Selasa, 09 April 2019

Kesemek, Buah Unik Bertabur Bedak Yang Kaya Manfaat

Kesemek, Buah Unik Bertabur Bedak Yang Kaya Manfaat - Siapa yang tak mengenal buah unik yang satu ini??? Kenapa unik, karena buah yang satu ini sering kita temui dengan taburan warna putih seperti menggunakan bedak, tapi bukan bedak sungguhan ya guys. Taburan putih tersebut merupakan sisa-sisa kapur yang digunakan dalam proses pemasakan buah kesemek agar cepat matang. Nah, disamping keunikannya tersebut, buah kesemek ini ternyata menyimpan segudang manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya??? OK yuk, langsung aja simak pembahasan lengkapnya berikut ini!!!
Kesemek, Buah Unik Bertabur Bedak Yang Kaya Manfaat
Buah kesemek dikenal sebagai jenis buah yang masuk ke dalam marga Diospyros. Buah berwarna orange kecoklatan ini juga memiliki nama ilmiah Diospyros kaki dan cukup populer serta banyak dibudidayakan di daerah Jepang. Buah kesemek ini bisa kamu nikmati dalam keadaan segar, kering atau dimasak. Untuk bisa mendapatkan rasa yang manis dan lembut, kamu harus membiarkan buah kesemek benar-benar matang sebelum dikonsumsi.

Nah, uniknya ada cara khusus yang biasa digunakan untuk membuat buah kesemek ini cepat matang. Cara tersebut yaitu dengan menaburkan kapur pada buah tersebut dan membiarkannya selama beberapa hari. Dari yang diketahui taburan kapur tersebut dapat membuat buah kesemek cepat matang dengan rasa yang manis dan lembut.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Penting Dalam Buah Kesemek

Di samping keunikannya tersebut, buah kesemek juga diketahui mengandung sejumlah nutrisi dan mineral penting seperti fosfor dan kalsium, serta banyak mengandung vitamin termasuk vitamin A dan C. Nah, dalam 100 gram buah kesemek mengandung beberapa gizi dan nutrisi seperti :

Jenis Gizi/NutrisiNilai GiziPersentase RDA
Energi70 Kkal3,5%
Karbohidrat18,59 g14%
Protein0,58 g1%
Lemak total0.19g1%
Kolesterol0 g0%
Serat makanan3,6 g9,5%
Vitamin
Kolin7,6 mg1,5%
Folat8 mcg2%
Niasin0.100 mg1%
Piridoksin0.100 mg7,5%
Riboflavin0,020 mg1,5%
Thiamin0,030 mg2,5%
Vitamin A81 IU12,5%
Vitamin C7,5 mg3%
Vitamin E0,73 mg5%
Vitamin K2,6 mcg2%
Elektrolit
Sodium1 mg0%
Kalium161 mg2,5%
Mineral
Kalsium8 mg0,8%
Tembaga0.113 mg12,5%
Zat Besi0,15 mg2%
Magnesium9 mg2%
Mangan0,355 mg15%
Fosfor17 mg4,5%
Seng0,11 mg1%
Nutrisi Nabati
Karoten-a0 mcg-
Carotene-ß253 mcg-
Crypto-xanthin-ß1447 mcg-
Lutein-zeaxanthin834 mcg-
Likopen159 mcg-

(Sumber : USDA National Nutrient Data Base)

Manfaat dan Kegunaan Buah Kesemek Bagi Kesehatan Tubuh

Dengan banyaknya kandungan gizi dan nutrisi tersebut, tak mengherankan juga jika buah kesemek ini memiliki begitu banyak manfaat baik untuk kesehatan. Adapun sejumlah manfaat yang dimilikinya tersebut di antaranya yaitu :

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Seperti yang telah kalian ketahui sendiri bahwa buah kesemek ini hanya memiliki lemak total sebesar 0.19 gram dalam 100 gramnya, itu berarti bahwa buah ini hampir tidak mengandung lemak didalamnya. Nah, oleh sebab itu, mengapa buah yang satu ini dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Selain itu, buah ini juga dapat dijadikan sebagai cemilan sehat yang tidak membuat gemuk.

  • Sebagai Anti-inflamasi

Buah kesemek juga diketahui mengandung Phytochemicals yang berfungsi sebagai agen anti-inflamasi dan anti-infeksi yang sangat baik. Di mana dengan kandungan tersebut buah kesemek ini memiliki kemampuan dalam mencegah inflamasi dan juga infeksi berbahaya.

  • Mengobati Wasir atau Ambeien

Nah, buah kesemek juga diketahui sebagai jenis buah yang memiliki sifat anti-hemoragik yang mampu mengatasi penyakit ambeien atau wasir. Sehingga tidak heran jika buah orange yang satu ini juga sering digunakan sebagai alternatif herbal untuk mengendalikan pendarahan yang berlebihan dari luka sejak dahulu kala.

  • Baik Untuk Sistem Pencernaan

Serat yang terkandung dalam buah kesemek diketahui sangatlah tinggi. Nah, seperti yang telah diketahui bahwa makanan yang mengandung serat tinggi sangatlah baik untuk sistem pencernaan.

Buah kesemek sendiri mengandung serat sebanyak 3.6 gram disetiap 100 gramnya. Sehingga dengan mengkonsumsi buah kesemek secara teratur dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan. Selain itu, buah orange yang satu ini juga mengandung tannin yang mampu mengatasi diare. Oleh sebab itu, buah yang satu ini juga dikenal sangat baik dikonsumsi bagi kamu yang memiliki masalah dengan sistem pencernaan.

  • Baik Untuk Penderita Diabetes

Dari yang diketahui penderita diabetes seringkali merasa cepat lapar. Nah, buah kesemek ini bisa menjadi solusi yang tepat untuk dijadikan sebagai kudapan bagi penderita diabetes. Pasalnya buah kesemek sendiri mengandung banyak serat yang bisa membuat perut merasa kenyang lebih lama. Di samping itu, kandungan dalam buah kesemek juga dipercaya dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Sehingga hal ini bisa membantu penderita diabetes dalam mengontrol kadar gula darah nya.

♦️ Baca Juga : Obat Diabetes Herbal

  • Bagus Untuk Hipertensi

Tingginya kandungan sodium dalam makanan menjadi salah satu pemicu munculnya hipertensi atau tekanan darah tinggi. Nah, buah kesemek sendiri hanya mengandung 1 mg atau 0% sodium di dalamnya. Sehingga buah kesemek ini bisa menjadi kudapan yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

♦️ Baca Juga : Obat Hipertensi Herbal

  • Membantu Menjaga Sistem Imun Tubuh

Seperti yang telah kita ketahui sendiri bahwa vitamin C yang terkandung dalam buah kesemek sangatlah tinggi yakni sekitar 7.5 mg. Nah, jika dikonsumsi secara teratur, maka kandungan dari buah kesemek tersebut akan dapat membantu untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan begitu, buah ini juga bertindak sebagai perisai terhadap flu, infeksi paru-paru, dan asma.

  • Membantu Melawan Kanker

Buah kesemek juga mengadung antioksidan yang tinggi, di mana dengan kandungannya tersebut, buah kesemek juga dipercaya mampu membantu menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel dan memicu penyakit kanker. Tidak hanya itu, buah ini juga mampu melawan penyakit kanker karena memiliki banyak kandungan vitamin A.

♦️ Baca Juga : Obat Kanker Herbal

  • Meningkatkan dan Memperbaiki Penglihatan

Pasalnya kandungan buah kesemek ini mengandung banyak vitamin A yakni sekitar 81 IU per 100 gram nya. Nah, hal ini menjadi kabar baik bagi kamu yang memiliki gangguan penglihatan. Dengan kandungannya tersebut, buah kesemek ini dipercaya mampu membantu meningkatkan dan memperbaiki penglihatan yang bermasalah. Di samping itu, dengan kandungannya tersebut pula buah kesemek juga dipercaya mampu mencegah dan melindungi mata dari serangan penyakit mata yang umum terjadi.

  • Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Manfaat buah kesemek yang satu ini akan sangat bermanfaat bagi penderita anemia. Pasalnya anemia sendiri dikenal sebagai kondisi dimana kurangnya sel darah merah dalam tubuh. Nah, buah kesemek sendiri mengandung vitamin C yang sangat tinggi dan juga zat besi. Vitamin C sendiri akan membantu tubuh dalam proses penyerapan zat besi yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga pada gilirannya dapat membantu dalam produksi sel darah merah dan membantu mengatasi masalah anemia dengan efektif.

♦️ Baca Juga : Obat Anemia Herbal

  • Menjaga Fungsi Hati

Antioksidan yang terkandung dalam buah kesemek diketahui sangatlah tinggi. Di mana dengan zat antioksidannya tersebut buah kesemek mampu membantu menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Selain itu, zat antioksidan juga bisa membantu mengurangi efek bahan beracun dan mencegah kerusakan sel. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi buah kesemek secara teratur bisa membantu menjaga dan menyehatkan hati kamu.

  • Meningkatkan Stamina dan Energi

Mengkonsumsi segelas jus kesemek juga bisa membantu meningkatkan stamina dan juga energi kamu untuk melakukan aktivitas keseharian kamu. Hal tersebut juga merupakan pilihan yang tepat agar terhindar dari stres dan juga kelelahan.

  • Mencegah Penyakit Menular

Buah kesemek juga diketahui sebagai sumber fitokimia, antioksidan, polifenol dan katekin. Di mana sejumlah zat tersebut memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga dapat membantu melindungi tubuh dari serangan penyakit menular.

  • Mencegah Penuaan Dini

Kandungan vitamin C dan antioksidan yang sangat tinggi dalam buah kesemek juga bisa membnatu kamu terhindar dari proses penuaan dini. Di samping itu, dengan kandungan tersebut pula, kesemek juga diyakini dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit, menjaga kulit tetap halus, lembut dan bercahaya. Bahkan vitamin C dalam buah kesemek juga bisa membantu menghasilkan kolagen. Nah, kolagen sendiri sangat penting untuk kesehatan kulit, dengan kolagen tersebut, keindahan kulit agar senantiasa kencang dan elasti serta kenyal dapat terjaga.

  • Mengurangi Retensi Air

Kandungan yang dimiliki buah kesemek juga diketahui memiliki efek diuretik, sehingga bisa bermanfaat untuk menghentikan retensi air sekaligus meningkatkan jumlah urin yang keluar melalui ginjal. Selain itu, kalium yang dimiliki buah kesemak juga dapat membantu memastikan tidak ada mineral penting yang hilang saat buang air kecil.

  • Sebagai Obat Alami Untuk Cegukan

Cegukan sendiri merupakan kontraksi yang tidak sengaja terjadi pada diafragma dan biasanya muncul secara tiba-tiba dan berulang. Nah, dari yang diketahui praktisi medis China meyakini bahwa buah kesemek dapat mengatasi masalah cegukan.

Sumber referensi : https://www.honestdocs.id/manfaat-buah-kesemek

Giman guys, banyak kan manfaat dari buah orange bernama kesemek ini. Untuk bisa mendapatkan semua manfaatnya tersebut, kamu bisa mengkonsumsi buah kesemek secara rutin sebagai makan segar atau camilan harian kamu.

OK guys, sekianlan informasi mengenai kesemek, buah unik bertabur bedak kaya manfaat yang dapat saya sampaikan. Sekian dari saya, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih banyak atas waktunya untuk menyempatkan berkunjung dan menyimak ulasan ini sampai akhir. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar