Kamis, 18 April 2019

Penyebab Gigi Ngilu dan Cara Mengatasinya

Penyebab Gigi Ngilu dan Cara Mengatasinya - Gigi kamu sering ngilu??? Tidak tahu penyebabnya??? Ingin mengatasinya secara??? OK yuk, langsung aja simak ulasan lengkap penyebab gigi ngilu dan cara mengatasinya berikut ini!!!
Penyebab Gigi Ngilu dan Cara Mengatasinya
Sering merasa jengkel ketika sedang asyiknya makan, eh ternyata gigi kamu tiba-tiba ngilu??? Yup, gigi yang tiba-tiba ngilu ini memang menjadi salah satu kondisi yang bisa membuat kita merasa tidak nyaman hingga kesal karena kamu jadi sulit menikmati makanan dan minuman favorite kamu. Namun tahukah kamu apa yang menjadi penyebab dari gigi ngilu yang kamu rasakan tersebut. Yup, gigi ngilu seringkali dikaitkan karena gigi kamu terlalu sensitif. Gigi sensitif sendiri sebenarnya bukan disebabkan oleh jenis makanan atau minuman tertentu, namun karena ada masalah pada gigi.

Penyebab Gigi Ngilu

Umumnya masalah gigi sensitif ini diakibatkan oleh email gigi yang usang atau akar gigi yang terbuka. Namun ada penyebab lain yang bisa membuat munculnya masalah gigi sensitif. Dengan mengetahui pasti penyebab gigi sensitif, maka kamu pun dapat lebih mudah menemukan cara untuk mengobati dan mengatasinya. Beberapa penyabab lain dari gigi sensitif adalah :

  • Gigi berlubang.
  • Efek samping prosedur yang dijalankan di dokter gigi seperti pemutihan gigi dan lainnya.
  • Radang gusi (gingivitis).
  • Menyikat gigi terlalu kencang.
  • Penumpukan Plak.
  • Konsumsi makanan dan minuman yang terlalu asam.
  • Penyakit gigi dan gusi.
  • Gigi retak.
  • Suka menggertakan gigi.
  • Usia.
Cara Mengatasi Gigi Ngilu Melalui Penanganan Dokter Gigi

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi gigi ngilu adalah dengan memeriksakannya ke dokter gigi. Saat melakukan pemeriksaan dokter akan mendeteksi penyebab gigi ngilu yang kamu rasakan berdasarkan riwayat keluhan, gejala yang kamu sampaikan dan hasil pemeriksaan. Kemungkinan kamu akan mendapatkan sejumlah perawatan dan saran dari dokter untuk mengatasi masalah gigi ngilu yang kamu rasakan. Adapun sejumlah hal yang dapat menjadi solusi mengatasi gigi ngilu adalah :
  • Menggunakan pasta gigi dengan formula tertentu khusus untuk gigi sensitif, terdapat sejumlah produk pasta gigi yang dikhususkan untuk mengatasi masalah gigi sensitif yang bisa kamu pilih sendiri. Pastikan pasta gigi yang kamu pilih tepat.
  • Biasanya dokter juga akan mengoleskan flouride pada gigi sensitif kamu, dan meresepkannya untuk digunakan di rumah agar dapat memperkuat email gigi dan meredakan gigi ngilu yang kamu alami.
  • Jika gigi ngilu yang kamu alami disebabkan karena permukaan akar gigi yang teerbuka, biasanya dokter akan memakaikan bonding resin untuk melapisi area sekitar gigi.
  • Apabila gigi ngilu terjadi karena akar gigi telah kehilangan lapisan gusi, maka dokter akan melakukan tindakan medis seperti pencangkokan gusi untuk membantu mengganti lapisan gusi yang hilang tersebut.
  • Jika rasa ngilu yang parah dan lama diakibatkan oleh rusaknya saluran akar maka dokter akan melakukan perawatan saluran akar untuk kurun waktu tertentu.
Nah, jika setelah menjalani pemeriksaan dan perawatan namun gigi ngilu masih mengganggu, segera temui dokter gigi kembali.

Cara Mengatasi Gigi Ngilu Secara Alami

Oh ya gusy, di samping dengan perawatan dari dokter kamu juga bisa mencoba altenatif lain untuk mengatasi masalah gigi ngilu yang kamu alami, seperti beberapa cara berikut ini :

  • Memanfaatkan Minyak Cengkeh

Jika gigi ngilu yang kamu alami terjadi akibat gigi yang berlubang, kamu bisa memanfaatkan minyak cengkeh sebagai alternatif tradisionalnya. Yup, pengobatan gigi ngilu dengan minyak cengkeh ini telah dikenal cukup ampuh untuk meredakan rasa ngilu akibat gigi berlubang. Kemampuannya tersebut ada pada kandungan antioksidannya yang diketahui mampu membasmi kuman penyebab ngilu pada gigi. Kamu hanya perlu meminum minyak cengkeh ini untuk mengatasi rasa ngilu yang terjadi pada gigi kamu. Rasa dari minyak cengkeh sendiri tawar dan aman untuk dikonsumsi.

  • Susu Sapi

Susu sapi murni yang dikenal sebagai minuman yang banyak digemari ini ternyata memiliki manfaat yang sangat baik untuk gigi. Dari yang diketahui susu sapi murni memiliki kemampuan untuk membantu menstabilkan ion fosfat, kalsium, dan flouride untuk memperbaiki kerusakan pada email gigi.

Seperti yang telah diketahui, salah satu penyebab gigi menjadi sensitif adalah akibat email gigi yang terkikis atau rusak. Nah, dengan meminum segelas susu sapi murni sebelum tidur kamu dapat membantu proses perbaikan email gigi yang menipis atau rusak.

Namun, hindari konsumsi susu sapi kemasan karena umumnya produk tersebut sudah ditambahkan pemanis yang dapat membuat gigi jadi berlubang. Minumlah susu sapi murni tanpa pemanis untuk mengatasi rasa ngilu karena gigi sensitif.

  • Es Batu

Alternatif lain yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi gigi ngilu adalah es batu. Dari yang diketahui rasa dingin dari es batu dapat membius saraf secara alami sehingga saraf tersebut akan kebal dan rasa sakitnya akan menghilang. Kamu bisa menggunakan es batu yang telah dibalut dengan handuk kecil untuk dikompreskan pada bagian luar gigi ngilu kamu. Namun, cara ini hanya bersifat sementara saja, kamu tetap harus mencari cara lain untuk mengatasi gigi ngilu yang kamu alami.

  • Menggunakan Pasta Gigi Khusus Gigi Sensitif

Kamu juga bisa memanfaatkan produk pasta gigi khusus yang telah terbukti memiliki efek yang sangat bagus untuk mengatasi masalah gigi ngilu akibat gigi sensitif kamu. Sekarang ini ada banyak produk pasta gigi khusus gigi sensitif yang bisa kamu temukan dan pilih dengan mudah. Pasta gigi tersebut memang diformulasikan untuk meredakan gejala dari gigi sensitis seperti ngilu. Ciri umum dari pasta gigi ini adalah busanya yang tidak terlalu banyak jika dibandingkan dengan pasta gigi biasa.

  • Air Garam

Dari yang diketahui air garam bisa menjadi obat kumur alami yang efektif untuk mengatasi dan meredakan gigi ngilu. Bahkan kandungan garam sendiri dapat membantu membasmi kumandan bakteri yang menyebabkan ngilu di area gigi. Kamu dapat mencampurkan beberapa sendok garam dengan air hangat, lalu gunakan untuk berkumur selama beberapa menit. Ketika berkumur jangan sampai air garam tersebut ikut tertelan.

  • Bawang Merah dan Bawang Putih

Selain dengan garam, kamu juga bisa memanfaatkan dua jenis bahan atau rempah dampur ini. Walau terbilang ekstrim, namun cara ini juga dikenal cukup efektif untuk membantu mengatasi gigi ngilu. Hal ini dikarenakan cairan dalam bawang merah dan bawang putih mengandung enzim yang ampuh untuk membunuh bakteri penyebab gigi ngilu.

Dengan mengunyah bawang merah dan bawang putih selama 3 menit, kuman di mulut akan mati dalam sekejap. Kamu pun bisa menambahkan garam saat mengunyahnya. Dari yang diketahui cara ini cukup ampuh untuk mengatasi gigi ngilu yang tak tertahankan.

  • Hindari Jenis Makanan Tertentu

Bagi mereka yang memiliki gigi sensitif, biasa sering disarankan untuk menghindari beberapa jenis makanan agar tidak memicu timbulnya rasa ngilu di gigi. Beberapa makanan yang perlu dihindari biasa seperti makanan yang terlalu dingin, panas dan manis.

  • Pilih Sikat Gigi Berbulu Lembut

Bagi kamu yang memiliki masalah gigi yang sensitif, kamu juga disarankan untuk menggunakan sikat gigi yang memiliki terktur berbulu lembut. Karena jika sikat gigi yang digunakan kasar, hal tersebut hanya akan membuat rasa ngilu semakin bertambah parah.

  • Kurangi Minuman Bersoda

Minuman bersoda sendiri memiliki sifat asam. Nah, hal tersebut dapat berpotensi mengikir email gigi. Penderita gigi sensitif diwajibkan untuk mengurangi konsumsi minuman bersoda agar tidak menimbulkan rasa ngilu.

  • Hindari Menyikat Gigi Langsung Setelah Makan

Kamu juga diwajibkan untuk menyikat gigi setelah makan. Namun disarankan untuk tidak langsung melakukannya setelah makan. Berilah jeda 1 jam sebelum mengosok gigi, terutama saat kamu habis mengkonsumsi makanan yang bersifat asam. karena jika kamu langsung menggosok gigi pasca menyantap makanan yang bersifat asam, maka email gigi akan menjadi lebih lunak dan mudah terkikis. Setelah makan, segera minum 1-2 gelas air putih untuk menetralkan asam di dalam mulut.

Cara Mencegah Gigi Sensitif

Mencegah gigi sensitif tidaklah sulit kok. Nah, yang paling utama untuk mencegah dan merawat kesehatan gigi dan mulut adalah dengan menjaga kebersihannya. Biasakan untuk selalu menyikat gigi dua kali sehari dan mengganti sikat gigi setiap dua hingga tiga bulan. Beberapa hal lain yang perlu kamu perhatikan untuk mencegah gigi sensitif adalah :

  • Tidak menyikat gigi berlebihan dan hindari menyikat gigi 30 menit setelah makan makanan berasam. Ini karena jika asam masih menempel pada email gigi, menyiktaknya justru bisa merusaknya.
  • Mengurangi makanan bergula dan minuman berasam yang dapat menempel pada email gigi.
  • Menghindari kebiasaan mengertak gigi (bruxism). Ini dikarenakan bruxism bisa mematahkan gigi dan meningkatkan risiko sensitivitas.
  • Minumlah air mineral untuk menormalkan kadar asam di mulut setelah mengkonsumsi susu atau makanan serta minuman yang mengandung asam.
  • Rutin memeriksakan kesehatan gigi ke dokter gigi setiap 6 bulan atau sesuai jadwal yang disarankan dokter gigi.

Perawatan rutin dan menjaga kebersihan gigi dan mulut adalah kunci utama untuk mencegah gigi sensitif. Apapun masalah gigi dan mulut yang kamu alami, alangkah baiknya kamu langsung mengkonsultasikannya pada dokter spesialias gigi terbaik.

OK guys, itulah dia sejumlah informasi mengenai penyebab gigi ngilu dan cara mengatasinya yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar