Jumat, 19 April 2019

Manfaat Air Cucian Beras Dalam Mempercantik Kulit

Manfaat Air Cucian Beras Dalam Mempercantik Kulit - Siapa sangka air cucian beras yang selama ini sering kita buang ternyata memiliki banyak manfaat baik untuk kecantikan utamanya bermanfaat baik untuk kulit. Penasaran dengan manfaat air cucian beras tersebut??? OK yuk, langsung aja simak ulasannya berikut ini!!!
Manfaat Air Cucian Beras Dalam Mempercantik Kulit
Untuk mendapatkan kulit yang bersih dan cerah, seringkali banyak wanita mencoba berbagai produk pemutih kulit yang harganya cukup mahal. Padahal sebenarnya untuk mendapatan kulit yang bersih dan cerah tersebut tidak butuh uang yang banyak lho. Karena ada bahan alami yang bisa dengan mudah kamu dapatkan dan tentunya tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Nah, bahan alami tersebut adalah air cucian beras.

Yup, mungkin sebagian orang pasti meremahkannya, namun pada kenyataannya hal ini memang benar adanya kalau air cucian beras bisa bermanfaat untuk membantu membuat kulit lebih bersih, cerah dan mulus.

Yang perlu kamu ketahui sendiri bahwa beras mengandung zat yang dapat digunakan untuk kecantikan. Nah, kandungan zat tersebut biasa disebut dengan oryzanol. Kandungan ini diketahui memiliki kemampuan untuk menangkal sinar UV ke dalam kulit sehingga sangat baik bagi kesehatan kulit.

Air cucian berasnya sendiri diperkaya dengan vitamin, mineral dan asam amino yang penting untuk rambut dan kulit yang indah, termasuk asam ferulat, antioksidan kuat dan allantoin yang mengandung sifat anti-inflamasi.

Manfaat Air Cucian Beras Yang Dikenal Baik Untuk Kulit

Nah, dengan sejumlah kandungan tersebut air cucian beras diketahui memiliki kemampuan yang sangat baik untuk kesehatan kulit, di antaranya yaitu :

  • Membersihkan Wajah

Kamu bisa menjadikan air cucian beras ini sebagai pembersih wajah. Caranya cukup simpel kok, yaitu dengan mencelupkan bola kapas ke dalam air cucian beras. Lalu oleskan pada wajah sambil dipijat dengan gerakan memutar. Biarkan air di wajah mengering dengan sendirinya untuk memastikannya benar-benar menyerap. Setelah itu, bilaslah dengan air dingin hingga bersih. Dengan melakukan perawatan ini secara rutin dapat membnatu membuat kulit terasa lembut, kencang dan bercahaya.

  • Mencerahkan dan Memudarkan Flek Hitam

Dengan mencuci wajah dengan air beras secara teratur juga bisa membantu mencerahkan dan mencegah masalah kulit. Secara bertahap, kulit muka akan menjadi lebih bercahaya dan bahkan flek hitam pun akan semakin memudar. Karena nutrisi penting dan protein di dalam air beras dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

  • Mengobati Jerawat dan Menghilangkan Bekasnya

Air cucian beras juga bisa kamu gunakan untuk mengobati jerawat di wajah. Nah, dari yang telah diketahui air cucian beras mampu membantu mengontrol wabah jerawat pada wajah dan juga membnatu memudarkan bintik-bintik gelap di kulit. Selain itu, air cucian beras juga dapat membantu mengecilkan pori-pori yang selanjutnya dapat mengurangi kemungkinan timbulnya jerawat.

Untuk mendapatkan manfaat air cucian beras yang satu kamu hanya perlu menyiapkan air cucian beras terakhir. Kemudian, biakan air cucian beras tersebut mengendap selama beberapa jam sampai bagian yang seperti tepung terkumpul di bawah. Selanjutnya, pisahkan air dari tepung beras tersebut dan ambil tepungnya yang masih basah. Balurkan tepung beras tadi ke seluruh bagian wajah yang memiliki flek hitam atau bekas jerawat. Biarkan beberapa menit lalu bilas dengan air.

  • Mengontrol Kelebihan Minyak

Kemampunnya dalam membersihkan wajah dikenal sangat kompleks. Yup, air cucian beras dalam membersihkan kulit wajah juga ampuh untuk mengontril kelebihan minyak di kulit wajah. Seperti halnya membersihkan wajah, kamu juga bisa menggunakan air cucian beras ini untuk mengontrol kelebih minyak di wajah dengan cara yang sama saat membersihkan wajah.

Namun pertama-tama kamu perlu mencuci wajahmu terlebih dahulu dengan sabun pembersih wajah yang cocok dengan jenis kulit mu. Setelah itu, cuci kembali dengan air cucian beras yang sudah disediakan. Biarkan air cucian beras di wajah mengering sekitar 5-10 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Jika dilakukan secara rutin, minyak di wajah akan berkurang dan wajah lama kelamaan akan terlihat lebih cerah.

  • Mengobati Eksim

Dari yang diketahui komponen pati dari air cucian beras juga efektif dalam mengurangi efek eksim pada kulit. Cara penggunaannya cukup mudah, yakni kamu hanya perlu mencelupkan lap bersih ke dalam air cucian beras dan tepuk seluruh kulit yang terkena eksim. Lakukan selama beberapa menit dan pastikan kamu mengeringkannya.

  • Mengatasi Iritasi Kulit

Kamu juga bisa menggunakan air cucian beras sebagai obat untuk mengatasi kulit yang teriiritasi. Caranya kamu hanya perlu mengoleskan air cucian beras pada ruam atau peradangan kulit lainnya untuk menenangkan kulit secara alami. Dalam sebuah studi dermatologis pada pasien dengan dermatitis atopik menyatakan bahwa mandi dengan air beras dua kali sehari selama 15 menit dapat memperbaiki kondisi secara signifikan.

  • Meredakan Radang Pada Kulit

Air cucian beras juga dapat bekerja sebagai anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan radang dan kulit terbakar. Dengan kemampuannya tersebut, kulit akan pulih dengan cepat dan mencegah kerusakan lebih lanjut. Air cucian beras yang dingin diketahui lebih disukai untuk kulit.

Ok guys, itulah dia sejumlah manfaat air cucian beras yang bisa digunakan untuk mempercantik kulit mu. Sekian yang dapat disampaikan, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih banyak atas kunjungannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar