Jumat, 12 April 2019

Cranberry, Buah Mungil Kaya Nutrisi

Cranberry, Buah Mungil Kaya Nutrisi - Dengan mendengar namanya saja, mungkin sobat sudah mengira bahwa buah cranberry merupakan buah dari jenis berry. Yup, tepat, cranberry memang merupakan jenis buah yang tergolong ke dalam buah berry. Sama halnya dengan jenis buah berry lainnya, cranberry juga memiliki rasa yang asam nan menyegarkan. Dibanding dengan buah berriy lainnya, cranberry diketahui memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding dengan jenis buah berry pada umumnya. Namun, dibalik bentuknya yang mungil ternyata hal ini tidak sebanding dengan nutrisi yang dimilikinya. Pasalanya meski berukuran kecil, ternyata cranberry ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak dan juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Penasaran dengan nutrisi dan manfaatnya tersebut. Ok yuk, langsung aja simak ulasan lengkapnya berikut ini!!!
Cranberry, Buah Mungil Kaya Nutrisi
Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bahwa cranberry merupakan buah dari golongan berry yang kaya nutrisi dan rendah kalori. Buah ini diketahui berasal dari bagian utara Amerika Serikat. Di Indonesia sendiri buah cranberry belum sepopuler buah berry lainnya seperti strawberry dan anggur. Sehingga tidak heran jika kalian menemukan buah ini dengan harga yang cukup mahal.

Buah berry mungil yang satu ini diketahui memiliki rasa asam dengan sedikit manis dan sangat menyegarkan. Namun dibalik semua itu, cranberry menyimpan banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Adapun sejumlah nutrisi yang terkandung di dalam buah mungil yang satu ini yaitu di antaranya vitamin A, B12, C, E dan K, serta caroten, fiber, magnesium, asam folat, lutein, zinc, sodium, zat besi, potasium dan kalsium, di samping itu juga dikenal rendah kalori. Bahkan dari yang diketahui buah mungil ini juga mengandung zat antioksidan yang sangat tinggi dan baik untuk melindungi tubuh dari paparan radikal bebas dan juga sejumlah penyakit.

Berkat sejumlah kandungan nutrisinya tersebut, buah cranberry dikenal sebagai jenis buah mungil yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesahatan tubuh. Nah, sejumlah manfaat baik dari buah cranberry ini di antaranya yaitu :

  • Efektif Mengusir Bakteri Jahat

Dengan mengkonsumsi buah cranberry diketahui dapat mengusir bakteri jahat dalam tubuh. Hal ini dikarenakan buah cranberry mengandung senyawa flavonoid berjenis pro-anthoyanidins yang berkerja untuk menolah bakteri jahat baik yang ingin masuk atau yang sudah ada di dalam tubuh.

  • Baik Untuk Kesehatan Kulit

Sama halnya dengan jenis buah berry lainnya, cranberry juga diketahui dapat memberikan manfaat baik untuk kulit. Pasalnya kandungan yang dimiliki buah berry mampu memberi tambahan asupan yang dibutuhkan kulit dan hal tersebut dapat menyehatkan kulit sekaligus meregenarasinya. Selain itu, kandungan dari cranberry juga dapat membantu mengurangi keriput dan membuat kulit lebih kencang.

  • Mencegah Diabetes

Yup, buah cranberry diketahui hanya mengandung sedikit gula namun kaya akan vitamin C yang dapat membantu agar kita dapat terhindar dari penyakit diabetes. Dari yang diketahui mengkonsumsi buah yang satu ini secara cukup dapat mencegah penyakit diabetes.

  • Mencegah Kanker

Tidak hanya dapat mencegah penyakit diabetes, buah mungil si cranberry ini juga diketahui memiliki efek yang sangat baik untuk mencegah munculnya penyakit kanker. Kemampuannya tersebut tak lain karena banyaknya nutrisi penting yang terkandung di dalamnya. Buah cranberry ini dikenal akan vitamin C nya yang tinggi dan mampu berperan sebagai antioksidan yang dapat membantu tubuh dari paparan radikal bebas dan sejumlah patogen jahat yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker. Selain dapat mencegah kanker, kandungan dalam buah cranberry juga diketahui dapat mencegah berbagai jenis penyakit berbahaya lainnya seperti tumor dan sejumlah peradangan lainnya.

  • Meningkatkan Kesehatan Jantung

Mengkonsumsi buah cranberry juga diketahui dapat membantu meningkatkan sistem kesehatan kardivaskular. Yup, kemampuannya tersebut dikarenakan buah cranberry ini memiliki senyawa flavonoid yang mampu bekerja untuk mengurangi lemak dan menurunkan kadar kolesterol (LDL) dalam tubuh. Yang mana hal ini sangat baik untuk kesehatan jantung dan mencegah jantung dari sejumlah penyakit seperti jantung koroner dan serangan jantung.

  • Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Manfaat lain dari buah cranberry adalah membantu mencegah terjadinya infeksi saluran kemih. Infeksi saluran kemih sendiri merupakan suatu kondisi yang sangat buruk untuk kesehatan tubuh. Dengan mengkonsumsi buah cranberry diketahui dapat menghapus mokro organisme penyebab infeksi saluran kemih dan juga menghilangkan bakteri yang mengendap di ginjal atau kandunga kemih. Sehingga dengan begitu kesehatan ginjal dan kandung kemih akan terjaga.

  • Melindungi Kesehatan Gigi

Buah cranberry juga mengandung proanthocyanidien yang dapat melindungi gigi dari bakteri yang dapat merusak gigi dan mengurangi timbulnya plak. Sehingga dengan begitu kesehatan gigi dapat terjaga.

  • Baik Untuk Diet

Buah mungil dari keluarga berry ini juga diketahui sangat baik untuk dijadikan sebagai menu diet. Yup, hal ini dikarenakan buah cranberry ini mengandun berbagai kandungan gizi yang baik untuk tubuh seperti vitamin C, K, E dan B12, serat dan sejumlah kandungan penting lainnya yang dapat membantu memenuhi nutrisi harian kamu saat sedang menjalani diet. Selain itu, buah cranberry juga mengandung asam organik yang dapat membantu mengurangi timbunan lemak di dalam tubuh sehingga dengan begitu hal ini juga bisa membantu menurunkan berat badan kamu dengan baik.

  • Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Vitamin C dan antioksidan yang terkandung dalam buah cranberry sendiri diketahui sangatlah tinggi. Nah, seperti yang telah banyak diketahui kedua kandungan tersebut dikenal sebagai senyawa yang dapat bekerja untuk menjaga dan juga meningkatkan sistem imun tubuh dengan sangat baik. Sehingga dengan kemampuannya tersebut, buah cranberry diyakini mampu membantu melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit.

  • Melancarkan Pencernaan

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah cranberry juga diketahui memiliki manfaat baik untuk lambung dan juga usus kita, sehingga dengan begitu hal ini juga dapat membantu proses pencernaan menjadi jauh lebih lancar.

OK guys, sekian sejumlah informasi mengenai cranberry, buah mungil kaya nutrisi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfat dan bisa menambah wawasan kamu terhadap jenis-jenis buah kaya nutrisi. Terimakasih telah berkunjung dan menyimak informasinya sampai akhir. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar