Jumat, 19 April 2019

Kebaikan Dari Labu Siam Untuk Kesehatan Tubuh

Kebaikan Dari Labu Siam Untuk Kesehatan Tubuh - Masyarakat Indonesia mungkin sudah tidak asing lagi dengan si labu siam ini. Yup, pasalnya labu siam ini merupakan jenis sayur yang seringkali dijadikan sebagai bahan olahan makanan yang lezat. Rasanya yang manis dan enak membuat jenis sayur ini mudah untuk diolah. Namun, dibalik itu semua, ternyata labu siam ini memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh lho. Apa saja manfaatnya??? Berikut saya rangkumkan untuk kalian semua. Selamat menyimak :)
Kebaikan Dari Labu Siam Untuk Kesehatan Tubuh
Mengenal Sekilas Labu Siam

Labu siam yang dikenal dengan nama ilmiahnya Sechium edule merupakan salah satu jenis sayur yang cukup digemari di Indonesia. Jenis sayuran yang satu ini bisa langsung dinikmati dengan cara direbus bersama kulitnya, atau diolah menjadi sejumlah sajian makanan lezat seperti sayur lodeh, lontong sayur, tumis labu, lalapan dan lain sebagainya.

Sekilas sayuran yang satu ini memiliki bentuk menyerupai buah pir. Selain itu, juga sangat mudah ditemukan di Indonesia. Nah, selain bermanfaat untuk dijadikan sebagai bahan olahan untuk membuat sejumlah sajian makanan ternyata labu siam juga memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh lho. Dari beberapa penelitian menemukan bahwa labu siam ini merupakan sayuran hijau yang memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas North Florida, Amerika menemukan bahwa labu siam mengandung banyak vitamin. Labu siam juga merupakan sayuran yang sangat rendah akan kalori, tinggi serat, dan kaya akan mineral.

Labu siam sendiri juga dikenal sebagau salah satu jenis sayuran yang bisa  membuat kita mudah kenyang karena kandungan karbohidratnya yang tinggi. Walau begitu, kabu siam ini memiliki kandungan kalori dan lemak yang sangat rendah. Lemak yang terkandung dalam labu siam juga merupakan lemak baik dan tidak memiliki kandungan kolesterol sama sekali.

Kandungan Baik Dari Labu Siam

Dari yang telah diketahui labu siam ini memiliki kandungan vitamin yang juga dibutuhkan tubuh mulai dari asam folat, vitamin C, vitamin B6, pantothenic acid (B5), niacin (B3), vitamin B1 dan B2 serta vitamin K dan E. Selain itu, juga mengandung sejumlah mineral seperti kalium, sodium, kalsium, zat besi, zinc, seng, fosforus, mangan dan magnesium. Tidak hanya itu, labu siam juga diketahui mengandung sejumlah senyawa penting lain seperti antioksidan poliponon, aglikon dan flavonoid yang sangat penting dalam membantu memerangi radikal bebas dan spesies oksigen reaktif (SOR) di tubuh yang keduanya berperan dalam penuaan dan perkembangan kanker.

Kebaikan Manfaat Dari Labu Siam Untuk Kesehatan

Nah, dengan adanya sejumlah kandungan penting tersebut, labi siam dikenal sebagai jenis sayur yang membawa kebaikan pada tubuh saat dikonsumsi. Adapun sejumlah kebaikan yang bisa diberikan labu siam tersebut di antaranya yaitu :

  • Mengontrol Kolesterol

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa labu siam ini hanya mengandung kalori yang sedikit dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Nah, hal inilah yang menjadikan labu siam sebagai salah satu makanan yang baik untuk menjaga kadar kolesterol agar tetap dalam batas normal.

Baca juga : Obat Kolesterol Herbal dan Praktis

  • Mengontrol Tekanan Darah

Labu siam juga dikenal memiliki sifat diuretik yang ringan. Nah, dengan sifatnya tersebut labu siam juga mampu bekerja untuk membantu mengontrol tekanan darah agat tetap stabil.

Baca juga : Obat Hipertensi Herbal dan Praktis

  • Menangkal Radikal Bebas

Vitamin C dalam labu siam juga diketahui mampu bertindak sebagai antioksidan yang kuat. Nah, antioksidan tersebut merupakan zat yang dapat membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, kandungan vitamin C dalam labu siam juga bisa membantu mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas penyebab penuaan dini.

  • Antikanker

Antioksidan flavonoid poli fenolik yang terkandung dalam labi siam juga dikenal akan kemampuannya yang dapat mengikat radikal bebas berbahaya bagi tubuh. Radikal bebas ini jika tidak diperhatikan maka bisa memicu munculnya pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Itu sebabnya jika kamu mengkonsumsi labu siam secara rutin bisa membantu mencegah tumbuh kembang sel kanker dalam tubuh.

Tidak hanya itu, sebuah penelitian baru-baru ini yang dilakukan oleh para mahasiswa UGM diketahui jika labu siam bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan salep untuk pengobatan alternatif melanoma maligna. Hal ini dikarnakan labu siam mengandung senyawa flavonoid dan saponin yang merupakan senyawa metabolit sekunder dan mempunyai sifat sebagai anti kanker.

Baca juga : Obat Kanker Herbal dan Praktis

  • Mengatasi Anemia

Kekuang zat besi dapat membuat seseorang rentan mengalami anemia. Nah, ternyata labu siam adalah sumber zat besi yang sangat baik. Dengan kandungan vitamin dan zat besi yang terkandung dalam labu siam, membuat jenis sayuran yang satu ini bisa dijadikan sebagai alternatif terbaik untuk membantu hemoglobin mengikat oksigen.

Baca juga : Obat Anemia Herbal dan Praktis

  • Baik Untuk Otak

Labu siam sendiri mengandung vitamin B6 yang berguna untuk merangsang kinerja otak. Kandungan gizi dalam labu siam diperlukan untuk meningkatkan kemampuan mengingat dan memaksimalkan fungsi otak yang lainnya. Rutin mengkonsumsi labu siam bisa mengurangi sifat pelupa.

Baca juga : Walatra Brain Nutrisition

  • Baik Untuk Pencernaan

Dari yang diketahui jenis sayur yang satu ini juga sering digunakan sebagai menu diet yang sehat bagi sebagian besar orang. Hal ini dikarenakan labu siam memiliki kandungan vitamin C dan serat yang baik untuk pencernaan dan sangat baik untuk membuang sisa-sisa pencernaan dalam tubuh.

  • Membantu Mencegah Jerawat

Labu siam juga mengandung seng (zinc) yang cukup tinggi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki kulit wajah berjerawat memiliki jumlah seng dalam tubuh yang lebih rendah dibandingkan orang yang tidak berjerawat. Dengan memenuhi asupan seng yang dibutuhkan oleh tubuh, diketahui bisa mengurangi jerawat hingga 50%.

Baca juga : Obat Jerawat Herbal

  • Membantu Mengurangi Risiko Kram Otot

Kandungan magnesium yang terkandung dalam buah labu juga diketahui cukup besar. Nah, kandungan mineral yang satu ini diketahui memiliki manfaat baik untuk kesehatan otot. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa tubuh yang kekurangan magnesium akan lebih mudah mengalami kram otot. Nah, untuk mencegah kondisi tersebut, labu siam bisa menjadi alternatif makanan yang sehat untuk mencukupi kebutuhan magnesium tubuh kamu.

  • Baik Untuk Kesehatan Jantung

Labu siam juga dikenal akan kandungan folatnya yang sangat tinggi. Selain itu, jenis sayur yang satu ini juga memiliki sejumlah vitamin B yang cukup besar. Nah, kandungan folat dan vitamin B yang dimiliki labu siam tersebut diketahui dapat membantu mengontrol asam amino dalam darah yang bisa menyebabkan penyakit jantung koroner dan stroke. Mengkonsumsi labi siam bisa membantu menstabilkan asam amino dalam darah dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Baca juga : 
♦️ Obat Penyakit Jantung Herbal dan Praktis
♦️ Obat Stroke Herbal dan Praktis

  • Baik Untuk Wanita Hamil

Kandungan folat (vitamin B9) dalam labu siam juga dikenal sangat baik untuk kesehatan ibu hamil. Ini dikarenakan kandungan tersebut dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi sang ibu selama masa kehamilan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kekurangan folat saat kehamilan akan menyebabkan masalah kesehatan bagi bayi, seperti cacat tabung saraf, masalah jantung, malformasi ekstremitas bahkan keguguran.

OK guys, itulah dia sejumlah kebaikan yang dimiliki labu siam yang siap diberikan pada tubuh kita. Sekian yang dapat disampaikan, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih banyak atas kunjungannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar