiliki khasiat sebagai obat. Dari yang telah diketahui ada tujuh senyawa kimia di dalamnya yang dapat merangsang pertumbuhan hormon steroid (progresteron, testosteron, estradiol, dan glukokortiroid) dan senyawa eicosanoid. Jika seorang wanita mengkonsumsi daun katuk selama kehamilannya maka senyawa dari daun katuk akan dapat membantu merangsang hormon wanita. Yang mana hal ini juga akan sangat bermanfaat untuk kesehatan si wanita dan bayi yang dikandungnya.

  • Melancarkan ASI

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa daun katuk ini sering digunakan sebagai ramuan herbal untuk membantu meningkatkan jumlah produksi ASI pada ibu menyusui. Yup, manfaatnya tersebut hadir karena kandungan yang ada pada daun katuk mampu meningkatkan ekspresi gen prolaktin dan oksitosin yang mana merupakan dua hormon pernting yang mempengaruhi produksi ASI.

Selain itu, manfaat daun katuk terhadap ibu menyusui juga terkait dengan kandungan galactagogue yang ada di dalamnya. Galactogogue sendiri merupakan senyawa yang dapat memicu peningkatkan produksi ASI.

  • Mengatasi Anemia

Manfaat lain dari daun katuk adalah membantu mengatasi anemia. Nah, kemampuannya tersebut hadir karena daun katuk sendiri mengandung zat besi dan vitamin C yang dapat membantu proses produksi hemoglobin untuk sel darah merah. Anemia sendiri merupakan suatu kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah akibat hemoglobin yang dihasilkan tubuh tidak memadai. Nah, untuk mengatasi anemia ini daun katuk bisa mejadi solusi terbaiknya. Selain itu, kandungan senyawa yang dimiliki daun katuk juga diketahui dapat membantu menigkatkan efesiensi absorsi saluran pencernaan, mencegah kelelahan, dan menghambat terjadinya penyakit kronis pembuluh darah.

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Nah, telah dibahas sebelumnya bahwa daun katuk juga dikenal kaya akan antioksidan yang sangat tinggi. Di mana dengan adanya antioksidan tersebut, daun katuk juga dikenal memiliki manfaat yang dapat membantu merasang dan meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Dengan kemampuannya yang satu ini, maka tubuhpun dapat terhindar dari berbagai serangan penyakit termasuk juga dapat menyembuhkan sejumlah kondisi seperti bisul, menghilangkan darah kotor, serta menyembuhkan demam dan influenza.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A yang dimiliki daun katuk juga diketahui cukup tinggi. Nah, seperti yang kalian ketahui sendiri vitamin A merupakan salah satu sumber nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan mata. Dengan kandungan yang dimilikinya tersebut, daun katuk juga dipercaya memiliki manfaat dalam membantu mencegah penyakit mata, meningkatkan pertumbuhan sel dan menjaag kesehatan kulit.

  • Menjaga Kesehatan Tulang

Tidak hanya vitamin A nya saja yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan. Daun katuk juga memiliki kandungan mineral seperti fosfor dan kalsium selain itu juga tinggi akan vitamin C. Nah, ketika nutrisi ini dikenal memiliki kemampuan yang sangat baik untuk kesehatan tulang. Pasalnya fosfor dan kalsium sendiri merupakan komponen yang dibutuhkan oleh tubuh untuk proses pembentukan tulang yang sehat dan kuat serta untuk membantu mencegah terjadinya osteoporosis. Sedangkan vitamin C nya sendiri dikenal sebagai jenis asupan nutrisi yang berfungsi untuk membantu tubuh dalam proses pembentukan kolagen yang juga sangat penting untuk kesehatan tulang. Sehingga dengan kata lain manfaat daun katuk terhadap tulang sangatlah baik. Di samping dapat membantu menjaga kesehatan dan kepadatan tulang juga mampu mencegahnya dari serangan osteoporosis.

  • Mengobati Luka

Dari hasil sebuah peneletian menemukan bahwa daun katuk bisa membantu mengobati luka pada permukaan kulit. Dalam studi tersebut mengungapkan bahwa ekstrak daun katuk dapat menutup luka dan membuat penutup luka lebih kuat. Nah, kemampuannya tersebut di dapat dari manfaat vitamin C yang terkandung di dalamnya. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa vitamin C memiliki konstribusi yang sangat penting dalam pembentukan kolagen. Nah, tidak hanya baik untuk tulang, kolagen juga dikenal memiliki manfaat yang sangat baik untuk kulit. Kolagen mampu membantu pembentukan sel kulit baru yang sehat, sehingga dengan begitu hal ini juga akan sangat bermanfaat untuk proses penyembuan luka.

  • Meningkatkan Vitalitas Pria

Tidak hanya baik untuk wanita, daun katuk juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk pria. Pasalnya kandungan dari daun katuk dipercaya memiliki efek yang dapat membantu membangkitkan vitalitas pira serta meningkatkan kualitas dan jumlah sperma. Nah, kemampuannya tersebut dikaitkan dengan kandungan senyawa fitokiminya yang tinggi.

  • Baik Untuk Kesehatan Kulit

Daun katuk juga diketahui memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan kulit. Pasalnya daun katuk ini memiliki kandungan vitamin A, B dan C serta antioksidan yang sangat tinggi. Nah, sejumlah kandungan yang ada pada daun katuk tersebut memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh, mulai dari membantu mencerahkan kulit, mengatasi kulit yang kusam dan kering, serta menbantu mengencangkan kulit. Bahkan antioksidan dari daun katuk juga memiliki kemampuan untuk menangkal dan menetralisir radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Dengan kemampuannya tersebut maka daun katuk juga bisa membantu mencegah penuaan dini dan mengurangi risiko berbagai jenis penyakit kronis seperti jantung, stroke, kanker dan lainnya.

Catatan : Walau memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Namun sobat juga perlu mengetahui bahwa mengkonsumsi daun katuk secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping yang tidak menyenangkan. Pasalanya, mengkonsumsi daun katuk secara berlebihan diketahui dapat menimbulkan sejumlah gejala dan gangguan kesehatan pada paru-paru. Oleh karena itu, untuk menghindari efek samping yang mungkin dapat terjadi sebaiknya kamu jangan mengkonsumsi daun katuk secara berlebihan. Selain itu, pengonsumsian daun katuk secara mentah juga tidak disarankan, lebih baik konsumsilah daun katuk yang telah direbus atau telah diolah menjadi sayur.

Ok guys, demikianlah ulasan mengenai daun katuk, sahabat ibu hamil dan menyusui kaya manfaat yang dapat saya uraikan. Sekian yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih banyak atas waktu luangnya untuk berkunjung dan menyimak ulasan ini sampai akhir. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar