Kamis, 18 April 2019

Kebaikan Mengkonsumsi Biji Labu Kuning Bagi Kesehatan Tubuh

Kebaikan Mengkonsumsi Biji Labu Kuning Bagi Kesehatan Tubuh - Kalian sendiri mungkin sudah tidak asing kan dengan namanya labu kuning. Yup, buah labu kuning sendiri dikenal sebagai salah satu jenis bahan makanan yang mengandung nutrisi serta vitamin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Nah, selain memiliki daging buah yang sangat enak dan bermanfaat, ternyata labu kuning juga memiliki biji yang tak kalah lezat dan bermanfaat. Penasaran dengan manfaat dari biji labu kuning ini. Ok yuk, langsung aja cari informasi lengkapnya di ulasan berikut ini!!!
Kebaikan Mengkonsumsi Biji Labu Kuning Bagi Kesehatan Tubuh
Buah labu kuning sendiri dikenal akan cita rasa manis dan tekstur lembutnya yang nikmat untuk dijadikan sebagai bahan makanan. Nah, berkat rasa manisnya tersebut banyak orang yang menggemari buah labu ini untuk dijadikan sebagai aneka dessert lezat. Di samping memiliki rasa yang enak, buah labu kuning juga diperkaya dengan nutrisi yang dipercaya dapat mencegah berbagai gangguan kesehatan.

Namun, selain memiliki daging buah yang enak untuk dijadikan aneka dessert, ternya biji dari labu kuning juga bisa kita manfaat sebagai camilan yang sehat lho. Yup, pasalnya biji labu kuning juga diketahui mengandung sejumlah nutrisi baik yang bermanfaat untuk kesehatan. Dalam biji labu kuning diketahui terkandung sejumlah nutrisi seperti seng, magnesium, tembaga, protein, lemak sehat, serat dan vitamin B yang dapat membnatu menjaga kesehatan pembuluh darah dan menurunkan kolesterol jenuh dalam darah.

Manfaat Dari Biji Labu Kuning Bagi Kesehatan Tubuh

Tak hanya itu saja, masih ada manfaat lain dari biji labu kuning. Dan berikut adalah beberapa di antaranya :

  • Menyehatkan Jantung

Biji labu kuning dikenal akan lemak sehat, serat dan berbagai antioksidannya yang baik untuk memelihara kesehatan jantung. Selain itu, asam lemak tak jenuh tunggal yang terkandung dalam biji labu kuning juga dapat membantu proses penurunan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

  • Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Tak hanya lemak sehat dan seratnya saja yang bemanfaat, biji labu kuning juga mengandung senyawa yang bernama triptofan. Senyawa ini diketahui tergolong ke dalam asam amino esensial, di mana dengan senyawa tersebut biji labu kuning dipercaya mampu membantu mengatur suasana hati dan pikiran yang lebih baik. Sehingga dengan begitu tidur akan menjadi semakin nyenyak. Triptofan sendiri merupakan senyawa alami yang berfungsi untuk membantu tubuh dalam memproduksi hormon serotonin yang sering dikaitkan dengan perasaan bahagia.

  • Meredakan Nyeri Sendi

Kandungan yang dimiliki biji labu kuning diketahui memiliki sifat antiinflamasi yang dapat bekerja untuk meredakan rasa sakit dan mencegahnya agar tidak kambuh lagi. Nah, kemampuannya tersebut sangat cocok untuk kamu yang sering mengalami nyeri pada sendi.

  • Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Sejumlah senyawa yang terkandung dalam biji labu kuning juga mampu berperan sebagai antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh dan memperkuatnya. Dengan kemampuannya tersebut, maka tubuh pun dapat terhindar dari berbagai penyakit dan menurunkan risiko infeksi virus lewat kandungan phytochemicals dan antioksidan di dalamnya.

  • Menurunkan Berat Badan

Kamu juga bisa memanfaatkan biji labu kuning ini sebagai camilan sehat untuk membantu proses penurunan berat badan kamu secara alami. Serat yang terkandung dalam biji labu kuning diketahui dapat membantu membatasi keinginan kamu untuk makan. Sehingga hal ini akan sangat membantu kamu dalam proses menurunkan berat badan secara alami.

  • Mengurangi Risiko Kanker

Dari yang diketahui mengkonsumsi biji labu kuning secara teratur juga dapat membant mengurangi risiko terjangkit beragam jenis penyakit kanker. Mulai dari kanker payudara, kanker paru-paru, kanker perut, kanker protat hingga kanker usus besar.

  • Meningkatkan Kesehatan Kandung Kemih

Dari sebuah hasil penelitian mencatat bahwa dengan mengkonsumsi biji labu kuning secara teratur juga dapat membantu mengobati penyakit kandung kemih dan membantu mengurangi gejala gangguan kelenjar prostat, Benign Prostatic Hyperplasia (BPH).

  • Mengatasi Diabetes

Kandungan dari biji labu kuning juga diketahui dapat memperbaiki regulasi insulin pada pasien diabetes dan juga dapat menurunkan kadar stres oksidatif dalam tubuh. Sehingga dengan begitu biji labu kuning dapat dikatakan sebagai cemilan sehat yang dapat membantu proses penurunan gula darah, yang mana hal ini sangat baik untuk penderita diabetes.

  • Mengontrol Tekanan Darah

Selain baik untuk penderita diabetes, biji labu kuning juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk penderita hipertensi. Pasalnya magnesium yang terkandung dalam biji labu kuning bisa membantu tubu dalam mengontrol tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung, menjaga kesehatan tulang juga dapat membantu mengatur kadar gula darah.

  • Membantu Pertumbuhan Rambut

Asam amino yang terkandung dalam biji labu kuning juga dikenal sangat baik untuk dijadikan solusi yang tepat untuk kamu yang memiliki masalah dengan kesuburan rambut. Selain itu, vitamin C di dalamnya juga dikenal efektif dalam menumbuhkan tiap helai rambut.

  • Melembapkan Kulit

Asam lemak tak jenuh seperti omega 3 yang terkandung dalam biji labu kuning juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Dengan kandungan tersebut, biji labu kuning dianggap dapat membantu melembapkan kulit secara menyeluruh. Selain itu, juga dapat membantu mengobati kulit dari serangan alergi.

  • Mengobati Jerawat

Kebaikan lain dari biji labu kuning adalah manfaatnya yang dapat membantu mencegah dan mengobati jerawat dengan efektif. Kandungan zinc yang ada pada biji labu kuning diketahui dapat membantu mengeringkan dan menyembuhkan bintik-bintik merah pada kulit, seperti jerawat. Selain itu, zinc juga bersifat sebagai anti-peradangan dan antibakteri yang dapat membantu mencegah kuman jerawat kembali lagi.

  • Mempercepat Penyembuhan Luka

Perlu diketahui bahwa dunia medis telah menggunakan biji labu kuning ini sebagai bahan campuran untuk mempercepat proses pemulihan luka. Keampuhannya ini berasal dari gabungan vitamin A dan zinc nya.

  • Mencegah Penuaan Dini

Terpapar sinar matahari berlebih, khususnya sinar UV yang diterima kulit merupakan salah satu faktor penyebab munculnya kerusakan oksidatif tubuh. Hal ini dapat meningkatkan pertumbuhan kulit prematur, meningkatkan timbulnya pigmentasi kulit, keriput hingga kanker kulit. Untuk itu, diperlukan vitamin A dan E, misalnya pada biji labu kuning ini, yang berfungsi melawan radikal bebas yang nantinya mencegah proses penuaan dini.

Ok sobat, itulah dia sejumlah kebaikan dari mengkonsumsi biji labu kuning bagi kesehatan tubuh yang dapat disampaikan. Sekian dari saya, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih banyak atas kunjungannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar