Selasa, 09 April 2019

9 Bahan Alami Ini Bantu Atasi Rambut Kering dan Bercabang Lho!!!

9 Bahan Alami Ini Bantu Atasi Rambut Kering dan Bercabang Lho!!! - Ada banyak masalah rambut yang sering menghantui sejumlah orang terutama kaum wanita. Nah, salah satunya adalah rambut yang kering dan juga bercabang. Pasalnya memiliki rambut yang panjang dan lebat namun kering dan bercabang dianggap sangat tidak menarik. Yup, pasalnya rambut yang kering dan juga bercabang seringkali membuat tampilan rambut menjadi lebih tidak menarik. Kamu ingin mengatasinya, nah sejumlah bahan berikut ini diketahui bisa menjadi solusi terbaik untuk mengatasi masalah rambut kamu tersebut. OK untuk lebih jelasnya kamu bisa simak ulasan lengkapnya berikut ini!!!
9 Bahan Alami Ini Bantu Atasi Rambut Kering dan Bercabang Lho!!!
Rambut kering atau bercabang diketahui sebagai salah satu tanda bahwa rambut kamu sedang mengalami kerusakan. Kamu gak mau kan kalau rambut panjang dan lebat kamu tersebut yang sudah rusak menjadi tambah rusak. Ada banyak faktor yang bisa membuat rambut kamu kering dan bercabang seperti kurangnya nutrisi pada rambut, sering gonta ganti gaya rambut, sering menggunakan hairspray, penggunaan pewarna rambut dan lain sebagainya. Nah untuk kamu yang ingin mengatasi permasalahan rambut kering dan bercabang, sebelum melakukan perawatan alami, ada baiknya kamu hindari terlebih dahulu faktor-faktor yang membuat rambut kamu kering. Setelah itu, kamu bisa mencoba perawatan rambut kering dan bercabang secara alami. Dan berikut ini adalah beberapa formula alami yang bisa kamu gunakan untuk membuat rambut kamu kembali sehat, indah dan berkilau dan terbebas dari masalah rambut kering dan bercabang, di antaranya yaitu :

  • Telur

Telur sendiri dikenal kaya akan protein dan asam lemak yang baik untuk kesehatan tubuh. Nah, salah satu manfaatnya tersebut juga berlaku untuk kesehatan rambut juga lho. Rambut sendiri terdiri dari 70% protein keratin, jadi protein yang terdapat pada telur bisa membantu membentuk kembali helaian rambut yang telah rusak. Protein juga mengisi bagian pada rambut yang rapuh. Kelebihan lainnya adalah membuat rambut kamu menjadi halus, tidak kusut dan tahan dari kerusakan.

Cara mengaplikasikannya pun sangatlah mudah kok sobat. Berikut adalah langkah yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah rambut bercabang dan kering kamu secara alami, :

♦️ Kocok kuning telur dan campurkan 2-3 sendok makan minyak zaitun dan satu sendok teh madu.
♦️ Aplikasikan campuran tersebut pada rambut yang basah.
♦️ Diamkan kira-kira selama 30 menit dan bilas. Lalu gunakan shampo untuk menghilangkan baunya.

Cara Lainnya :

♦️ Kocok kuning telur dengan satu sendok minyak almond.
♦️ Oleskan pada rambut yang basah.
♦️ Tunggu sekitar 20-30 menit, lalu bilas dan cuci dengan shampo.

  • Minyak Zaitun

Tidak hanya bagus untuk kesehatan kulit, kandungan pada minyak zaitun juga dikenal memiliki manfaat yang sangat bagus untuk rambut. Di mana minyak zaitun ini memiliki banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Nah, nutrisi tersebut juga dikenal dapat membantu memberikan nutrisi terbaik yang dibutuhkan rambut agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan rambut. Adapun cara yang bisa kamu lakukan untuk memanfaatkan minyak zaitun sebagai ramuan untuk mengatasi rambut kering dan bercabang yang kamu miliki yaitu dengan mengoleskan minyak zaitun ini pada rambut kamu yang telah dikeramas dan dalam keadaan setengah basah secara merata. Kamu juga bisa sedikit memijatnya pada bagin kulit kepala dan diamakan selama kurang lebih 1 jam, lalu cuci sampai bersih.

  • Minyak Kelapa

Selain minyak zaitun kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa sebagai alterantif herbal nan alami untuk mengatasi masalah rambut kering dan bercabang yang kamu miliki. Caranya pun sama dengan penggunaan minyak zaitun yaitu dengan membiarkan rambut kamu setengah basah setelah keramas dan oleskan minyak kelapa pada rambut kamu sampai merata. Kamu juga bisa sambil memijat bagian kulit kepala kamu, setelah itu diamakan kurang lebih 1 jam, kemudian cuci sampai bersih.

  • Minyak Almond

Tak ada minyak zaitun, minyak almond pun bisa jadi. Yup, selain minyak zaitun atau minyak kelapa, kamu juga bisa menggunakan minyak almond untuk mengatasi masalah rambut kering dan bercabang kamu. Caranya pun sama dengan menggunakan minyak zaitun dan minyak kelapa, yaitu dengan mengoleskan minyak almond secara merata pada rambut yang setengah basah setelah keramas, beri sedikit pijatan pada bagian kulit kepala kamu. Biarkan sekitar 1 jam, kemudian cuci rambut kamu sampai bersih.

  • Lidah Buaya

Kalian juga mungkin sudah tahu, bahwa lidah buaya ini memiliki banyak kandungan yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Yup, salah satu manfaatnya tersebut juga sangat baik untuk kesehatan rambut kamu lho. Di mana kandungan pada lidah buaya juga dipercaya memiliki kemampuan untuk memperbaiki rambut yang rusak seperti kering dan bercabang. Untuk memanfaatkan tanaman yang satu ini sebagai alternatif herbal nan alami untuk masalah rambut kering dan bercabang juga sangatlah mudah.

Seperti biasa, kamu perlu mencuci terlebih dahulu rambut kamu sampai bersih dan biarkan setengah basah, kemudian oleskan jel lidah buaya pada rambut kamu sampai merata. Kamu juga bisa memberikan sedikit pijatan pada bagian kulit kepala kamu. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu cuci rambut kamu sampai bersih.

  • Masker Madu

Madu sendiri telah dikenal luas sebagai bahan organik yang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Yup, kamu juga bisa menggunakan madu sebagai solusi rambut kering dan bercabang kamu. Nah, cara perawatan rambut dengan menggunakan madu juga diketahui cukup sederhana.

Kamu bisa menjadikan ramuan yang terdiri dari 2 sendok madu, 2 sendok yogurt dan perasan 1 buah lemon ukuran kecil sebagai masker rambut kamu untuk mengatasi rambut yang kering dan bercabang. Sama seperti penggunaan lidah buaya, kamu juga perlu keramas terlebih dahulu dan membiarkan rambut kamu setengah basah. Kemudian, oleskan ramuan madu tersebut hingga merata pada seluruh rambut kamu sambil memijat bagian kulit kepala kamu. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian cuci bersih sampai bersih.

  • Alpukat

Selain sejumlah bahan di atas, kamu juga memanfaatkan beberapa jenis buah, salah satunya adalah alpukat. Alpukat sendiri merupakan salah satu jenis buah yang memiliki banyak kandunga penting dan juga bermanfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Di dalam buah alpukat terkandung sejumlah kandungan gizi dan nutrisi seperti protein, asam lemak, asam folat, magnesium, vitamin A, D dan E. Nah, sejumlah kandungan tersebut diketahui sangatlah lengkap untuk kesehatan rambut. Nutrisi tersebut bisa membuat rambut menjadi lembab serta menstimulasi pertumbuhan rambut. Menggunakan kondisioner dari alpukan bisa membuat rambut kamu menjadi halus. Adapun cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah rambut kering dan bercabang kamu denga menggunakan alpukat yaitu seperti berikut ini :

♦️ Tumbuk satu alpukat dan campur dengan satu sendik makan minyak zaitun, minyak kelapa sampai konsistensi adonan tersebut kental atau creamy.
♦️ Aplikasikan pada rambut, namun hindari daerah akar rambut.
♦️ Biarkan selama paling sedikit 30 menit.
♦️ Bilas dan cuci dengan shampo.
♦️ Lakukan perawatan ini seminggu sekali atau dua sampai tiga kali sebulan.

  • Pisang

Nah, selain buah alpukan, kamu juga bisa memanfaatkan buah pisang sebagai solusi untuk mengatasi rambut kering dan bercabang yang kamu miliki. Pasalnya pisang sendiri merupakan jenis buah yang mudah ditemukan dan banyak mengandung gizi serta nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan dan juga kecantikan. Nah, salah satu manfaatnya tersebut juga berlaku untuk kesehatan rambut.

Kandungan seperti kalium, zinc, zat besi, vitamin A, C dan E yang dimiliki buah pisang diketahui mampu membantu mengembalikan elastisitas rambut dan meminimalisir kerusakan seperti rambut kering dan juga bercabang. Selain itu, pisang juga mampu membuat rambut kamu menjadi halus dan juga lembab. Adapun cara yang bisa kamu lakukan untuk memanfaatkan buah pisang sebagai masker rambut kamu yaitu :

♦️ Potong-potong pisan yang sudah matang.
♦️ Tambahkan 2 sendik makan yogurt tawar dan sari lemon.
♦️ Kombinasikan bahan-bahan dengan belender.
♦️ Aplikasikan masker rambut pisang yang telah kamu buah pada rambut kamu.
♦️ Diamkan selama satu jam, lalu cuci bersih.
♦️ Ulangi satu sampai dua kali dalam seminggu.

  • Pepaya

Jenis buah yang bisa kamu gunakan sebagai solusi untuk mengatasi masalah rambut kering dan bercabang lainnya adalah pepaya. Yup, pepaya diketahui memiliki kandungan protein yang sangat baik untuk kesehatan rambut. Di mana kandungan protein pada buah pepaya juga bisa membantu menyuburkan rambut, mengatasi dan mencegah rambut kering serta bercabang. Tidak hanya itu, buah pepaya juga bisa mengembalikan kelembutan dan kilau rambut, sama dengan bahan-bahan sebelumnya. Kamu bisa melakukan beberapa langkah berikut ini untuk membuat masker rambut pepaya, di antaranya yaitu :

♦️ Hancurkan pepaya yang sudah dikupas kulitnya dan dihilangkan bijinya dengan ditambahkan satu setengah gelas cangkir yogurt tawar sampai terasa lembut.
♦️ Aplikasikan pada rambut dan tinggalkan selama 30 menit, lalu cuci dan bilas.
♦️ Lakukanlah rutinitas ini selama seminggu sekali paling tidak 2-3 kali dalam sebulan selama beberapa bulan, agar terhindar dari rambut kering dan bercabang.

Sumber referensi : https://hellosehat.com/hidup-sehat/kecantikan/bahan-alami-untuk-rambut-bercabang/ dan https://parasayu.net/7-perawatan-rambut-kering-dan-bercabang-secara-alami/

Ok guys, itulah dia sejumlah bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah rambut kering dan bercabang kamu secara alami. Sekian yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih banyak atas kunjungannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar