Jumat, 12 April 2019

Black Sapote, Buah Pudding Cokelat Yang Penuh Manfaat

Black Sapote, Buah Pudding Cokelat Yang Penuh Manfaat - Pernah mendengar nama black sapote??? Yup, nama ini memang sedikit asing di telinga kita, namun di Indonesia sendiri black sapote dikenal dengan nama sawo hitam atau kesemek hitam. Nah, sawo hitam sendiri diambil karena black sapote ini memiliki bentuk seperti buah sawo namun memiliki daging buah berwarna hitam pekat seperti puding coklat. Dan bahkan di sejumlah negara buah yang satu ini juga dikenal dengan nama puding coklat. Namun tahukah sobat, dibalik keunikan dari buah ini, ternyata buah bernama black sapote ini memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan tubuh lho. Apa saja manfaatnya??? Ok langsung aja disimak ya guys ulasan lengkapnya berikut ini!!!
Black Sapote, Buah Pudding Cokelat Yang Penuh Manfaat
Black sapote sendiri dikenal sebagai jenis buah dengan nama ilmiah Diospyros Digyna. Buah unik yang satu ini diketahui berasal dari Meksiko Timur, Amerika Tengah dan Colombia. Dari yang diketahui buah bernama black sapote ini telah masuk ke Indonesia sekitar 10 tahun lalu. Karena memiliki bentuk seperti buah sawo dan kesemek, di Indonesia black sapote lebih dikenal sebagai buah sawo hitam atau kesemek hitam. Sedangkan di negara asalnya buah yang satu ini dikenal dengan nama chocolate pudding fruit atau buah puding cokerlat.

Penamaannya buah puding cokelat ini, dikarenakan buah yang satu ini memiliki rasa buah yang mirip dengan puding atau agar-agar cokelat. Nah, selain keunikan bentuk dan rasanya, buah black sapote juga ternyata mengandung banyak kandungan baik lho.

Black sapote dikenal sebgaai jenis buah yang memiliki kandungan dan nutrisi yang sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Black sapote juga diketahui kaya akan kandungan vitamin C dan rendah lemak. Hal ini menjadikan buah black sapote sebgaai salah satu alasan banyak orang untuk mengkonsumsinya sebagai pengganti cokelat batangan yang lebih sehat saat membuat berbagai jenis desserta lezat seperti pudding, kue dan pie.

Di samping itu, black sapote juga diperkaya dengan kandungan serat, vitamin dan kalium yang memiliki peranan penting bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Nah, dengan sejumlah kandungan nutrisi dan gizi terbaiknya, black sapote juga dikenal memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Adapun sejumlah manfaatnya tersebut di antaranya yaitu :

  • Memenuhi Asupan Vitamin C Tubuh

Black sapote dikenal sebagai salah satu jenis buah yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Dari yang diketahui kandungan vitamin C yang ada dalam buah black sapote bisa membantu memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh kamu. Nah, dengan mengkonsumsi black sapote sebanyak 100 gram diketahui dapat menambah asupan harian vitamin C yang direkomendasikan, yang mengandung sekitar 20 mg vitamin C.

Seperti yang telah banyak diketahui vitamin C memiliki pernana penting bagi tubuh. Beberapa di antaranya yaitu berperan penting dalam membangun sistem imun tubuh, meningkatkan ketahan kita terhadap banyak bakteri dan virus di sekitar kita. Selain itu, vitamin C juga dapat berperan sebagai antioksidan alami yang dapat melawan dan menangkal radikal bebas, melindungi kita terhadap radang sendi, penyakit jantung dan kanker.

  • Menyediakan Vitamin A

Selain tinggi vitamin C, black sapote juga ternyata menyediakan vitamin A yang cukup tinggi yakni sekitar 410 IU vitamin A dalam 100 gramnya. Vitamin A sendiri akan membantu tubuh dalam membangung sistem imun tubuh. Selain itu, vitamin A juga memainkan peranan utama dalam menjaga penglihatan yang baik di samping mempromosikan pertumbuhan sel.


  • Tinggi Vitamin E

Dari yang diketahui buah black sapote ini juga mengadung vitamin E yang lebih tinggi dibanding dengan jenis buah-buahan tropis lainnya. Nah, dengan tingginya kandungan vitamin yang dimilikinya, menjadikan buah unik yang satu ini juga dipercaya memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan kulit dan memberikan nutrisi terbaik untuk menjaga kulit agat tetap elastis dan terawat.

  • Kalium (Potasium)

Black sapote juga dikenal sebagai sumber potasium yang cukup baik. Potasium sendiri merupakan mineral makro esensial, di mana manusia membutuhkan lebih dari 100 mg potasium setiap harinya. Mineral yang satu ini bermanfaat dalam membangun otot, mengontrol aktivitas jantung, dan mempertahankan keseimbangan cairan-elektrolit. Kalium atau potasium dikenal sangat penting untuk fungsi normal sel, kurangnya mineral ini dapat menyebabkan tekanan darah, masalah ginjal, kehilangan otot dan kondisi terkait lainnya. Nah, alternatif terbaik untuk mendapatan potasium terbaik, kamu bisa menjadikan black sapote sebagai solusinya.

  • Kalsium

Tidak hanya kalium (potasium), black sapote juga mengandung banyak kalsium sekitar 22 mg per 100 gram nya. Kalsium sendiri menjadi salah satu mineral terpenting bagi tubuh. Di mana mineral ini sangat dibutuhkan tubuh untuk membangun tulang, ada banyak manfaat lain dari mineral makro ini. Selain itu, kalsium juga diketahui memiliki peranan penting untuk menjaga kontraksi otot dan pembekuan darah.

  • Fosfor

Mineral penting lainnya yang terkandung dalam black sapote adalah fosfor. Nah, sama halnya dengan potasium dan kalsium, fosfor juga merupakan jenis makronutrien yang sangat penting untuk tubuh manusia. Mineral memegang peranan penting dalam proses pembentukan protein, perbaikan sel, pencernaan yang lebih baik, pembentukan tulang yang sehat dan keseimbangan hormon. Fosfor juga dikenal sebagai faktor terpenting kedua yang membangun kesehatan tulang setelah kalsium.

  • Zat Besi

Walau memiliki kandungan zat besi yang sedikit, namun zat besi yang terkandung dalam black sapote juga diketahu sangat bermanfaat untuk tubuh. Zat besi sendiri merupakan komponen penting dari darah yang berfungsi untuk menghasilkan sel darah merah dengan kandungan hemoglobin yang baik. Dengan bantuan hemoglobin, sel darah merah mampu membawa oksigen ke sel-sel seluruh bagian tubuh.

  • Sumber Serat Makanan

Black sapote diketahui memiliki tekstur yang lembut dan lembek, namun tekstur seperti ini diketahui sangat baik untuk proses pencernaan lho. Saat mengkonsumsinya dalam keadaan mentah, black sapote mengandung serat makanan yang sangat tinggi. Nah, dengan kandungan seratnya tersebut black sapote juga diyakini memiliki manfaat yang sangat baik untuk mengatasi sembelit, dan juga bisa dijadikan sebagai alternatif lezat untuk obat pencahar alami lainnya.

  • Menambah Energi

Dari yang diketahui black sapote juga mengandung sekitar 80 kalori dalam 100 gram nya. Selain itu, black sapote juga mengandung karbohidrat yang mudah dicerna. Nah, sejumlah kandungan tersebutlah yang akan berkontrubusi dalam memberikan energi pada tubuh.

Dengan ragam kandungan penting yang dimilikinya, membuat buah dengan cita rasa yang unik ini dikenal sebagai salah satu jenis buah yang kaya akan manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Buah black sapote ini diketahui memiliki kemampuan untuk dapat mengatasi insomnia, meningkatkan penglihatan mata, mengobati masalah pernapasan dan kulit, serta sebagai sumber energi dan pencahar alami yang sangat baik untuk tubuh. Bahkan kemampuan yang dimilikinya pun dikenal sangat efektif dan juga aman tanpa menimulkan efek samping.

Ok guys, itulah dia sejumlah manfaat dari black sapote, buah yang dikenal sebagai buah pudding cokelat yang kaya manfaat ini saya sampaikan. Sekian dari saya, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kamu mengenai buah-buahan unik. Terimakasih telah bekunjung dan menyimak informasinya sampai akhir. :)

1 komentar: