Kamis, 11 April 2019

Daun Suruhan, Tanaman Liar Kaya Manfaat

Daun Suruhan, Tanaman Liar Kaya Manfaat - Ada banyak jenis tanaman liar yang tersebar di seluruh dunia ini. Nah, salah satu tanaman yang dikenal sebagai tanaman liar ini adalah daun suruhan. Yup, walau dikenal sebagai tanaman liar, namun siapa sangka, ternyata tanaman yang satu ini memiliki begitu banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Penasaran dengan manfaatnya tersebut. OK, yuk langsung aja simak ulasan lengkapnya berikut ini!!!
Daun Suruhan, Tanaman Liar Kaya Manfaat
Yup, daun suruhan dikenal sebagai jenis tanaman liar yang dapat dengan mudah kita temukan di sawah, pekarangan rumah atau taman dengan tanah yang cukup lembab. Namun, meski dikenal sebagai tanaman liar, daun suruhan juga dikenal sebagai tanaman herbal yang kaya manfaat. Alasan mengapa tanaman suruhan ini dikenal sebagai tanaman herbal ini, dikarenakan tanaman yang satu ini mengandung beberapa jenis senyawa alami yang baik untuk kesehatan.

Adapun sejumlah kandungan yang dimilikinya tersebut adalah senyawa oksalat, alkaloid, minyak atsiri, lemak dan juga tanin. Nah, sejumlah kandungan senyawa tersebut dikenal memiliki manfaat yang baik untuk tubuh.

Nah, adapun beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan memanfaatkan daun suruhan ini sebagai obat tradisional yaitu di antaranya :

  • Anti-inflamasi

Sejumlah kandungan yang terdapat dalam daun suruhan diketahui memiliki sifat sebagai anti-inflamasi. Di mana sifat anti-inflamasinya tersebut mampu membantu menyembuhkan sejumlah peradangan dan mencegahnya menyerang tubuh kembali.

  • Mengatasi Rasa Sakit

Di samping memiliki sifat sebagai anti-inflamasi, minyak atsiri dari daun suruhan juga dapat digunakan sebagai obat untuk meredakan rasa sakit. Salah satu rasa sakit yang dapat diatasi dengan daun suruhan ini yaitu nyeri karena haid.

  • Membunuh Kuman Bakteri

Daun suruhan juga bisa digunakan sebagai obat herbal untuk melindungi tubuh dari serangan bakteri serta kuman sehingga tubuh akan terlindungi dari infeksi serta penyakit menular ringan sampai yang berbahaya. Dari hasil sebuah penelitian yang dilakukan pada daun suruhan ini membuktikan bahwa daun suruhan memiliki kandungan senyawa yang disebut denagn patuloside A dan glikosida xanthone yang memiliki efek sangat kuat dalam melawan bakteri di dalam tubuh.

  • Mengobati Sakit Perut

Kandungan alami dari daun suruhan juga diketahui memiliki manfaat yang sangat baik untuk mengatasi masalah sakit perut seperti perut melilit atau kram. Bahkan kandungan tersebut juga dapat membantu membunuh bakteri penyebab sakit perut tersebut.

♦️ Baca juga : Obat Sakit Perut Herbal

  • Mengobati Sakit Kepala

Tidak hanya bekerja untuk mengatasi sakit perut, kandungan dari daun suruhan juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk meredakan sakit kepala seperti migrain atau vertigo. Untuk mendapatkan manfaatnya tersebut kamu hanya perlu meminum air rebusan dari daun suruhan seara rutin sampai sakit kepala yang dialami sembuh total.

♦️ Baca juga : Obat Sakit Kepala Herbal

  • Mengobati Pegal Linu

Manfaat lainnya dari daun suruhan adalah kemampuannya yang dapat mengatasi pegal linu yang sedang melanda. Pegal linu sendiri merupakan kondisi yang sering menimbulkan rasa letih, linu, pegal, lemas dan tidak bertenaga. Yup, sejumlah senyawa yang terkandung dalam daun suruhan akan mampu memulihkan energi kamu sekaligus mambangkitkan stamina kamu dengan mengkonsumsi daun suruhan secara teratur.

♦️ Baca juga : Obat Pegal Linu Herbal

  • Mengobati Asam Urat

Kamu juga bisa memanfaatkan daun suruhan ini sebagai obat untuk mengatasi masalah asam urat lho. Yup, pasalnya daun suruhan ini mengandung senyawa etanol yang dapat bekerja untuk mengatasi penyakit asam urat dan mencegahnya agar tidak kambuh kembali. Untuk mendapatkan manfaatnya tersebut kamu hany perlu meminum air rebusan dari daun suruhan setiap hari secara rutin sampai asam urat yang sedang kamu alami sembuh.

♦️ Baca juga : Obat Penyakit Asam Urat

  • Menyembuhkan Jerawat dan Bisul

Tidak hanya baik untuk mengatasi masalah kesehatan dalam saja. Daun suruhan juga dapat berguna untuk mengatasi masalah kesehatan tubuh luar seperti jerawat dan bisul. Kandungan senyawa dari daun suruhan diketahui mampu bekerja untuk melawan dan membunuh bakteri penyebab jerawat dan juga bisul dengan efektif. Untuk pemanfaatnya saja diketahui sangatlah mudah, kamu hanya perlu menjadikan air rebusan dari daun suruhan sebagai air untuk mencuci muka dan mambasuh bisul. Atau kamu cara lainnya kamu bisa meminum air rebusan daun suruhan tersebut untuk pengobatan dari dalam.

♦️  Baca juga : Obat Jerawat Herbal

  • Mengobati Luka Bakar

Selain dapat mengatasi jerawat dan juga bisul. Daun suruhan juga diketahui mampu membantu mengobati luka bakar dengan cepat sekaligus mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan akibat luka bakar tersebut. Cara penggunaannya pun sangatlah sederhana, kamu hanya perlu menempelkan daun suruhan yang telah dihaluskan pada luka bakar yang kamu alami dan bungkus dengan perban, lalu diamkan selama beberapa saat dan jangan lupa mengganti daun suruhan secara berkala hingga luka bakar kamu benar-benar sembuh.

  • Mengobati Nyeri

Manfaat selanjutnya dari daun suruhan adalah kemampuannya dalam mengobati nyeri. Sejumlah kondisi seperti nyeri otot, nyeri sendi, dan nyeri lainnya bisa diobati dengan menggunakan daun suruhan sebagai alternatif herbalnya.

♦️  Baca Juga : Obat Nyeri Otot Herbal dan Praktis

Ok guys, demikianlah pembahasan mengenai daun suruhan, tanaman liar kaya manfaat untuk kesehatan tubuh yang dapat saya sampaikan. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih banyak atas kunjungannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar