Selasa, 09 April 2019

Biji Mahoni, Pahit Rasanya, Kaya Manfaatnya

Biji Mahoni, Pahit Rasanya, Kaya Manfaatnya - Mungkin bagi kalian yang tinggal di Indonesia tidak asing lagi dengan biji mahoni. Yup, biji yang dihasilkan dari pohon mahogani ini dikenal sebagai jenis biji yang bercita rasa pahit namun memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya??? Ok, bagi kamu yang penasaranan, yuk langsung saja simak pembahasannya berikut ini!!!

Pohon mahogani atau mahoni sendiri dikenal sebagai salah satu jenis pohon besar yang banyak tumbuh di Indonesia. Kayu dari pohon mahoni sendiri banyak digunakan sebagai bahan baku untuk proses pembuatan berbagai jenis furniture yang sangat bagus dan kuat. Bahkan jika telah diolah menjadi furniture, harga furniture tersebut bisa sangat tinggi lho. Hal ini dikarenakan kayu dari pohon mahono memiliki tektur yang sangat keras dan kuat serta awet. Nah, sama seperti tumbuhan lainnya, pohon mahoni juga memiliki bunga, buah dan juga biji untuk dikembang biakan. Yang tak kalah menariknya lagi, ternyata biji dari pohon mahoni ini memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh lho.
Biji Mahoni, Pahit Rasanya, Kaya Manfaatnya
Yup, dari yang diketahui di hampir semua negara di mana pohon mahoni tumbuh, biji dari pohon mahoni biasanya digunakan sebagai obat herbal yang dapat membantu memperbaiki sirkulasi darah, mengobati diabetes, dan menyembuhkan impotensi. Walau bukti ilmiah yang menegaskan manfaatnya sebagai obat herbal masih lemak, namun telah banyak orang yang mengaku sudah merasakan khasiat dari biji mahoni ini.

Kandungan Biji Mahoni Yang Bermanfaat Baik Untuk Tubuh

Dari yang diketahui setidaknya ada 3 kandungan aktif yang dimiliki biji mahoni yang dikenal memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan di antaranya yaitu :

  • Flavonoid

Flavonoid sendiri dikenal sebagai senyawa fenolik yang banyak mengandung pigmen tumbuhan. Nah, senyawa ini diketahui sangat bermanfaat bagi manusia, terlebih lagi karena senyawa yang satu ini merupakan antioksidan yang bisa membasmi radikal bebas dan racun serta memperbaiki sistem imun tubuh. Sifat antioksidan yang ada di dalam kandungan flavonodi menciptakan khasiat biji mahoni yang efektif untuk melawan berbagai penyakit, seperti penumpukan LDL, tekanan darah tinggi dan masalah jantung.

Adapun sejumlah fakta menarik dari flavonid yang dikenal baik untuk kesehatan tubuh ini, di antaranya yaitu :

♦️ Flavonoid merupakan senyawa yang dapat memperlancar peredaran darah, memantu meningkatkan sistem kardiovaskular, membersihkan pembuluh darah dari penyumbatan oleh kolesterol dan mencegah arteriosklerosis.
♦️ Senyawa flavonoid memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mencegah peradangan jaringan.
♦️ Senyawa flavonoid mampu bertindak sebagai obat penghilang rasa sakit saat terjadi cedera ringan.

  • Saponin

Biji mahoni juga memiliki senyawa yang dikenal sebagai saponin. Senyawa ini merupakan glukosida yang membentuk busa sabun saat dicampur dengan air. Selain itu, saponin juga memiliki sifat hipoglikemik jika dijadikan panganan.

Kandungan saponin dalam biji mahoni membuatnya menjadi obat herbal yang ampuh bagi penderita diabetes mellitus. Walau saponin adalah sabun, namun senyawa ini tidak meracuni hewan berdarah panas saat tertelan, termasuk manusia.

Berdasarakan hasil studi yang telah dilakukan oleh Smith et al dari Ekiti State University, Nigeria dan diterbitkan dalam Journal of Drug Delivery & Therapeutics, mengungkapkan bahwa efek hipoglikemik dari saponin bahkan lebih kuat dari pada obat antidiabetes generik, terutama metformin. Oleh karena itu kita bisa menyimpulkan salah satu khasiat biji mahoni yang terbukti adalah sebagai obat diabetes alami untuk mempertahankan kadar gula dalam darah tetap normal.

Selain membantu melawan diabetes, khasiat lain dari biji mahoni di antaranya yaitu :

♦️ Mengurangi lemak darah dan mencegah obesitas.
♦️ Meningkatkan ketahanan tubuh dan memperkuat fisik.
♦️ Mencegah agregasi trombosit darah untuk menghindari penggumpalan darah.
♦️ Mengobati berbagai masalah kesehatan yang disebabkan oleh alergi terutama asma.
♦️ Mengobati disfungsi ereksi, terutama yang berkaitan dengan diabetes.
♦️ Mencegah pembekuan darah dan insomnia.

  • Alkaloid

Kandungan ketiga yang dimiliki biji mahoni adalah alkaloid. Senyawa alkaloid sendiri dikenal sebagai jenis senyawa yang mampu mendetoks tubuh dan mencegah oksidasi dan efek merusak dari sifat asam. Secara umum telah diketahui bahwa kebanyakan penyakit terjadi karena tingkat pH tubuh terlalu rendah atau asam. Segala sesuatu yang mencemari tubuh termasuk racun dan radikal bebas bersifat asam. Nah, kandungan alkaloid inilah yang bisa membantu mendetoks semua zat yang bersifat asam tersebut dengan efektif.

Dari yang diketahui mengkonsumsi biji buah mahoni secara teratur dapat membuat tubuh lebih kebal terhadap kanker, ditambah pula sistem imun tubuh akan meningkat secara signifikan.

Khasiat dan Manfaat Dari Biji Mahoni Untuk Kesehatan

Adapun sejumlah manfaat yang dimiliki biji mahoni yang dikenal sangat baik untuk kesehatan di antaranya yaitu :

  • Menyehatkan Jantung

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa biji mahoni ini memiliki senyawa bernama flavonoid yang berfungsi untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah. Nah, flavonoid dari biji mahoni diketahui akan langsung membantu meningkatkan sirkulasi, sedangkan saponinnya baik untuk kesehatan jantung. Kombinasi antara dua senyawa dari biji mahoni ini bisa membuat pengobatan alami yang baik untuk mendorong kesehatan jantung dan sirkulasi darah yang lebih baik.

  • Mengontrol Gula Darah

Manfaat baik lainnya yang dimiliki biji mahoni adalah kemampuannya yang dapat membantu mengatur gula darah. Bagi penderita diabetes, mengkonsumsi 1/2 sendok teh biji mahoni bubuk, dengan air hangat sebelum makan dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Nah,kemampuannya tersebut tak lain karena peranan saponin yang terkandung di dalamnya. Senyawa saponing yang terkandung dalam mahoni akan langsung bertanggung jawab untuk membantu mengeluarkan gula darah yang berlebih.

  • Mengatasi Sembelit

Kandungan yang terkandung dalam biji mahoni juga diketahui bisa membantu mengatasi masalah pencernaan salah satunya adalah sembelit. Nah, kamu bisa meminum ramuan herbal yang terdiri dari bubuk biji mahoni yang dicampur dengan air hangat untuk meredakan sembelit yang dialami.

  • Nyeri Haid

Manfaat lain dari biji mahoni yaitu membantu mengatasi nyeri haid. Dari yang diketahui dengan mengkonsumsi biji mahoni di awal siklus haid, kandungan yang ada pada biji mahoni bisa membantu mengurangi rasa sakit yang biasa ditimbulkan akibat datang bulan atau haid.

  • Meningkatkan Nafsu Makan

Biji mahoni juga diketahui bisa menjadi solusi yang baik untuk membantu meningkatkan nafsu makan. Kamu hanya perlu mengkonsumsi 1 biji mahoni setiap hari, sampai mendapatkan kembali nafsu makan kamu lagi.

  • Menyembuhkan Demam dan Pilek

Tidak hanya dapat meningkatkan nafsu makan, kandungan yang dimiliki biji mahoni juga diketahui dapat membantu mengobati demam dan juga pilek dengan efektif. Kamu bisa memanfaatkan 1/2 sendok teh bubuk biji mahoni dan campurkan dengan air panas 1/4 gelas beserta satu sendok makan madu. Minum selagi masih hangat, dan lakukanlah pengobatan ini sebanyak 2-3 kali sehari.

  • Mengurangi Nyeri Akibat Rematik

Ramatik sendiri dikenal sebagai penyakit yang menimbulkan nyeri yang cukup mengganggu. Nah, bagi kamu yang ingin mengatasi masalah nyeri yang disebabkan oleh rematik, kamu juga bisa memanfaatkan biji mahoni sebagai penawarnya. Kandungan pada biji mahoni diketahui mampu meredakan nyeri dan juga peradangan yang terjadi akibat penyakit rematik yang menyerang. Kamu bisa mencampurkan bubuk biji mahoni dengan air hangat, yang kemudian kamu minum untuk meredakan nyeri rematik yang mengganggu tersebut.

  • Mencegah Penuaan Dini

Antioksidan yang terkandung dalam biji mahoni dikenal sebagai penangkal radikal bebas yang sangat efektif. Nah, dengan kemampuannya tersebut, biji mahoni juga diyakini memiliki kemampuan untuk mencegah terjadinya penuaan dini. Hal ini dikarenakan, radikan bebas sendiri dikenal sebagai zat berbahaya yang menjadi salah satu pemicu terjadinya penuaan dini. Sehingga tidak heran jika biji mahoni juga bisa dimanfaatkan sebagai herbal untuk kecantikan.

  • Mengurangi Stres

Saat peredarah darah di dalam tubuh tidak lancar, maka tubuh akan mudah lelah dan stres, bahkan meski aktivitas tidak begitu padat sekalipun. Hal seperti ini dapat dicegah dengan mengkonsumsi biji buah mahoni, sehingga peredaran darah bisa berjalan dengan lancar, dan metabolisme tubuh dapat berjalan dengan baik sepanjang waktu.

Nah, walau dikenal memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh, namun terlalu banyak mengkonsumsi biji mahoni juga diketahui tidak lah baik. Hal ini dikarenakan biji mahoni ini mengandung senyawa flavonoid dan saponin yang tinggi. Nah, jika dalam tubuh kelebihan zat tersebut, maka sejumlah efek samping bisa saja ditimbulkan dan bahkan dapat berdampak negatik untuk kesehatan tubuh kamu. Jadi, dengan kata lain untuk menghindari efek samping yang ditimbulkan akibat zat tersebut, sebaiknya konsumsilah biji mahoni sewajarnya dan tidak berlebihan. Guna manfaat dari biji mahoni bisa bekerja dengan baik.

OK guys, itulah dia sejumlah manfaat dari biji mahoni yang bisa disampaikan, sebenarnya masih banyak manfaat dari biji mahoni ini. Namun cukup sekian yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih banyak atas kunjungannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar