Kamis, 18 April 2019

Kacang Mete, Biji Jambu Monyet Yang Kaya Manfaat

Kacang Mete, Biji Jambu Monyet Yang Kaya Manfaat - Siapa sih yang tak kenal dengan cemilan lezat yang satu ini. Yup, kacang mete, dibalik rasanya yang lezat ternyata kacang mete menyimpan segudang manfaat baik lho bagi kesehatan. Apa saja manfaatnya tersebut??? Ok langsung aja simak ulasan lengkapnya berikut ini!!!
Kacang Mete, Biji Jambu Monyet Yang Kaya Manfaat
Sekilas Mengenai Kacang Mete

Kacang mete sendiri dikenal sebagai salah satu cemilan yang memiliki rasa yang nikmat. Nah, dibalik rasanya yang enak tersebut, kacang mete diketahui mengandung berbagai nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Dengan sejumlah nutrisi yang terkandung di dalamnya, kacang mete dipercaya memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh.

Kacang yang satu ini sering kali dijadikan sebagai pelengkap sejumlah pangan seperti cokelat batangan, bahan tambahan kue dan snack ringan. Mengonsumsi kacang mete tidak hanya dapat memberikan efek mengenyangkan, namun juga dapat memberikan manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Sebenarnya kacang mete sendiri bukanlah jenis kacang, melaikan jenis biji dari pohon jambu mete atau lebih dikenal dengan nama jambu monyet. Buah jambu monyet sendiri tampak seperti lonceng dan berwarna keabu-abuan. Buah ini memiliki panjang 5 cm dan ujung buahnya berbentuk kacang yang runcing melengkung. Nah, ujung buah yang runcing tersebutlah yang disebut biji dan sering diolah menjadi kacang mete.

Jika sudah matang, biji dipisahkan dari buah untuk kemudian dikeringkan. Setelah itu, kamu bisa memanggang atau menggoreng kacang mete untuk dijadikan berbagai macam panganan. Kacang mete sering dimakan begitu saja atau dijadikan bahan campuran cokelat, kue, sambal, dan bahan makanan lainnya.

Kandungan Gizi Dari Kacang Mete

Kacang yang diambil dari buah jambu monyet ini memiliki kalori yang cukup tinggi, serta mengandung sejumlah zat gizi lainnya seperti karbohidrat, protein, lemak, dan serat. Selain itu, juga mengandung vitamin K, vitamin E, folat, dan vitamin B, kalsium, natrium, kalium, magnesium, fosfor, zinc dan zat besi.

Kebaikan dan Manfaat Kacang Mete Bagi Kesehatan Tubuh

Dari yang diketahui ada banyak studi yang mengatakan bahwa kacang mete dapat menurunkan risiko terjadinya berbagai macam penyakit, serta baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat kacang mete bagi kesehatan, di antaranya :

  • Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Seperti yang diketahui tingginya kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh seringkali dikaitkan dengan peningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Nah, dari yang diketahui kacang mete dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Kemampuannya tersebut di dapat karena serat dan sejumlah kandungan lainnya seperti kalium, folat, vitamin E, dan vitamin B6 yan terkandung di dalamnya.

  • Mencegah Anemia (Kurang Darah)

Salah satu kandungan penting lainnya yang terkandung dalam kacang mete adalah zat besi dan tembaga. Nah, kedua kandungan tersebut sendiri memiliki fungsi untuk mengoptimalkan kerja tubuh dalam memproduksi dan menggunakan sel darah merah. Selain anemia, hal ini juga akan membuat kesehatan tulang, sistem imun tubuh, saraf, dan juga pembuluh darah menjadi lebih baik.

  • Sumber Energi

Sama halnya dengan jenis kacang lainnya, kacang mete juga kaya akan kalori dan lemak baik. Dari yang diketahui 30 gram kacang mete mengandung sekitar 150 kalori dan 12 gram lemak. Dua nutrisi ini sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mendapatkan energi. Selain itu, vitamin B6, vitamin E, zat besi, dan protein yang terkandung dalam kacang mete juga berguna untuk membuat tubuh tidak mudah lelah.

  • Menjaga Kesehatan Tulang

Dari yang diketahui jumlah kalsium dalam kacang mete tidaklah sedikit. Nah, dalam 100 gram kacang mete terkandung sekiranya 45 gam kalsium. Hal ini menjadikan kacang mete sebagai salah satu makanan yang dianjurkan  untuk menjaga kekuatan dan kesehatan tulang.

  • Memelihara Kesehatan Mata

Kacang mete juga mengandung antioksidan yang disebut lutein dan zeaxanthin. Kedua zat ini diketahui memiliki kemampuan untuk melindungi mata dari kerusakan yang dapat menyebabkan kebutaan. Bahkan, mengkonsumsi kacang mete juga dipercaya dapat menurunkan risiko katarak mata.

  • Mencegah Batu Empedu

Dari hasil sebuah studi menyebutkan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi kacang-kacangan, termasuk kacang mete diketahui memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena batu empedu. Hal ini diduga berkat kandungan lemak baik dan serat di dalam kacang mete yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat penyebab batu empedu.

  • Menjaga Berat Badan

Kacang mete juga sering digunakan sebagai menu makanan untuk diet. Alasannya karena protein dan serat yang terkandung dalam kacang mete dapat membuat kenyang lebih lama. Dengan begitu, berat badan pun bisa lebih cepat turun.

  • Meningkatakan Kecerdasan Otak

Kacang mete mengandung lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal yang sangat dibutuhkan oleh produksi sel otak. Sehingga jika kita mengkonsumsinya, otak kita akan sangat ternutrisi dengan baik. Selain itu, kacang mete juga dapat meningkatkan kadar oksigen ke otak. Hal ini juga akan sangat bermanfaat untuk kesehatan otak. Dengan begitu, kemampuan dan fungsi otak pun bisa meningkat dengan baik.

  • Membuat Rabut Sehat dan Berkilau

Tembaga yang ada pada kacang mete juga dapat membantu produksi pigmen kulit dan rambut yang disebut melanin. Hal ini dapat berfungsi secara maksimal jika kita menggunakan minyak kacang mete di kulit kepala serta rambut. Kandungan asam linoleat dan oleat yang terkandung dalam kacang mete juga dapat memberikan tekstur halus serta meningkatkan warna rambut. Selain itu, baik untuk kesehatan rambut, sejumlah kandungan kacang mete tersebut juga sangat baik untuk memberi kesehatan pada kulit tubuh.

  • Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Kacang mete juga mengandung seng yang dapat berperan penting dalam penguatan sistem imun tubuh terhadap infeksi mikroba, sintesis protein serta penyembuhan luka. Nah, dengan kemampuannya tersebut, maka tubuh dapat terlindungi dan terhindari dari sejumlah penyakit.

  • Menurunkan Depresi

Dari yang diketahui kacang mete juga bisa dijadikan cemilan yang sehat untuk mereka yang sedang mengalami depresi. Pasalnya kacang mete ini mengandung asam amino L-triptoan yang dapat merangsang serotonin pada otak. Adanya serotonin ini terbukti dapat mempengaruhi suasana hati dan menurunkan rasa sedih.

  • Melawan Pertumbuhan Sel Kanker

Kebaikan kacang mete yang satu ini mungkin tidak sempat terduga oleh kebanyakan orang. Yup, kacang mete diketahui memiliki kemampuan yang dapat membantu melawan pertumbuhan sel kanker dan tumor agar tidak berkembang lebih jauh lagi. Para peneliti mengambil kesimpulan, di mana manfaat kacang mete yang satu ini didapat berkat kandungan senyawa antioksidan yang dimilikinya seperti pranthocyanidins, asam anakardat, kardol, dan kardonal yang telah teruji dalam melawan pertumbuhan sel kanker juga tumor.

Catatan :

Karena memiliki kalori yang tinggi, kacang mete cukup dikonsumsi sebagai makanan ringan dan pilih kacang mete yang tidak mengandung garam tinggi.

Beberapa manfaat kacang mete tersebut menjadikannya sebagai sumber makanan yang baik untuk kesehatan. Namun, bagi sebagian orang kacang mete bisa berisiko menimbulkan reaksi alergi. Nah, jika kamu memiliki masalah tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter atau pada ahli dibidangnya untuk menentukan apakah kacang mete aman untuk kamu konsumsi.

Sumber referensi : https://www.alodokter.com/7-manfaat-kacang-mete-yang-segurih-rasanya

Ok guys, itulah dia sejumlah informasi mengenai kacang mete, biji jambu monyet yang kaya manfaat yang bisa disampaikan. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih banyak atas kunjungannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar