Kamis, 25 April 2019

Kebaikan Mengkonsumsi Kacang Pistachio Bagi Tubuh

Kebaikan Mengkonsumsi Kacang Pistachio Bagi Tubuh - Ada begitu banyak jenis kacang-kacangan yang bisa konsumsi sebagai camilan yang menyehatkan. Nah, salah satunya adalah kacang pistachio. Walau terdengar sedikit asing, kacang ini dikenal sebagai salah satu jenis kacang yang memiliki sejumlah kandungan nutrisi yang penting dan berkhasiat bagi kebaikan tubuh. OK, lebih jelasnya, yuk simak ulasan berikut ini!!!
Kebaikan Mengkonsumsi Kacang Pistachio Bagi Tubuh
Sekilas Mengenai Kacang Pistachio

Kacang pistachio sendiri merupakan salah satu jenis kacang yang banyak terdapat di Asia Barat termasuk Mediterania. Jenis kacang yang satu ini diketahui berasal dari keluarga tanaman Anacardiaceae dari genus Pistacia. Secara umum kacang pistachio juga sudah banyak dikonsumsi di sejumlah negara.

Selain itu, kacang pistachio juga dikenal sebagai salah satu jenis kacang yang mengandung sebagian besar jenis nutrisi seperti karbohidrat, protein, asam amino, lemak, dan serat. Tidak hanya itu, kacang pistachio juga mengandung sejumlah mineral penting bagi tubuh seperti fosfor, kalium, besi, magnesium, seng, tembaga, dan natrium, termasuk vitamin penting seperti vitamin A,C, E, K dan vitamin B kompleks (tiamin, riboflavin, niacin, folat, asam pantothenat, kolin dan betain). Di samping itu, kacang yang satu ini juga mengandung kalori dan minyak yang lebih rendah jika dibandingkan dengan jenis kacang kering lainnya.

Manfaat dari Kacang Pistachio Bagi Kesehatan

Nah, berkat banyaknya nutrisi yang dimilikinya, membuat kacang pistachio ini juga kaya akan manfaat yang baik untuk tubuh. Apa saja manfaatnya??? Berikut sekilas rangkuman beberapa manfaat dari kacang pistachio, di antaranya :

  • Kaya Akan Antioksidan

Kacang pistachio dikenal akan antioksidannya yang tinggi. Seperti yang kita ketahui sendiri bahwa antioksidan merupakan zat yang sangat penting bagi tubuh. Di mana zat tersebut berfungsi untuk menetralisir dan menangkal radikal bebas yang terbentuk dalam tubuh secara alami akibat proses metabolisme sel. Berkat kemampuan zat antioksidan tersebut, maka risiko penyakit seperti kanker dan penyakit jantung pun dapat dikurangi.

  • Baik Untuk Kesehatan Jantung

Mengkonsumsi kacang pistachio secara teratur diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau yang disebut dengan LDL dalam tubuh. Manfaatnya tersebut hadir berkat kandungan antioksidan pitosterol dan asam lemak tak jenuh yang dimilik kacang pistachio sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu, kacang pistachio juga dikenal sebagai sumber asam amino kuat yang dikenal dengan L-arginine yang berfungsi untuk mencegah pengerasan arteri dan pembentukan bekuan darah, penyebab serangan jantung.

  • Melancarkan Pencernaan

Kacang pistachio juga dikenal baik untuk sistem pencernaan. Yup, pasalnya kacang ini mengandung serat baik yang dapat membantu melancarkan pencernaan makanan. Satu porsi kacang pistachio atau sekitar 1 ons kacang pistachio mengandung sekitar 3 gram serat, di mana jumlah serat tersebut lebih dari cukup untuk membuat saluran pencernaan kamu tetap bekerja dengan optimal.

  • Mengendalikan Kadar Gula Darah

Sejumlah kandungan dalam kacang pistachio juga mampu bekerja sebagai antioksidan yang baik. Nah, antioksidan dalam kacang pistachio ini diketahui dapat membantu mengurangi proses glikasi, sehingga dapat membantu mengendalikan gula darah.

  • Menjaga Sistem Syaraf

Kacang pistachio dikenal akan vitamin B6 nya yang tinggi. Nah, dengan tingginya kadar vitamin tersebut membuat kacang sehat yang satu ini mampu membantu membangun asam amino penting dalam transmisi impuls saraf. Dengan kata lain kemampuannya tersebut memiliki peranan penting dalam menjaga sistem saraf yang sehat.

  • Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Vitamin B6 juga diketahui dapat berperan dalam membangun sistem imun tubuh yang kuat sehingga membantu mencegah dari terkena berbagai jenis infeksi dan jenis kanker tertentu. Selain itu, kacang pistachio juga menganung vitamin C yang baik. Di mana vitamin C sendiri mampu berperan sebagai antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh.

  • Meningkatkan Hemoglobin dan Mencegah Anemia

Hemoglobin sendiri merupakan molekul protein dalam darah yang berfungsi untuk mengikat dan membawa oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh dan mengembalikan karbondioksida dari jaringan tubuh ke paru-paru untuk dikeluarkan melalui pernapasan. Kekurangan hemoglobin dalam darah bisa menimbulan terjadinya anemia dan kondisi tertentu lainnya. Nah, untuk mengatasi masalah kurangnya kadar hemoglobin dalam darah, kacang pistachio ini bisa menjadi alternatif yang tepat untuk kamu.

Vitamin B6 dalam kacang pistachio diketahui dapat membantu meningkatkan kuantitas hemoglobin dalam darah dan meningkatkan jumlahnya. Di samping itu, ada zat besi yang juga mampu berperan untuk membantu membantu produksi hemoglobin dan sel darah merah sehingga hal ini juga bisa membantu mencegah dan mengatasi masalah anemia.

  • Anti-inflamasi

Kacang pistachio juga dikenal efektif untuk membantu mengurangi peradangan di hampir setiap bagian tubuh. Kemampuannya tersebut ada berkat sejumlah kandungan yang terkandung di dalamnya seperti vitamin A, E dan juga anti-inflamasi yang dimilikinya.

  • Baik Untuk Kesehatan Mata

Mengkonsumsi kacang pistachio juga dikenal baik untuk kesehatan mata. Yup, pasalnya kacang yang satu ini juga mengandung antioksidan dari jenis karotenoid seperti lutein dan zeaxanthin. Jenis antioksidan ini diketahui dapat bekerja untuk membantu merawat kesehatan mata juga dapat mengurangi risiko terkena penyakit mata terkait usia seperti degenarasi makula.

  • Baik Untuk Kulit

Selain baik untuk kesehatan mata, mengkonsumsi kacang pistachio juga dikenal sangat baik untuk kulit. Kadungan nutrisi yang ada dalam kacang pistachio mampu memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit. Sehingga dengan begitu kulit pun dapat terlindungi dari paparan sinar UV matahari yang berbahaya bagi kesehatan kulit. Selain itu juga mampu mencegah sejumlah penyakit kulit dan membuat kulit lebih sehat dan tampak lebih indah.

Bahkan antioksidan dan vitamin E dalam kacang pistachio juga mampu berperan sebagai anti penuaan yang dapat membuat kulit tampak lebih muda. Minyak yang terdapat dalam kacang pistachio juga memiliki sifat emolien yang dapat membantu melembabkan, menghaluskan dan mencerahkan kulit secara alami dan menyeluruh.

  • Mengontrol Berat Badan

Kandungan serat yang tinggi dalam kacang pistachio juga dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Sehingga dengan begitu dapat membantu mengontrol nafsu makan kamu. Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of the American College of Nutrition pada bulan Juni 2010 menemukan bahwa dengan mengkonsumsi 240 kalori kacang pistachio selama 12 minggu dapat menurunkan massa tubuh lebih dari mengkonsumsi kalori yang lebih sedikit.

Catatan : Walau memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh, namun tetap kamu harus membatasi pengonsumsiannya. Konsumsilah kacang pistachio dalam jumlah dan takaran yang sewajarnya agar manfaat yang dimilikinya bisa kamu rasakan dengan baik.

OK guys, itulah dia sejumlah kebaikan yang bisa kamu dapatkan jika mengkonsumsi kacang pistachio secara rutin dengan jumlah yang tepat. Sekian yang dapat disampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi kamu sekalian dan terimakasih banyak atas kunjungannya. :)

1 komentar:

  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus