Rabu, 10 April 2019

Sejumlah Makanan Yang Dapat Bantu Atasi Anemia Dengan Efektif

Sejumlah Makanan Yang Dapat Bantu Atasi Anemia Dengan Efektif - Kamu sering merasa mudah lelah, lemas, pusing berkunang, kedinginan atau sulit bernapas??? Mungkin kamu terkena anemia. Nah, untuk mengatasinya, ada lho makanan yang bisa bantu atasi kondisi anemia dengan efektif dan aman. Ok, untuk lebih jelasnya, yuk langsung aja simak ulasan berikut ini!!!
Sejumlah Makanan Yang Dapat Bantu Atasi Anemia Dengan Efektif
Anemia sendiri merupakan suatu kondisi gangguan kesehatan yang terjadi ketika sel darah merah, konsentrasi hemoglobin dan protein pada sel darah merah rendah. Kondisi tersebut dapat terjadi karena disebabkan tubuh kekurangan zat besi.

Kekurangan zat besi sendiri merupakan suatu masalah yang dapat menurunkan produksi sel darah merah. Zat besi sendiri merupakan mineral pada tubuh manusia dan menjadi salah satu komponen hemoglobin. Ketika sel darah merah kurang, oksigen pun sulit diedarkan ke seluruh tubuh. Jika sudah seperti itu, kamu tentu akan merasa mudah lelah, capek dan sensitif.

Nah,untuk mencegah dan mengatasi masalah anemia karena disebabkan oleh kekurangan atau defisiensi zat besi. Sejumlah makanan ini dapat menolongmu dari masalah anemia.

  • Bayam

Yup, sayuran yang satu ini dikenal akan kandungan gizi dan nutrisinya yang melimpah. Dalam bayam terkandung sejumlag zat gizi dan nutrisi seperti kalsium, zat besi, beta karoten, kalium, vitamin A, B2, C dan E. Untuk vitamin C nya sendiri dapat membantu menjaga sistem imun tubuh, dan beta karotennya akan dapat membantu kamu mencegah penyakit kardiovaskular. Nah, tentunya kandungan zat besinya sendiri dapat membantu tubuh kamu dalam memproduksi lebih banyak sel darah merah serta dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

  • Akar Bit (Buah Bit)

Buah yang memiliki daging berwarna merah ini juga bisa menjadi alternatif untuk membantu mencegah dan mengatasi masalah anemia yang disebabkan oleh kurangnya asupan zat besi dalam tubuh. Yup, pasalnya kandungan zat besi dalam buah bit dapat mengurangi gejala anemia yang muncul, seperti mengurangi gejala kedinginan. Selain itu, juga mampu menguangi risiko palpitasi (detak dan irama jantung yang tidak normal). Vitamin lain yang terkandung dalam buah bit ini yaitu vitamin C, asam folat, kalium dan vitamin B6. Selain dapat membantu mencegah dan mengobati anemia, kandungan yang terdapat dalam buah bit juga dikenal baik untuk darah tinggi, di mana kandungan buah bit juga bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

  • Kurma

Kurma sendiri dikenal sebagai salah satu jenis buah yang kaya akan mineral,seperti kalsium, sulfur, zat besi, kalium, fosfor, magnesium dan copper. Selain itu, kurma juga diketahui dapat memberikan energi. Beberapa mineral bahkan dapat menjaga kepadatan tulang.

  • Tomat

Selain kaya akan vitamin C dan lycopene, tomat juga diketaghui mengandung zat besi yang sangat baik untuk tubuh. Vitamin C yang terkandung dalam buah tomat akan membantu proses penyerapan zat besi dari makanan lain. Walau memiliki zat besi yang sedikit, namun tomat memiliki antioksidan yang melimpah dan sangat baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, tomat juga mengandung kalium yang dapat berfungsi untuk menjaga tekanan darah tetap sehat dan normal.

  • Selain Kacang

Jika selera makan kamu sedang menurun, selai kacang ini bisa menjadi solusi terbaik untuk mengatasi anemia yang kamu alami. Selain kacang juga diketahui mengandung zat besi yang bagus untuk mengatasi anemia. Kamu bisa mengkonsumsi selai kacang ini secara langsung atau diolekan pada roti. Makanlah setidaknya 2 sendok makan selai kacang dan sebaiknya setelah memakan selai kacang, kamu minumlah jus jeruk. Seperti yang telah dijelaskan bahwa vitamin C berfungsi untuk membantu penyerapan zat besi.

  • Daging Merah

Tidak hanya buah dan sayuran saja yang mengandung zat besi, sejumlah makanan lain seperti daging merah juga diketahui memiliki kandungan zat besi yang mudah diserap. Heme iron yaitu jenis zat besi yang terdapat pada hemoglobin bisa ditemukan pada daging. Jantung, ginjal dan hati dari daging merah juga mengandung kualitas zat besi yang tinggi. Kamu juga akan mendapatkan manfaat dari vitamin B12. Nah, untuk membantu menyembuhkan anemia, pastikan kamu mengkonsumsi daging merah 2-3 kali seminggu.

  • Telur

Telur juga bisa menjadi alternatif yang baik untuk mengatasi masalah anemia akibat kurangnya asupan zat besi dalam tubuh. Nah, bagi kamu yang tidak ingin terlalu banyak makan, telur bisa menjadi alternatif terbaiknya untuk membantu mengatasi anemia yang kamu alami. Protein mampu membuat kamu kenyang lebih lama. Selain mengandung zat besi, telur juga mengandung zinc yang dapat membnatu pembentukan darah. Kamu bisa memakannya ketika sarapan atau saat makan siang.

  • Roti Gandum dan Oatmeal

Dari yang diketahui satu potong roti gandum berkontribusi sekitar 6% kebutuhan zat besi tubuh. Roti gandum dan gandum sendiri dikenal kaya akan zat besi. Namun, gandum juga diketahui mengandung asam fitat yang dapat menahan zat besi, sehingga tidak diserap oleh tubuh. Kamu tidak perlu khawatir sebab asam fitat sudah berkurang ketika proses fermentasi gandum.

Sumber referensi : https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/makanan-menyembuhkan-anemia/

OK guys, itulah dia sejumlah makanan yang bisa kamu konsumsi untuk mengatasi dan mencegah anemia dengan efektif. Sekian yang dapat disampaikan, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih banyak atas kunjungannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar