Rabu, 10 April 2019

Bunga Kenop, Si Cantik Berwarna Ungu Yang Kaya Manfaat

Bunga Kenop, Si Cantik Berwarna Ungu Yang Kaya Manfaat - Kalian mungkin pernah melihat bunga dengan warna ungun berbentuk bulat seperti kancing. Yup, itulah bunga kenop, pasalnya bunga kenop ini dikenal sebagai tanaman liar yang bisa tumbuh di pekarangan rumah atau daerah persawahaan. Namun, karena memiliki bentuk dan warna yang cantik, tak sedikit orang juga menjadikan tanaman yang satu ini sebagai tanaman hias. Eits, namun yang lebih menariknya, selain bisa dijadikan untuk mempercantikan pekarangan rumah, ternyata bunga kenop juga bisa kita gunakan sebagai obat herbal lho. Yup, hal ini dikarenakan bunga yang satu ini diketahui memiliki efek farmakologis yang sangat baik untuk mengatasi sejumlah penyakit. Penasaran apa saja manfaatnya baiknya tersebut??? Ok yuk, langsung aja simak ulasan lengkapnya berikut ini!!!
Bunga Kenop, Si Cantik Berwarna Ungu Yang Kaya Manfaat
Bunga kenop atau juga dikenal dengan nama bunga kancing ini memiliki nama ilmiah Gomphrena Globosa L dan merupakan jenis tanaman liar yang bisa tumbuh dengan mudah di mana saja. Namun, akhir-akhir ini, bunga kenop juga sering dijadikan sebagai tanaman hias untuk mempercantik pekarangan rumah. Yup, hal ini dikarenakan bunga kenop ini memiliki bentuk dan warna yang sangat cantik sehingga cocok untuk dijadikan hiasan rumah.

Nah, tidak hanya berfungsi sebagai tanaman hias saja, ternyata bunga kenop juga bisa kamu manfaatkan sebagai obat herbal untuk mengatasi sejumlah penyakit. Manfaatnya tersebut tak terlepas dari sejumlah kandungan yang dimiliki bunga kenop. Dari hasil penelitian menemukan ada sejumlah senyawa pada bunga kenop yang dapat berkontribusi dalam membantu memproses penyembuhan penyakit. Sejumlah senyawa tersebut di antaranya yaitu Gomphrenin 1, 2, 3, 5, 6 dan amarathin, serta kandungan minyak atsiri, flavonoid, saponin, yang bisa bekerja sebagai peluruh dahak.

Kandungan senyawa yang dimiliki bunga kenop diketahui memiliki efek farmakologis seperti antitusif, laksatif, dan anti-asthmatic. Selain itu, bunga kenop juga diketahui memiliki sifat netral dan rasa yang manis.

Manfaat Bunga Kenop Bagi Kesehatan

Adapun sejumlah manfaat yang dimiliki bunga kenop yang diketahui sangat baik untuk kesehatan tubuh, di antaranya yaitu :

  • Melancarkan Saluran Kemih

Dari yang diketahui kandungan alami yang dimiliki bunga kenop memiliki efek yang sangat baik untuk kesehatan saluran kemih. Di mana kandungan pada bunga kenop memiliki manfaat untuk membantu membuat saluran kemih menjadi bersih tanpa kotoran, sehingga dengan begitu tidak akan mengganggu kesehatan kemih.

  • Menyembuhkan Luka Pada Kulit

Bagi kamu yang memiliki luka pada kulit yang sulit disembuhkan, bunga kenop bisa menjadi salah satu solusi yang bisa kamu gunakan untuk menyembuhkan luka dengan cepat. Pasalnya kandungan yang dimiliki bunga kenop memiliki kemampuan yang dapat membantu mempercepat pengeringan luka. Sehingga dengan begitu luka pun bisa cepat sembuh.

  • Mencegah Penyakit Bronkitis

Kandungan pada bunga kenop juga diketahui memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan pernapasan. Di mana kandungan yang dimiliki bunga kenop diketahui memiliki manfaat yang dapat membantu mencegah penyakit yang menyerang kesehatan pernapasan, terutama bronkitis. Kandungan yang ada pada bunga cantik ini akan membantu menyehatkan organ paru-paru kamu dan melincunginya dari gejala bronkitis.

  • Meredakan Gejala Asma

Bunga kenop juga diketahui memiliki manfaat yang sangat baik untuk penderita asma. Dari yang diketahui kandungan pada bunga kenop akan dapat membantu meringankan gejala asma saat kambuh. Selain itu, kandungan dari bunga kenop juga diketahui dapat membuat pernapasan menjadi lebih mudah untuk diatur.

  • Mencegah Penyakit Disentri

Manfaat bunga kenop lainnya yaitu dapat membantu mencegah penyakit disentri. Kandungan bermanfaat dari bunga kenop diketahui akan membnatu melindungi kesehatan usus dan membuatnya terhindar dari serangan disentri.

  • Mengatasi Radang Pada Tubuh

Bunga kenop juga diketahui memiliki sifat anti-inflamasi. Nah, dengan sifatnya tersebut bunga kenop juga dipercaya memiliki kemampuan untuk membantu menyembuhkan sejumlah gejala radang yang terjadi pada tubuh.

  • Obat Kudis dan Koreng

Selain memiliki sifat anti-inflamasi, kandungan yang dimiliki bunga kenop juga diketahui memiliki sifat anti-infeksi yang dapat bekerja untuk mengatasi sejumlah infeksi kulit seperti kudis dan koreng. Kandungan anti-infeksi dari bunga kenop diketahui dapat membuat luka di kulit menjadi tidak mudah terinfeksi dan cepat mengering dalam beberapa hari.

  • Baik Untuk Kesehatan Ginjal

Tidak hanya baik untuk merawat kesehatan saluran kemih, kandungan pada bunga kenop juga diketahui dapat membantu melindungi ginjal dari sejumlah penyakit seperti batu ginjal. Selain itu, bunga kenop juga diketahui dapat membantu kinerja ginjal, sehingga dengan begitu hal ini akan sangat baik untuk kesehatan ginjal.

  • Meredakan Panas Demam

Kandungan yang dimiliki bunga kenop juga dikenal memiliki efek yang sangat baik untuk membantu menurunkan panas demam. Di mana kandungannya tersebut bisa membnatu mengontrol suhu tubuh, sehingga dengan begitu demam dapat diatasi dengan mudah.

OK guys, itulah sejumlah manfaat bunga kenop, si cantik berwarna ungu yang dapat disampaikan. Sekian dari saya, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kamu mengenai manfaat sejumlah tanaman hias yang ada disekitar kita. Terimakasih banyak atas kunjungannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar