Jumat, 12 April 2019

Kiwano, Buah Bertanduk Yang Kaya Manfaat

Kiwano, Buah Bertanduk Yang Kaya Manfaat - Mungkin sebagian di antara kita masih terkesan asing mendengar kata kiwano. Yup, hal ini dikarenakan belum banyak orang yang mengenal buah yang satu ini. Pasalnya buah yang satu ini dikenal sebagai salah satu jenis buah unik karena bentuknya. Yup, buah kiwano ini diketahui memiliki bentuk bulat memanjang layaknya buah pada umumnya, namun yang paling uniknya buah yang satu ini memiliki warna eksotis dan bertanduk layaknya buah durian yang berduri. Nah, dibalik keuinikannya tersebut ternyata buah kiwano juga mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Penasaran kandungan dan manfaat dari buah unik yang satu ini??? Ok yuk, langsung aja simak ulasan berikut ini sampai selesai ya guys!!!
Kiwano, Buah Bertanduk Yang Kaya Manfaat
Buah kiwano atau juga dikenal dengan nama melon bertanduk sendiri merupakan salah satu jenis buah yang berasap dari Afrika Selatan yang juga dikenal di beberapa negara lainnya seperti Selandia Baru dan Australia. Yup, seperti namanya yang terkesan unik, buah kiwano juga memiliki bentuk yang unik sehingga tidak heran juga jika buah yang satu ini tergolong ke dalam buah unik kaya manfaat.

Nama kiwano sendiri diberikan karena bentuk dan rasa buah yang memang hampir serupa dengan buah kiwi. Bentuk dari buah kiwano yang terlihat unik dan aneh tersebut membuat buah yang satu ini diberi beberapa nama unik seperti African Horned Cucumber, Jelly Melon, Blowfish Fruit dan beberapa nama lainnya. Selain itu, buah kiwano ini memiliki rasa yang unik juga yakni seperti perpaduan antara buah pisang, mentimun, zucini serta kiwi. Nah, pada bagin luar atau kulit buah kiwano berwarna kuning cerah yang dilengkapi denga bentuk seperti duri namun tidak tajam.

Kandungan Nutrisi Penting Dalam Buah Kiwano

Nah, dibalik keunikannya tersebut, buah kiwano juga ternyata menyimpan beragam macan nutrisi penting yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi penting tersebut seperti protein, enegi, air, lipid, karbohidrat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, potasium, sodium, zinc, vitamin C, A, B6, thiamin, riboflavin, niacin, dan folat serta zat besi dan juga serat.

Manfaat Baik Dari Buah Kiwano Bagi Kesehatan Tubuh

Dengan sejumlah kandungan nutrisi pentingnya tersebut, ada begitu banyak manfaat yang sangat baik untuk tubuh yang bisa diberikan oleh buah kiwano buah unik asal Afrika Selatan ini. Beberapa manfaat dari buah kiwano tersebut di antaranya yaitu :

  • Menurunkan Berat Badan

Buah kiwano diketahui mengandung lebih dari 80% air. Nah, dengan kandungan airnya tersebut, buah kiwano memiliki kemampuan untuk membantu kamu merasa kenyang lebih lama tanpa membuat perut kamu buncit. Sehingga dapat dikatakan pula kalau buah yang satu ini bisa dijadian menu yang cocok untuk diet sehat. Hal ini dikarenakan dengan mengkonsumsi buah kiwano dapat mencegah rasa lapar yang berlebih. Di samping itu, konsentrasi nutrisi yang tinggi pada buah kiwano akan membuat tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, walau buahnya memiliki kalori dan lemak yang rendah.

  • Melancarkan Sistem Pencernaan

Kiwano juga mengandung serat tinggi. Dengan kandungan serat tersebut buah kiwano juga dipercaya memiliki kemampuan untuk melancarkan pencernaan. Serat tersebut akan membantu pergerakan peristaltik, melindungi kinerja usus, membersihkan pencernaan sekaligus menghindari beberpaa masalah pencernaan seperti radang, sembelit, kram dan juga kembung.

  • Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Tidak hanya mengandung serat yang tinggi, buah unik yang satu ini juga memiliki kandungan zinc yang baik untuk tubuh. Zinc sendiri memiliki peranan penting untuk tubuh dalam meningkatkan metabolisme tubuh dan memproduksi protein yang diperlukan untuk menyembuhkan luka dan memperbaiki sel, organ, jaringan otot dan juga pembuluh darah.

  • Menguatkan Tulang

Kalsium, zinc dan fosfor dalam buah kiwano juga dikenal sangat baik untuk tubuh. Dengan sejumlah mineral tersebut, buah kiwano dipercaya mampu membantu meningkatkan kesehatan dari tulang dan beberapa penyakit tulang lainnya seperti osteoporosis sekaligus membantu perkembangan dan perbaikan tulang.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Tak hanya baik untuk kesehatan tulang, buah kiwano juga diketahui memiliki kemampuan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Yup, pasalnya buah unik yang satu ini juga mengandung vitamin A dalam jenis karotenoid yang dapat berperan sebagai antioksidan yang akan menghambat degenerasi makula, kataran dan berbagai masalah mata lainnya.

  • Sumber Antioksidan

Sejumlah kandungan yang dimiliki buah kiwano juga dikenal sebagai sumber antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. Dalam buah kiwano juga terkandung alpha tocopherol yang dikenal sebagai bentuk antioksidan kuat dari vitamin E. Kandungan tersebut diketahui memiliki peranan penting untuk kesehatan saraf dan pembuluh darah. Zat tersebut dapat menetralisir radikal bebas dan membuang produksi sampingan berbahaya dari seluler.

  • Mencegah Penuaan Dini dan Menghilangkan Bekas Luka

Sejumlah kandungan seperti vitamin C dan A serta antioksidan dan sejumlah nutrisi lainnya yang terkandung dalam buah kiwano juga dikenal memiliki manfaat yang sangat baik untuk mencegah terjadinya penuaan dini. Kandungan nutrisi yang ada pada buah kiwano akan dapat membnatu melindungi integritas kulit dan mengurangi bintik-bintik penuaan dan keriput. Selain itu, juga dapat membantu menghilangkan bekas luka dan noda jika dikonsumsi secara rutin.

  • Obat Anti Stress

Dari hasil penelitian telah menghubungkan beberapa senyawa organik yang terkandung dalam buah kiwano dengan regulasi hormon, terutama adrenalin dan hormon stres lainnya. Nah, jika kamu mengkonsumsi buah yang satu ini maka stress dan cemas yang kamu rasakan dapat teratasi.

  • Melindungi Kinerja Otak

Vitamin E yang terkandung dalam buah kiwano merupakan sumber tokoferol yang cukup tinggi. Nah, kandungan tersebut diketahui mampu memberikan nutrisi untuk otak. Selain itu, beberapa penyakit yang berhubungan dngan saraf seperti alzheimer juga bisa dihindari saat mengkonsumsi buah yang satu ini secara teratur.

Perhatian : Buah kiwano yang belum benar-benar matang diketahui memiliki rasa yang pahitdan mengandung sejumlah dosis tinggi bahan kimia alami berbahaya. Sehingga jika dikonsumsi dalam keadaan yang masih mentah atau belum benar-benar matang, buah kiwano dapat menimbulkan sejumlah efek samping seperti sakit perut, sakit kepala, dan demam. Namun jika buahnya telah matang, bahan kimia tersebut akan hilang dan justri berubah menjadi sangat menyehatkan. Jadi, bagi kamu yang ingin mengkonsumsi buah kiwano, hindari pengonsumsian buah kiwano yang belum matang, sehingga efek samping dari buah kiwano dapat dihindari.

Ok guys, sekian informasi mengenai kiwano, buah bertanduk yang kaya manfaat. Sekian yang dapat disampaikan, semoga dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan kamu terhadap jenis buah di dunia yang kaya manfaat untuk kesehatan. Terimakasih telah berkunjung dan menyimak ulasan ini sampai akhir. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar