Jumat, 19 April 2019

Manfaat Dari Terong Ungu Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Dari Terong Ungu Bagi Kesehatan Tubuh - Selama ini terong jarang dilihat sebagai sumber makanan bergizi. Padahal, terong juga diketahui memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh lho, mulai dari menjaga kesehatan jantung hingga membuat kulit bersinar alami. Penasaran dengan manfaat terong lainnya??? Ok berikut kami ulaskan untuk kalian semua. Selamat menyimak. :)
Manfaat Dari Terong Ungu Bagi Kesehatan Tubuh
Sekilas Mengenal Terong Ungu

Terong ungu sendiri merupakan salah satu sayur yang masuk ke dalam jenis buah yang cukup banyak digemari di hampir seluruh negara. Hal ini dikarenakan terong ungu dikenal sebagai bahan masakan yang serbaguna. Cara mengolahnya bermacam-macam, mulai dari di sayur, digoreng, hingga dijadikan sambal.

Dari yang diketahui terong banyak tumbuh di negara-negara beriklim tropis dan subtropis seperti Asia Selatan, Asia Tenggara dan Afrika Selatan. Terong sendiri merupakan salah satu jenis buah yang memiliki aneka ragam seperti terong ungu, terong bulat, terong hijau, terong belanda dan lain sebagainya. Namun, terong ungu diketahui lebih populer dan sering dijadikan sebagai berbagai aneka masakan. Walau terong memiliki aneka ragam jenisnya, namun semua jenis terong diketahui memiliki manfaat baik bagi kesehatan.

Kandungan Nutrisi Dari Terong Ungu

Manfaat dari terong sendiri tak lain karena sejumlah kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Terong sendiri dikenal sebagai salah satu jenis buah yang kaya akan nutrisi baik untuk dikonsumsi. Terong memiliki kandungan kalori dan glikemik indeks rendah. Kandungan lemak dalam terong juga diketahui sangat rendah. Sedangkan kadar air dan serat dalam terong dikenal sangat tinggi. Terong juga kaya akan antioksidan dan memiliki berbgaai macam kandungan vitamin dan mineral yang meliputi vitamin A, vitamin E, vitamin B1, B2, B3, B6, B12, B9 atau folat, vitamin K, kalsium, zat besi, kalium, fosfor, sodium, mangan, dan zinc. Kulit terong juga memiliki kandungan pigmen yaitu antosianin yang merupakan antioksidan.

Kebaikan Dari Manfaat Terong Ungu Bagi Kesehatan Tubuh

Mengetahui bahwa terong kaya akan kandungan nutrisi baik, tak heran jika banyak orang dan para ahli menyimpulkan bahwa terong merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan manfaat baik bagi kesehatan. Nah, beberapa manfaat dari buah terong sendiri di antaranya yaitu :

  • Meningkatkan Fungsi Otak

Terong sendiri memiliki kulit yang bernutrisi baik bagi kesehatan. Dari yang diketahui kulit terong kaya akan nasunin yaitu zat antioksidan yang baik untuk kesehatan otak. Nasunin sendiri dikenal sebagai senyawa yang dapat melindungi membran sel otak dari serangan radikal bebas serta melancarkan proses distribusi gizi di dalam sel-sel tubuh. Nutrisi lain dalam terong yang baik untuk otak adalah antosianin.

Manurut hasil sebuah penelitian dalam The British Journal of Nutrition pada 2010, zat pigmen dalam terong mampu bertanggung jawab untuk memicu peredaran darah menuju otak serta mencegah peradangan saraf otak. Hal ini bisa mencegah berbagai penyakit dan gangguan fungsi otak yang disebabkan oleh proses penuaan dini. Selain itu, daya ingat juga akan jadi semakin kuat kalai kamu membiasakan diri makan terong.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Serat, kalium, vitamin C, vitamin B6 dan fitonutrien dalam terong juga diketahui memiliki pengaruh yang baik bagi kesehatan jantung. Selain itu, flavonoid atau pigmen larut air dalam terong juga bisa mencegah berbagai jenis penyakit jantung.

Nah, menurut hasil sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition pada 2012, salah satu jenis flavonoid yang ampuh untuk melindungi jantung adalah antosianin. Dari telah diketahui zat pigmen ini mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Nah, dengan kemampuannya tersebut, terong mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan hipertensi pada tubuh kamu.

Baca juga : Obat Penyakit Jantung Herbal dan Praktis

  • Mencegah Penyakit Diabetes

Terong juga dikenal akan seratnya yang tinggi. Dengan serat tersebut, terong mampu membantu menurunkan kadar gula darah. Di samping itu, terong juga bisa mengurangi penyerapan gula dan meningkatkan sekresi insulin. Dengan kandungan seratnya tersebut, terong bisa membantu mencegah penyakit diabetes.

Baca juga : Obat Diabetes Herbal dan Praktis

  • Mengendalikan Kadar Kolesterol

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh para ahli di Brazil menunjukkan bahwa dengan rutin mengkonsumsi terong bisa membantu kamu mengendalikan kadar kolesterol. Pasalnya, tim peneliti di Departemen Pertanian Amerika Serikat menemukn bahwa terong kaya akan senyawa asam klorogenat. Senyawa tersebut terbukti mampu menurunkan berat badan serta kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Terong sendiri tidak mengandung kolesterol sama sekali sehingga akan sangat aman untuk dikonsumsi orang yang perlu menjaga keseimbangan kadar kolesterolnya.

Selain menurunkan kadar kolesterol jahat, asam klorogenat juga dapat berfungsi sebagai anti-virus, antimikroba dan antikarsinogen. Kamu pun akan terhinadr dari berbagai penyakit berbahaya lainnya jika rutin makan terong.

Baca juga : Obat Kolesterol Herbal dan Praktis

  • Mencegah Kanker

Manfaat lain dari terong adalah kemampuannya yang dapat mencegah munculnya kanker. Ini karena terong sendiri mengandung senyawa polifenol, antosianin, dan asam klorogenat. Sejumlah zat tersebut dikenal akan kemampuannya yang dapat mencegah pertumbuhan tumor serta menghentikan penyebaran sel kanker di dalam tubuh. Selain itu, zat tersebut juga dapat memicu produksi enzim khusus dalam sel yang bertugas untuk membuang berbagai racun dan membunuh sel kanker. Asam klorogenat juga bersifat antimutagen yang berarti senyawa ini juga bisa melawan terjadinya mutasi gen yang menyebabkan kanker.

Baca juga : Obat Kanker Herbal dan Praktis

  • Menurunkan Berat Badan

Terong juga termasuk sebagai jenis makanan yang rendah kalori dan kaya akan serat. Sehingga tidak heran jika terong dapat dimasukkan ke dalam menu untuk menurunkan serta menjaga berat badan. Terong dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama, seingga dapat mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.

Baca juga : Penurun Berat Badan

  • Membuat Kulit Lebih Lembut dan Bercahaya

Antioksidan yang dimiliki terong bisa menjadi penawar terbaik untuk mengatasi berbagai permasalah kulit yang kusam dan kering. Pasalnya antioksidan dan kandungan air dalam terong mampu membantu melembapkan dan menutrisi kulit dari dalam. Antioksidan juga akan menangkal radikal bebas yang bisa membunuh sel-sel kulit kamu sehingga kulit jadi tidak kenyal dan tampak lebih gelap.

  • Memperbaiki Mood

Menurut hasil sebuah studi, asam klorogenat dalam terong dikaitkan dengan perubahan suasan hati menjadi lebih baik. Terong bisa dijadikan sebagai olahan makanan yang sedah untuk dikonsumsi. Makanan enak ini bisa membuat suasana hati membaik karena dapat merangsang otak untuk memproduksi serotonin. Jadi, dengan mengkonsumsi terong saja manfaat doberl dalam perbaikan mood bisa kamu peroleh.

  • Menguatkan Tulang

Terong juga dikenal sebagai sumber tembaga, yaitu salah satu jenis mineral penting yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang. Tembaga sendiri mampu membantu pembentukan kolagen untuk tulang dan jaringan ikat. Bersama seng, tembaga mampu menghasilkan antioksidan yang disebut superoxide dismutase, yang dapat menentralisir radikal superoksida yang dihasilkan oleh tulang selama melakukan penyerapan.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Tidak hanya sebagai sumber tembaga, terong juga dikenal sebagai sumber pigmen flavonoid yang disebut dengan antosianin. Senyawa ini dapat membantu menjaga kesehatan kornea dan pembuluh darah di mata, menguragi risiko degenarasi makula dan kataral. Selain itu, flavonoid dalam terong juga bersifat sebagai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas, mencegah penuaan dini dan meningkatkan sistem imun tubuh. Warna terong yang ungu menunjukkan bahwa kadar flavonoid nya sangat tinggi di kulitnya.

Baca juga : Obat Katarak Herbal dan Praktis

♦️♦️♦️ Catatan ♦️♦️♦️ Pada dasarnya terong merupakan makanan yang baik bagi kesehatan tubuh selama tidak dikonsumsi secara berlebihan. Mengkonsumsinya secara berlebihan diketahui dapat menimbulkan dampak negatif. Nah, oleh karena itu, kamu harus bisa membatasi pengonsumsian terong ini dengan baik agar manfaat dari terong yang kamu konsumsi sendiri tidak hilang. Kamu bisa mengkonsumsi terong dengan takran seporsi kecil dan 2-3 kali seminggu.

Ok guys, itulah dia sejumlah manfaat baik yang bisa diberikan terong ungu untuk tubuh kita. Sekian yang dapat disampaikan, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih banyak atas kunjungannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar