Jumat, 19 April 2019

Kebaikan Bayam Duri Bagi Kesehatan

Kebaikan Bayam Duri Bagi Kesehatan - Bayam duri sendiri memang tak sepopuler bayam pada umumnya. Yup, hal ini dikarenakan bayam duri ini lebih dikenal sebagai tanaman liar dan sering dianggap sebelah mata. Namun kenyataannya, bayam duri juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Penasaran dengan manfaat dari si bayam duri ini??? Ok yuk, intip apa saja manfaatnya tersebut di ulasan berikut ini!!!
Kebaikan Bayam Duri Bagi Kesehatan
Bayam duri sendiri merupakan tanaman yang termasuk ke dalam golongan tanaman obat atau tanaman herbal yang mungkin kurang begitu familiar bagi banyak orang. Namun seperti tanaman herbal lainnya, bayam duri juga menyimpan berbagai kandungan gizi dan zat-zat baik yang bagus untuk kesehatan, seperti vitamin A, B6, C, dan K serta peridoksin, zat besi, garam-garam fosfat, rutin, kalsium oksalat, kalium nitrat dan amarantin.

Berdasarkan efek farmakologisnya tanaman ini memiliki sifat masuk meridien jantung dan ginjal, menghilangkan panas (antipiretik), peluruh kemih (diuretik), menghilangkan racun (antitoksin), menghilangkan bengkak (anti-inflamasi), menghentikan diare, dan membersihkan darah. Selain itu, bayam duri juga diketahui memiliki rasa manis, pahit dan sejuk.

Dengan dimilikinya sejumlah kandungan tersebut, membuat bayam duri ini memiliki sejumlah manfaat baik yang sangat menguntukan bagi kesehatan tubuh. Beberapa manfaat baiknya tersebut di antaranya yaitu :

  • Mengobati Eksim

Daun bayam duri bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi masalah eksim. Kamu bisa mengoleskan langsung tumbukan daun bayam duri pada area kulit yang terkena eksim. Kandungan zat yang ada dalam daun bayam duri diketahui bisa membantu mengobati gejala eksim seperti gatal, kulit pecah-pecah, kemerahan dan juga perih tanpa menimbulkan efek samping.

  • Mengatasi Kencing Nanah

Kamu juga bisa memanfaatkan bayam duri ini sebagai salah satu alternatif untuk mengatasi masalah kencing nanah. Kandungan dari bayam duri sendiri diketahui dapat membantu malawan aktivitas bakteri dan virus yang menjadi penyebab dari kencing nanah itu sendiri. Untuk mendapatkan manfaatnya tersebut kamu hanya perlu menggunaan sepotong akar bayam duri dan adas yang sudah dicuci bersih. Kemudian kamu rebus dengan satu liter air. Biarkan mendidih dan tunggu hingga airnya berkurang setengahnya lalu diamkan hingga hangat dan saring sebelum meminumnya.

  • Mengobati Bronkitis

Selain bermanfaat untuk mengatasi masalah kencing nanah, kamu juga bisa memanfaatkan tanaman bayam duri sebagai obat untuk mengatasi bronkitis. Kandungan dari tanaman bayam duri akan membantu mengatasi infeksi yang terjadi pada bronkial yang mana merupakan penyebab dari bronkitis yang terjadi.

Cara untuk mendapatkan manfaat bayam duri yang satu ini cukup mudah kok, yakni kamu hanya perlu menyiapkan batang, akar, bunga dan daun dari bayam duri yang telah dibersihkan sebelumnya dan iris atau potong kasar. Setelah itu, rebus semua bahan tersebut dalam satu liter air. Biarkan hingga mendidih dan tunggu sampai airnya tersisa setengahnya. Setelah itu, konsumsimlah air rebusan bahan herbal tersebut sehari 2 kali pagi dan sore agar proses penyembuhan berjalan dengan cepat.

  • Melancarkan Buang Air Kecil

Manfaat lain dari bayam duri adalah kemampunnya yang dapat membantu melancarkan buang air kecil. Kondisi tidak lancarnya buang air kecil sendiri dapat terjadi akibat sejumlah faktor seperti dehidrasi, kencing batu, kencing manis, batu ginjal, dan juga infeksi pada saluran kemih.

Nah, untuk membantu mengatasi masalah tersebut, tanaman bayam duri bisa menjadi alternatif solusi baiknya. Seperti yang telah dijelaskan bahwa, kandungan yang dimiliki bayam duri memiliki sifat sebagai diuretik yang dapat membantu melancarkan buang air kecil. Kamu bisa menggunakan akar bayam duri yang telah dicuci bersih. Kemudian potong kasar dan rebus akar tersebut dalam 1 liter air. Tunggu hingga mendidih sampai airnya tersisa setengahnya, angkat dan diamkan hingga dingin. Setelah itu minumlah ramuan herbal tersebut secara teratur.

  • Penurun Demam

Tidak hanya memiliki sifat diuretik, bayam duri juga memiliki sifat antipiretik yang dapat membantu menurunkan demam dengan cepat. Kamu bisa memanfaatkan air rebusan dari bayam duri secara teratur sebagai obat penurun demam herbal kamu.

  • Melancarkan Produksi ASI

Tak sedikit wanita menyusui sering mengalami masalah produksi ASI yang tidak lancar. Yup, kondisi ini diketahui cukup umum terjadi pada wanita yang baru saja memiliki bayi. Nah, untuk membantu mengatasi masalah tersebut, kamu bisa menjadikan bayam duri sebagai solusinya. Pasalnya kandungan dari bayam duri mampu membantu melancarkan ASI pada ibu menyusui dengan efektif.

Cara untuk mendapatkan ramuan herbalnya pun cukup mudah, yakni kamu hanya perlu menyiapkan seluruh bagian tanaman bayam duri mulai dari akar,batang, daun dan bunganya yang telah dicuci bersih. Kemudian tumbuk hingga halus. Setelah itu, oleskan pada bagian payudara. Lakukanlah hal ini secara rutin dua kali sehari untuk membantu melancarkan produksi ASI kamu.

Catatan : Nah guys, walau memiliki banyak manfaat baik, namun kamu juga perlu memperhatikan efek samping yang dapat terjadi akibat mengkonsumsi bayam duri yang tidak tepat dan berlebihan. Kamu bisa mengkonsultasikannya terlebih dahulu pada pakar ahli di bidangnya sebelum menjadikan bayam duri ini sebagai alternatif herbal kamu.

OK guys, itulah dia beberapa kebaikan bayam duri bagi kesehatan yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih banyak atas kunjungannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar