Sabtu, 13 April 2019

Melissa Officinalis, Tanaman Lemon Balm Yang Kaya Manfaat

Melissa Officinalis, Tanaman Lemon Balm Yang Kaya Manfaat - Pernah mendengar nama melissa officinalis??? Awasa guys jangan sampai salah, itu bukan nama orang ya, melainkan nama ilmiahnya dari tanaman herbal yang lebih dikenal dengan nama lemon balm. Nah, tanaman herbal yang satu ini dikenal akan manfaatnya yang sangat baik untuk mengatasi insomnia. Eits, namun tidak hanya untuk insomnia, pasalnya masih ada banyak manfaat lain yang dimiliki tanaman herbal yang satu ini. Penasaran dengan manfaat lainnya??? Ok yuk, lansung aja simak informasi lengkapnya berikut ini!!!
Melissa Officinalis, Tanaman Lemon Balm Yang Kaya Manfaat
Yup, melissa officinalis atau lemon balm merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang dikenal memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan. Tanaman herbal yang satu ini diketahui masih tergolong dalam keluarga tanaman mint. Selain itu, lemon balm juga diketahui sebagai tanaman herbal yang telah digunakan sebagai pengobatan herbal oleh orang-orang Yunani sejak lama sekitar 2.000 tahun lalu. Bahkan dari yang diketahui tanaman herbal yang satu ini juga dikenal sebagai komponen penting dari banyak resep obat tradisional.

Kandungan Dari Lemon Balm

Lemon balm sendiri diketahui memiliki bentuk menyerupai daun mint dan mengeluarkan aroma layaknya lemon. Dari yang diketahui tanaman herbal yang unik ini memiliki begitu banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Nah, manfaatnya tersebut tak lain karena sejumlah kandungan yang dimilikinya. Adapun sejumlah senyawa yang terkandung dalam lemon balm ini seperti kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalium, natrium, fosfor, kalsium, magnesium, tembaga, seng, besi, mangan, serta sejumlah vitamin seperti bitamin B, C, PP dan A. Melissa Officinalis ini diketahui memiliki sifat obat yang memungkinkan penggunaannya untuk mengatasi sejumlah kondisi tertentu seperti kelelahan saraf, keletihan kronis, insomnia, histeria, dan gangguan stres pasca trauma.

Manfaat Dari Lemon Balm Untuk Kesehatan

Berikut sejumlah manfaat yang dimiliki lemon balm yang dikenal sangat baik untuk kesehatan tubuh, di antaranya yaitu :

  • Mengurangi Peradangan dan Nyeri

Senyawa yang terkandung dalam lemon balm sendiri diketahui memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengobati penyakit yang berhubungan dengan peradangan dan nyeri. Efek antinociceptive dari efek etanol dalam daun lemon balm dan asam rosmarinic nya diketahui dapat melawan rasa sakit dan peradangan yang terjadi pada tubuh.

  • Mengurangi Insomnia

Beberapa peneliti telah menggunakan lemon balm dan kombinasi lemon balm dan valerian untuk mengobai stres, kegelisahan dan insomnia. Pasalnya dalam hasil penelitiannya menunjukkan bahwa kandungan yang terdapat dalam lemon balm mampu memperbaiki pola tidur dan mengurangi tingkat stres dan kecemasan.

  • Mencegah Jantung Berdebar Kencang

Menurut sebuat studi yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology, daun lemon balm memiliki kemampuan untuk mengurangi efek jantung berdebar dan kecemasan. Minyak esensial lemon balm saat digunakan secara aromatic dapat membantu menurunkan kadar trigliserida tinggi dalam darah.

  • Menurunkan Diabetes

Lemon balm juga diketahui memiliki efektivitas yang sangat baik untuk penderita diabetea. Antioksidan dalam minyak atsiri yang terkandung dalam lemon balm diketahui memiliki efek mendalam untuk menurunkan kadar gula darah tinggi. Hal ini telah dibuktikan dalam penelitian yang diterbitkan dalam The British Journal of Nutrition.

  • Mencegah Kanker

Dari yang diketahui ekstrak lemon balm juga diketahui menunjukkan efek sitotoksik pada sel kanker payudara bahkan pada konsentrasi rendah (100 ug/mL). Studi lain menemukan bahwa menghirup minyak esensial lemon balm dapat menghambat beberapa faktor yang menyebabkan proliferasi sel kanker hati.

  • Menurunkan Risiko Alzheimer

Dengan mengkonsumsi lemon balm secara rutin setiap hari juga diketahui mampu membantu menurunkan penyakit gangguan pada otak lho. Dari sebuah penelitian ditemukan bahwa orang-orang dengan alzheimer yang meminum ramuan obat herbal dari lemon balm menunjukkan perubahan yang signifikan. Hal ini dikarenakan kandungan lemon balm seperti minyak volatile (esensial), termasuik sitronelal dan citral A dan B diketahui memiliki sifat sedatif.

Dalam studi hewan dan manusia, lemon balm yang dikonsumsi memiliki efek menenangkan. Dalam dosis yang lebih besar, ini bisa meningkatkan tidur. Dalam sebuah penelitian, para periset menemukan bahwa menggunakan lemon balm juga memperbaiki ingatan dan memperpanjang rentang perhatian pada individu yang menderita alzheimer. Efek ini mungkin karena kandunagn antioksidannya yang diduga dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh proses kimia yang disebut oksidasi.

Studi lain yang lebih kecil namun menarik, juga menunjukkan bahwa penggunaan lemon balm secara aromateral diketahui dapat membantu menenangkan orang-orang yang mengalami overexcited yang menderita demensia.

  • Manfaat Herbal Lainnya Dari Lemon Balm

Sebagai tanaman obat, lemon balm secara tradisional telah digunakan untuk melawan peradangan bronkial, sakit telinga, demam, perut kembung, sakit kepala, tekanan darah tinggi, inflenza, gangguan mood, palpitasi, sakit gigi dan muntah. Bahkan teh yang terbuat dari lemon balm juga diketahui dapat menenangkan kram menstruasi dan membantu meringankan PMS. Selain itu, tanaman lemon balm juga sering digunakan untuk mengatasi masalah agitasi gugup, masalah tidur, keluhan gastrointestinal fungsional, kram menstruasi dan kejang.

Bahkan minyak atsiri dari lemon balm juga diketahui mengandung bahan kimia yang dapat membantu mengendurkan otot, terutama di kandung kemih, perut dan rahim, sehingga dapat mengurangi kram, gas, dan mual.

ESCOP (European Scientific Cooperative On Phytotherapy) mencantumkan penggunaan internalnya untuk ketegangan, kegelisahan, mudah tersinggung, dan perawatan simtomatik terhadap gangguan pencernaan seperti kejang kecil secara eksternal untuk herpes labialis (ESCOP< 1997).

Dalam bukti terbarunya juga menunjukkan bahwa lemon balm memiliki sifat depresan atau obat penenang pada sistem saraf pusat tikus laboratorium. Lisensi Standar Jerman untuk teh lemon balm menyetujui untuk gangguan tidur nyenyang dan saluran pencernaan, dan untuk merangsang nafsu makan (Wichtl dan Bisset, 1994).

Catatan :

Karena terdapat sedikitnya informasi tentang bagaimana lemon balm dapat mempengruhi janin yang sedang berkembang, bayi, atau anak kecil. Maka, penggunaan lemon balm tidak dianjurkan selama kehamilan, saat menyusui, atau pada masa kanak-kanak.

Sumber referensi : http://wap.mi.baca.co.id

OK guys, itulah dia sejumlah informasi mengenai melissa officinalis, tanaman lemon balm yang kaya manfaat yang dapat disampaikan. Sekian dari saya, semoga dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian. Terimakasih atas kunjunggannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar