Jumat, 26 April 2019

Manfaat Mengkonsumsi Buah Blewah Bagi Kesehatan

Manfaat Mengkonsumsi Buah Blewah Bagi Kesehatan - Buah blewah atau juga dikenal dengan nama cantaloupe merupakan salah satu jenis buah yang dikenal kaya akan nutrisi dan gizi yang baik untuk tubuh. Sehingga tak mengherankan jika banyak orang yang mengklaim bahwa buah yang selalu hadir di bulan Ramadhan ini memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya??? Yuk, langsung aja simak ulasan lengkapnya berikut ini!!!!
Manfaat Mengkonsumsi Buah Blewah Bagi Kesehatan
Buah blewah dengan nama latinya Cucumis melo var cantalupensis diketahui masih berkerabat dengan buah melon. Umumnya buah blewah seringkali diolah menjadi campuran minuman segar. Daging buahnya yang dikenal padat seperti buah melon ini menjadi cirikhas buah blewah. Namun rasanya sendiri tak semanis buah melon pada umumnya.

Buah blewah banyak dijumpai di kawasan Asia Tenggara seperti Malaysia dan juga Indonesia. Kebanyakan masyarakatnya menjadikan buah yang satu ini sebagai campuran minuman yang dapat membantu melepas dahaga. Namun, selain itu, ternyata buah yang satu ini juga dikenal kaya akan nutrisi dan gizi yang akan sangat menguntungkan kesehatan tubuh. Sejumlah nutrisi dan gizi tersebut seperti serat, karbohidrat, zat besi, kalium, kalsium, magnesium, folat, vitamin A, C dan B. Selain itu juga mengandung 90% air, sehingga bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Kebaikan Mengkonsumsi Buah Blewah

Seperti yang kalian ketahui sendiri bahwa sejumlah kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah blewah dikenal sangat penting bagi tubuh. Nah, dengan kata lain sejumlah kandungan nutrisi menjadikan buah blewah sebagai salah satu jenis buah yang baik untuk dikonsumsi. Dengan kandungannya tersebut, buah blewah dipercaya memiliki kemampuan dalam memelihara kesehatan tubuh. Adapun manfaat mengkonsumsi buah blewah secara rutin bagi kesehatan tubuh, di antaranya yaitu :

  • Menurunkan Berat Badan

Buah blewah dipercaya mampu membantu menurunkan berat badan dengan baik. Hal ini dikarenakan buah blewah memiliki kandungan yang rendah gula dan kalori. Sehingga dengan begitu buah blewah ini baik untuk dikonsumsi saat sedang menjalani diet, yang sekaligus mampu untuk menjaga kesehatan tubuh.

  • Baik Untuk Pencernaan

Mengkonsumsi buah blewah juga dikenal baik untuk sistem pencernaan tubuh. Yup, pasalnya buah blewah sendiri mengandung serat yang sangat baik untuk pencernaan tubuh. Di samping itu, sejumlah kandungan yang terkandung dalam buah blewah juga memiliki kemampuan untuk mendetoksifikasi tubuh, membuang racun, dan membantu unsus mencerna makanan dalam usus manusia, untuk sobat yang sedang mengalami gangguan pencernaan bisa dengan mudah mengkonsumsi buah yang satu ini.

  • Menurunkan Kolesterol

Kadar vitamin C dalam buah blewah diketahui cukup tinggi. Dengan kadar vitamin C nya tersebuat membuat buah yang satu ini mampu membantu menyembuhkan dan mencegah sejumlah penyakit. Nah, salah satunya adalah membantu untuk menekan dan menurunkan kolesterol yang tinggi dalam darah. Bahkan kadar vitamin C dalam buah blewah juga mampu membantu mencegah pembekuan darah.

  • Menurunkan Tekanan Darah

Selain diperkaya dengan vitamin C, buah blewah juga diperkaya dengan sejumlah kandungan mineral seperti potassium dan kalium. Nah, dengan sejumlah kandungan tersebut menjadikan buah blewah sebagai buah yang cocok untuk penderita hipertensi/tekanan darah tinggi. Pasalnya sejumlah kandungan tersebut dikenal akan kemampuannya yang dapat membantu menjaga tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

  • Mencegah Penyakit Jantung

Berkat vitamin C nya yang tinggi buah blewah juga dipercaya memiliki kemampuan untuk mencegah terjadinya penyakit jantung. Bahkan juga dapat membantu menjaga kesehatan paru-paru dan pembuluh darah. Di samping itu, RDA (Rekommended Dietary Allowance) sendiri juga menyarankan kita untuk mengkonsumsi betakaroten, sekitar 5-6mg perhari untuk menjaga kesehatan jantung. Nah, mengkonsumsi buah blewah bisa menjadi alternatif terbaik untuk mendapatkan kandungan betakaroten baik bagi tubuh. Jadi dengan mengkonsumsi buah blewah secara rutin, maka kesehatan jantung kamu akan tetap terjaga.

  • Mencegah Kanker

Dengan kandungan betakaroten, vitamin C dan asam folat yang dimilikinya, membuat buah yang satu ini juga dikenal mampu membantu mengurangi dan mencegah terjadinya penyakit kanker. Nah, dari yang diketahui kurangnya asupan nutrisi tersebut bisa memicu munculny pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Jadi, dengan kata lain untuk mencegah kanker, mengkonsumsi buah blewah secara rutin juga bisa menjadi solusi terbaik untuk mencegah kamu dari penyakit kanker.

  • Memelihara Kesehatan Mata

Selain vitamin C, buah blewah juga diperkaya akan vitamin A yang baik. Nah, dengan kandungan vitamin A dan betakaroten yang dimilikinya membuat buah yang satu ini juga sangat baik dikonsumsi untuk merawat kesehatan mata. Dengan mengkonsumsi buah blewah secara rutin juga bisa membantu kamu terhindar dari sejumlah gangguan mata, bahkan juga dapat membantu mengatasi sejumlah gangguan kesehatan mata seperti mata lelah yang sering disebabkan akibat terlalu sering menatap smartphone ataupun layar komputer.

  • Mengatasi Insomnia

Buah blewah juga dipercaya memiliki senyawa yang bersifat sedatif. Sifat ini dikenal akan manfaatnya yang dapat membantu mengatasi masalah insomnia. Hal ini dikarenakan sifat sedatif sendiri sama halnya dengan obat tidur bagi penderita insomnia. Nah, dengan kata lain dari pada kamu mengkonsumsi obat insomnia, lebih baik kamu mencoba alternatif lain yaitu dengan mengkonsumsi buah blewah secara rutin.

  • Mengatasi Maag

Mengkonsumsi buah blewah juga diketahui memiliki manfaat baik bagi penderita maag. Walau belum ada penelitian secara detail mengenai hal ini, namun sudah ada banyak orang yang memercayai kemampuan buah blewah yang satu ini. Selain itu, meminum jus buah blewah juag dipercaya dapat membantu membuang penyakit maag.

  • Mencegah Penyakit Asma

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa kandungan betakaroten dan vitamin C yang terkandung dalam buah blewah sangat tinggi. Nah, berkat kandungan tersebut pula, buah blewah diyakini dapat membantu mencegah penyakit asma. Bahkan jika dikonsumsi secara rutin dan berkala bisa membantu mengobati penyakit asma.

  • Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Manfaat lain dari buah blewah adalah membantu meningkatkan sistem imun tubuh dengan optimal. Kemampuannya ini hadir berkat sejumlah kandungannya yang sangat bermanfaat seperti vitamin C, vitamin A, betakaroten dan fitokimia yang dapat bekerja untuk menangkal radikal bebas dan juga menjaga serta meningkatkan kemampuan sistem imun tubuh.

  • Mengontrol Diabetes

Dari sejumlah penelitian dapat disimpulkan bahwa buah blewah berhubungan dengan peningkatkan metabolisme insuline yang menunjukkan gula darah stabil. Seperti yang kita ketahui sendiri bahwa lonjakan dan penurunan gula darah sangat berbahaya bagi penderita diabetes.

  • Meredakan Stres

Dengan kandungan kalium yang dimiliknya, buah blewah juga dikenal mampu membantu meredakan stres yang muncul akibat tekanan dan banyak pikiran.

  • Mengobati Radang Sendi

Kamu juga bisa memanfaatkan buah blewah sebagai obat untuk mengatasi radang sendi. Yup, hal ini dikarenakan buah blewah dapat menghasilkan senyawa fitokimia yang juga baik untuk persendian. Di mana senyawa tersebut bisa membantu menjaga kesehatan persendian juga baik untuk mengatasi radang sendi.

  • Baik Untuk Kesehatan Kulit

Mengkonsumsi buah blewah secara rutin juga diketahui dapat membantu memberikan kesehatan yang optimal pada kulit. Hal ini dikarenakan nutrisi yang terkandung dalam buah blewah sendiri dikenal sangat baik untuk memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit. Dengan nutrisinya tersebut, buah blewah bisa membnatu menjaga dan memperbaiki jaringan kulit yang telah rusak, sehingga mampu membuat kulit tetap sehat dan berseri.

Di samping itu, dengan mengkonsumsi buah blewah secara rutin juga dapat mencegah tejadinya penuaan dini, meningkatkan produksi kolagen yang baik untuk kulit dan menyamarkan sejumlah kerutan serta mengecilkan pori-pori terbuat yang besar. Dengan manfaat buah blewah tersebut, maka kulit akan tampil lebih sehat, cantik dan awet muda.

Ok guys, itulah dia beberapa manfaat dari buah blewah yang dapat kamu dapatkan jika mengkonsumsinya secara rutin. Sekian yang dapat disampaikan, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih banyak atas kunjungannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar