Rabu, 10 April 2019

Sering Mengalami Memar secara Tiba-tiba Tanpa Sebab Jelas??? Mungkin Ini Penyebabnya

Sering Mengalami Memar secara Tiba-tiba Tanpa Sebab Jelas??? Mungkin Ini Penyebabnya - Memar sendiri dikenal sebagai suatu kondisi yang umum terjadi jika mengalami benturan. Dan biasanya kondisi tersebut dapat reda dengan sendirinya seiring waktu. Namun berbeda lagi jika kondisi memar yang kamu alami muncul secara tiba-tiba tanpa diketahui pasti penyebabnya. Yup, pasalnya kondisi memar yang muncul secara tiba-tiba diketahui bisa menjadi gejala dari kondisi serius. Yuk, ketahui lebih jelasnya!!!
Sering Mengalami Memar secara Tiba-tiba Tanpa Sebab Jelas??? Mungkin Ini Penyebabnya
Mendapatkan memar di kulit setelah terbentur merupakan hal yang biasa. Memar sendiri dapat terjadi ketika pembuluh darah kecil di dekat permukaan kulit pecah akibat benturan atau cedera. Sehingga kondisi tersebut menyebabkan darah di dalam pembuluh darah bocor keluar mengisi jaringan sekitar. Jadi, dapat dikatakan pula jika seseorang sering mengalami memar pada kulit, berarti pembuluh darah kecilnya mudah dan sering pecah.

Faktor Penyebab Tubuh Mudah Mengalami Memar Secara Tiba-tiba

Nah, adapun sejumlah faktor yang bisa menyebabkan seseorang sering mengalami memar tanpa sebab yang jelas, di antaranya yaitu :

  • Faktor Usia

Dari yang diketahui seiring bertambahnya usia, kulit akan kehilangan bantalan lemak yang berfungsi untuk melindungi tubuh saat terjadi benturan atau cedera. Kulit juga cenderung menipis karena penurunannya produksi kolagen dalam tubuh. Nah, perubahan inilah yang membuat tubuh lebih rentang mengalami memar saat bertambahnya usia.

  • Kelainan Darah

Sejumlah kelainan darah seperti hemofilia, varises, Willebrand, trombositopenia atau bahkan leukemia juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab seseorang mengalami memar pada tubuh. Kondisi ini dapat terjadi akibat proses pembekuan darah yang kurang optimal. Jadi, kamu perlu waspada jika memar tiba-tiba muncul dan tidak hilang dalam waktu yang lama. Segeral kunjungi dokter untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kondisi memar kamu yang tak kunjung sembuh.

Baca juga :
♦️ Obat Varises Herbal dan Efektif
♦️ Obat Leukimia Herbal

  • Cedera Otot

Memar yang muncul secara tiba-tiba juga diketahui dapat terjadi akibat adanya cedera pada otot. Kondisi ini biasanya terjadi ketika otot-otot dan tendon tubuh menjadi tegang dan tertarik karena adanya tekanan yang besar seperti karena mengangkat beban berat, olahraga berlebihan, serta aktivitas berat lainnya.

♦️ Baca juga : Obat Cedera Otot Hamstring Herbal

  • Konsumsi Obat-obatan Tertentu

Mengkonsumsi sejumlah obat-obatan tertentu seperti obat antikoagulan, analegesik, antidepresan, obat anti-inflamasi, anti-asma, aspirian dan juga obat konstrasepsi juga diketahui bisa memicu munculnya memar secara tiba-tiba. Pasalnya beberapa obat tertentu tersebut bisa menurunkan kemampuan tubuh untuk membekukan darah serta melemahkan pembuluh darah. Nah, kondisi tersebutlah yang bisa meningkatkan risiko seseorang mudah mengalami memar secara tiba-tiba.

  • Diabetes

Dari yang diketahui penyakit diabetes juga memiliki pengaruh yang negatif terhadap proses sirkulasi darah sehingga kondisi ini sangat mudah menyebabkan memar. Memar tersebut juga dapat menjadi gejala penyakit ini pada tahap yang sangat awal. Gejala lain yang perlu diwaspadai adalah sering merasa haus, sering buang air kecil, sering merasa lapar, berat badan berkurang, pandangan kabur, kelelahan hingga berkurangnya massa otot.

♦️ Baca juga : Obat Diabetes Herbal

  • Purpura Dermatosis

Purpura Dermatosis sendiri dikenal sebagai salah satu gangguan pembuluh darah yang merembes keluar dari pembuluh kapiler. Kondisi ini diketahui sering dialami oleh orang berusia lanjut (lansia). Gejala yang ditimbulkan dari kondisi tersebut yaitu memar berwarna kemerahan di permukaan kulit, khususnya area tulang kering. Pada beberapa kasus, memar yang muncul juga disertai dengan rasa gatal.

  • Kekurangan Nutrisi

Sejumlah memar yang tak dapat dijelaskan juga dapat menjadi sinyal bahwa tubuh tidak mendapatkan unsur-unsur nutrisi yang diperlukan. Misalnya vitamin B12 yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi darah, vitamin K yang bertanggung jawab untuk pembekuan darah, atau bahkan vitamin C yang berperan penting dalam penciptanaan jaringan baru.

  • Ketidakseimangan Hormon

Selain kekurangan nutrisi, hormon yang tidak seimbang juga diketahui dapat menjadi penyebab memar. Biasanya kondisi ini muncul jika kadar estrogen dalam tubuh rendah. Situasi semacam ini biasa terrjadi jika Anda menopause, mengkonsumsi obat hormonal atau tengah hamil.

  • Paparan Sinar Matahari Berlebih

Pada umumnya sinar matahari memang dibutuhkan tubuh untuk memenuhi asupan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang. Namun, paparan sinar matahari yang berlebihan justru diketahui bisa menyebabkan memar pada tubuh. Hal ini dikarenakan paparan sinar matahari berlebih bisa menyebabkan kulit kehilangan kelenturan dan ketahanannya. Kondisi inilah yang membuat memar di tubuh lebih mudah terjadi dan mudah terlihat.

Sebaiknya segera periksakan kondisi kamu jika mengalami memar :

  • Lebih sering dari biasanya.
  • Mudah terjadi dan terdapat riwayat perdarahan parah, misalnya perdarahan berat pada saat pembedahan.
  • Disertai nyeri parah dan bengkak.
  • Tidak kunjung reda setelah dua minggu.

Biasanya jika memar yang terjadi disebabkan akibat benturan ringan, memar yang muncul bisa diatasi dengan penanganan mandiri di rumah. Secara umum, memar akan reda dan hilang dengan sendirinya. Namun, walau begitu jangan anggap sepela memar, tertama jika sering timbul, tidak diketahui penyebabnya atau disertai gejala-gejala lain. Segeralah konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

OK guys, itulah sejumlah kemungkinan penyebab kamu sering mengalami memar tanpa sebab yang jelas dan muncul tiba-tiba. Sekian yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih banyak atas kunjungannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar