Selasa, 09 April 2019

Mengenal Buah Jerpaya, Buah Unik Dari Indonesia Yang Kaya Manfaat

Mengenal Buah Jerpaya, Buah Unik Dari Indonesia Yang Kaya Manfaat - Ada yang mengenal buah jerpaya??? Yup, jerpaya adalah buah unik yang memiliki bentuk seperti pepaya namun berisi jeruk. Nah, kabar gembiranya, buah unik yang satu ini juga merupakan salah satu buah yang berasal dari negara kita loh, yup Indonesia. Di samping itu, buah unik yang satu ini juga memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan juga lho guys. Penasaran dengan si buah unik yang satu ini??? OK, yuk langsung aja simak pembahasan lengkapnya berikut ini!!!
Mengenal Buah Jerpaya, Buah Unik Dari Indonesia Yang Kaya Manfaat
Jerpaya, singkatkan dari jeruk pepaya merupakan jenis buah unik yang diketahui berasal dari Indonesia. Jerpaya diketahui memiliki penampakan lebih mirip jeruk bali dan daunnya pun seperti daun jeruk pada umunya, namun bentuk dari buah ini mirip dengan pepaya tapi berkulit jeruk dan daging buahnya pun bisa dimakan layaknya pepaya. Di dunia kuliner buah jerpaya ini lebih populer dengan nama jeruk sukade.

Nah, hebatnya lagi dari buah yang satu ini, selain keunikannya ternyata tanaman jerpaya mulai dari daun, buah hingga kulitnya bisa kita manfaatkan sebagai bahan makanan juga obat tradisional lho. Wowww... komplit dah manfaatnya. hhe :D

Manfaat Buah Jerpaya Untuk Kesehatan

Biasanya kulit dari jerpaya ini sering digunakan orang-orang untuk membuat manisan. Varietas jerpaya diketahui sebagian besarnya memiliki rasa manis dan kaya akan vitamin C dan antioksidan. Selain itu, jerpaya juga memiliki daun yang sangat bermanfaat untuk kesehatan, adapun sejumlah manfaat yang dimiliki jerpaya ini yaitu :
  • Menyembuhkan penyakit batuk.
  • Membantu mengobati penyakit asma.
  • Mengobati radangan tenggorokan.
  • Menyembuhkan penyakit kolesterol.
  • Mengobati sariawan dan bau mulut.
  • Menurunkan kadar asam lambung yang berlebih.
  • Mengobati masuk angin. 
  • Menyembuhkan darah rendah.
Cara Memanfaatkan Buah Jerpaya Dan Daunya

Selain buahnya yang bisa dikonsumsi langsung, ternyata daun dari jerpaya juga bisa kamu konsumsi secara langsung juga lho. Daun dari jerpaya ini diketahui memiliki rasa menthol dan jeruk.

Nah, bagi kamu yang memiliki masalah dengan tenggorokan dan pernapasan seperti batuk, asma atau paru-paru, daun jerpaya ini bisa menjadi solusi terbaik untuk mengatasinya. Cara untuk memanfaatkannya pun sangatlah mudah yakni hanya dengan meremas atau mengiris kecil daun jerpaya yang kemudian dimasukkan ke dalam gelas lalu seduh dengan air panas layaknya menyeduh teh.

Nah, untuk kulit dari jerpaya sendiri, selain dapat dimanfaatkan sebagai manisan yang segar, kulit buah jerpaya juga bisa kamu andalkan untuk mengobati sariawan dan panas dalam.

Nah, guys gimana unik dan kaya manfaatkan si buah jerpaya ini. Yup, itulah dia sekilas pembahasan mengenai buah jerpaya, buah unik dari Indonesia yang kaya akan manfaat baik untuk tubuh. Sekian yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih banyak atas waktu luangnya untuk berkunjung dan menyimak pembahasan ini sampai akhir. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar