Kamis, 18 April 2019

Daun Meniran, Jenis Tanaman Liar Yang Kaya Manfaat

Daun Meniran, Jenis Tanaman Liar Yang Kaya Manfaat - Daun meniran sendiri sering dianggap sebagai jenis tanaman liar yang keberadaaanya seringkali diabaikan. Padahal sebenarnya tanaman liar yang satu ini memiliki banyak manfaat lho. Yup, dari yang diketahui ada banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh yang bisa diberikan oleh tanaman liar yang satu ini. Penasaran apa saja manfaatnya??? Ok berikut kami rangkumkan sejumlah manfaatnya untuk kamu sekalian. :)
Daun Meniran, Jenis Tanaman Liar Yang Kaya Manfaat
Sekilas Mengenai Daun Meniran

Yup, daun meniran ini seringkali terabaikan oleh kebanyakan orang karena dianggap sebagai tanaman liar. Namun, berdasarkan hasil dari Medical Manager Consumer Health Division PT. Kalbe Farma, dr. Helmi Agustina Silalahi mengungkapkan bahwa meniran merupakan herbal yang sudah terbukti dapat membantu penyembuhan saat flu. Sebab kandungannya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Dari yang diketahui tanaman liar bernama meniran ini memiliki zat imunomodulator dan flavonoid. Zat imunomodulator sendiri berfungsi untuk merangsang sistem imun dan membantu mempercepat proses penyembuhan. Sementara flavonoidnya dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

Yup, walau dianggap sebagai tanaman liar namun, tanaman meniran ini memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan lho. Nah, manfaatnya tersebut tak lain karena sejumlah kandungan penting seperti flavon, hypophyllanthin, nirathin, nirterali, nirurin, rutin, gallic acid, ascobic, hinokinin, quercetin, beta-glucogallin, seco-4-hidrosilintetralin, hidroksinirantin, nirfilin, dan neoligni. Di samping itu, juga mengandung sejumlah senyawa ilmian seperti ekstrak metanol, flavonoid, glikosida flavonoid, ion-ion Na dan K, antioksidan, immunomudalator, hepatoprotektor yang mengandung banyak khasiat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Dari Daun Meniran Bagi Kesehatan Tubuh

Adapun sejumlah manfaat daun meniran yang dikenal baik untuk kesehatan tubuh di antaranya yaitu :

  • Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Berdasarkan hasil penelitian baru-baru ini ditemukan bahwa meniran memiliki senyawa yang dikenal sebagai flavonoid yang dapat merangsang aktivitas immunomodulator. Yang mana dengan bantuan senyawa lainnya maka sistem imun tubuh bisa menjadi lebih kuat dan meningkat.

  • Meredakan Nyeri

Dari hasil penelitian yang dilakukan di Brazil mengungkapkan bahwa kandungan yang terdapat pada daun meniran dapat mengatasi rasa nyeri pada tubuh.

  • Obat Kanker

Daun meniran ini dikenal akan sifat immunomudalator nya, di mana karena sifatnya tersebut, daun meniran juga sering digunakan sebagai imunoterapi dan terapi pendamping untuk menemani pengobatan utama.

  • Hepatitis Kronis

Dari hasil uji klinis di RS Soetomo membuktikan bahwa meniran berkhasiat mengatasi hepatitis B. Hal ini dikarenakan ekstrak daun meniran dapat memodulasi sistem imun melalui proliferasi dan aktivitas limfoist T dan B. Sedangkan hasil riset dari Haowie dalam Journal Laboratory Clinic Medicine menyebutkan bahwa meniran terbukti menghambat kinerja polimerisasi DNA oleh virus hepatitis B dan mengikat antigen virus tersebut.

  • Mengobati Batu Ginjal dan Asam Urat

Ekstrak daun meniran sendiri diketahui memiliki kandungan ion K yang dapat menyembuhkan batu ureter dan empedu. Zat flavonoid juga dapat menangani asam urat dan memiliki efek diuretik yang merangsang lancarnya pengeluaran air seni.

  • Mengobati Radang Sendi

Radang sendi atau rematik dapat diatasi dengan mengkonsumsi ekstrak daun meniran secara reguler. Kandungan senyawa zat anti-inflamasi dapat mengurangi bahkan menghilangkan nyeri dan sakit pada sendi.

  • Mengobati Penyakit Kuning

Efek anti hepatoprotektif dari daun meniran dapat menyembuhkan penyakit kuning dan memperbaiki kerusakan jaringan hati dengan mengangkat racun yang bersarang.

  • Mengatasi Hipertensi

Daun meniran sering digunakan sebagai ramuan tradisional untuk menurunkan tekanan darah tinggi dikarenakan kandungan kalium dalam meniran yang tinggi. Dengan konsumsi secara rutin, tekanan darah dapat kembali normal.

  • Mencegah Penyakit Kulit

Kandungan phyllanthin dan hypophyllanthin dalam ekstrak daun meniran dapat dipakai sebagai antibiotik alami yang dapat menekan pertumbuhan jamur dan bakteri yang biasanya menjadi penyebab penyakit kulit.

Ok guys, itulah dia sejumlah informasi mengenai daun meniran, jenis tanaman liar yang kaya akan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Sekian yang dapat disampaikan, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih banyak atas kunjungannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar