Selasa, 16 April 2019

Penyebab Gusi Sering Berdarah dan Cara Mengatasinya

Penyebab Gusi Sering Berdarah dan Cara Mengatasinya - Sering mengalami gusi berdarah??? Apa kamu tahu apa penyebabnya??? Jangan anggap sepele lho, gusi berdarah bisa menjadi indikasi gangguan kesehatan yang lebih serius lho. Ok untuk mengetahui mengalami gusi kamu sering berdarah. Berikut saya rangkumkan sejumlah informasinya.
Penyebab Gusi Sering Berdarah dan Cara Mengatasinya
Gusi yang sering berdarah merupakan indikasi adalah penyakit pada gusi. Namun, selain itu, gusi yang sering berdarah juga bisa menandakan adanya masalah kesehatan lainnya pada tubuh.

Nah, ketika kamu berpikir tentang kesehatan gigi, kamu mungkin akan terlalu fokus dengan bagaimana cara mencegah gigi agar tidak berlubang. Namun yang perlu kamu tahu selain berfokus untuk mencegah gigi berlubang ada hal lain yang sama pentingnya lho. Yup, hal tersebut adalah memperhatikan kesehatan gusi kamu. Gusi sendiri memiliki pernanan penting untuk kesehatan gigi dan juga mulut. Sehingga menjaga kesehatan gusi juga merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Penyebab Gusi Sering Berdarah

Karena sering terabaikan, maka tak heran jika ada sejumlah kasus di mana seseorang memiliki gusi yang sering berdarah. Dalam sejumlah kasus, gusi bengkak dan gusi berdarah sendiri merupakan tanda dari penyakit gusi. Gusi sendiri terbuat dari jaringan halus dan jika kamu menyikat gigi terlalu keras dan cara yang salah, hal tersebut bisa saja membuat gusi menjadi merah dan berdarah. Selain menyikat gigi yang terlalu keras, ada beberapa penyebab lain yang bisa membuat gusi menjadi sering berdarah di antaranya yaitu :

  • Kurangnya Kebersihan Gigi dan Mulut

Kebiasaan seperti malam menggosok gigi atau flossing merupakan hal yang dapat mempermudah terbentuknya plak, tartar dan kalkulus (karang gigi) dari sisa-sisa makanan yang tertinggal pada gigi. Nah, kondisi tersebutlah  yang dapat membuat iritasi dan peradangan pada gusi. Peradangan yang terjadi bisa menyebabkan gusi mudah berdarah disamping itu juga dapat menyebabkan bengkak pada gusi.

  • Trauma Pada Gusi

Traim pada gusi bisa saja terjadi akibat menggunakan sikat gigi yang berbulu keras atau karena terlalu bersemangat menyikat gigi . Nah, trauma yang terjadi akibat sejumlah hal tersebut juga diketahui dapat menjadi penyebab gusi sering berdarah. Oleh karena itu, pastikan sikat gigi yang kamu gunakan memiliki bulu yang lembut dan usahkan untuk menggantinya setidaknya 3 bulan sekali (tergantung kualitas sikat gigi) dan usahakan untuk menyikat gigi dengan gerakan yang benar.

  • Merokok

Salah satu kebiasaan yang banyak dilakukan oleh sejumlah orang khususnya kaum pria ini juga memiliki dampat negatif bagi gusi. Merokok tidak hanya dapat merusak paru-paru, melainkan juga dapat membuat kesehatan gusi dan mulut menjadi terganggu. Tak hanya membuat bibir menjadi berwarna hitam, merokok juga turut mengakibatkan jaringan pada gusi menjadi sulit diperbaiki dan membuatnya menjadi mudah bengkak dan berdarah.

  • Stres

Seperti yang diketahui stres merupakan salah satu jenis faktor yang dapat memicu banyak penyakit pada tubuh, mulai dari darah tinggi, sejumlah gangguan kulit dan bahkan juga masalah pada gusi. Gusi yang berdarah memang sekilas tampaknya tak ada kaitannya dengan stres. Namun, secara tidak sadar, sebetulnya kecemasan dan agitasi yang kamu alami dapat menjadi penghambat bagi kemampuan sistem imun tubuh untuk menangkal penyakit pada gusi.

Stres merupakan sebuah kondisi yang sebaiknya bisa dihindari atau dikelola dengan baik karena mampu menjadi pemicu peradangan di pembuluh darah. Dengan demikian, pada akhirnya jaringan lunak di mulut bisa menjadi pecah dan menghambat kemampuannya untuk sembuh. Tak ada salahnya untuk berusaha mencari tahu cara mengatasi stres supaya tidak berakibat buruk bagi kesehatan.

  • Gigi Miring atau Mal-posisi

Gigi miring atau posisi gigi yang tak semestinya diketahui dapat membuat makanan mudah terjebak disana dan sulit untuk dibersihkan. Hal ini biasanya terjadi pada gigi graham paling belakang (molar 3). Jika tidak segera di atasi akan menyebabkan gusi disekitarnya menjadi meradang dan mudah berdarah.

  • Penyakit Periodontal

Radang gusi (gangivitis) yang tidak diobati dengan baik diketahui dapat berpotensi menyebabkan penyakit periodontal, di mana peradangan menyebar ke jaringan dan tulang yang menyokong gigi. Selain dapat menyebabkan gusi berdarah juga mungkin dapat memicu munculnya nanah antara gigi dan gusi.

  • Kekurangan Vitamin C

Dalam istilah medis kondisi ini dikenal dengan istilah scurvy. Kondisi ini dapat terjadi ketika seseorang jarang makan buah-buahan dan sayuran yang kaya akan vitamin C. Scurvy ini menyebabkan gusi bengkak, sakit dan mudah berdarah.

  • Kekurangan Vitamin K

Selain disebabkan akibat kekurangan vitamin C, gusi berdarah juga diketahui dapat terjadi akibat kekurangan vitamin K. Vitamin ini sendiri merupakan faktor penting dalam proses pembekuan darah. Oleh karean itu, jika kekurangan vitamin K tubuh akan memiliki kecenderungan mudah berdarah termasuk gusi.

  • Perubahan Hormon Pada Wanita

Hal ini terjadi pada berbagai tahap kehidupan seorang wanita seperti saat mencapai pubertas, kehamilan atau fase postmenopause. Perubahan hormon terutama saat hamil dapat membuat gusi lebih sensitif dan mudah berdarah.

  • Gangguan Pembekuan Darah

Gangguan pembekuan darah seperti hemofilia, ITP (idiopatic thrombocytopenic purpura) dan leukimia juga diketahui dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya gusi berdarah.

  • Obat-obatan Tertentu

Selain akibat gangguan pembekuan darah, ada juga sejumlah obat-obatan tertentu yang memiliki efek mengencerkan darah seperti warfarin, aspirin dan heparin yang jika digunakan secara berlebihan juga dapat menyebabkan gusi berdarah.

  • Kanker

Beberapa jenis kanker seperti leukimia (kanker darah) atau multiple myeloma (kanker sumsum tulang) juga diketahui dapat menyebabkan gusi mudah berdarah.

Tips Mencegah Gusi Sering Berdarah

Kondisi di mana gusi yang sering berdarah ini kerap kali dialami oleh sejumlah orang. Namun, masalah ini seringkali diabaikan atau bahkan dianggap sepele. Padahal jika masalah ini dibiarkan, dapat berisiko menyebabkan penyakit yang lebih serius. Nah,untuk mencegah komplikasi tersebut, berikut ini ada beberap tips untuk mencegah gusi sering berdarah, di antaranya yaitu :

  • Gunakan sikat gigi yang berbulu lembut dan menggosok gigi secara perlahan. Setidaknya lakukan 2 kali sehari.
  • Lakukan flossing gigi dua kali sehari untuk mencegah munculnya plak pada gigi.
  • Kunjungi dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali untuk menghilangkan plak, salah satu penyebab gusi sering berdarah.
  • Bilas mulut dengan menggunakan obat kumur setiap hari. Obat kumur adalah antiseptik yang dapat membunuh bakteri penyebab penyakit gusi. Jangan menggunakan obat kumur yang mengandung alkohol, karena dapat membuat masalah gusi sering berdarah menjadi lebih buruk lagi.
  • Lakukan diet seimbang, seperti kurangi asupan karbohidrat dan menghindari cemilan di antara waktu makan.
  • Hindari penggunaan tembakau, karena zat pada tembakau dapat membuat gusi yang sering berdarah menjadi lebih buruk.
  • Kontrol gusi yang sering berdarah dengan menerapkan tekanan langsung pada gusi memakai kain kasa yang sudah dibasahi air es.
  • Jika telah didiagnosa mengalami kekurangan vitamin, maka konsumsilah suplemen vitamin.
  • Hindari obat aspirin, kecuali dokter telah merekomendasikan obat tersebut aman untuk kamu.
  • Jika gusi sering berdarah diakibatkan oleh pemasangan gigi palsu atau peralatan gigi lainnya yang tidak cocok, segera temui dokter gigi kamu.
  • Mimum banyak air, terutama setelah makan. Hal ini dapat membantu mencuci makanan dari gigi dan kemungkinan membuat bakteri tidak dapat membentuk plak yang bisa menyebabkan gusi sering berdarah.
  • Hati-hati terhadap makanan dan minuman yang sangat panas atau dingin, karena dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada gusi kamu.
  • Usahakan untuk menghindari stres, karena stres dapat meningkatkan hormon kortisol yang kemungkinan akan menyebabkan peradangan di seluruh tubuh kamu, termasuk gusi.
Bahan Alami Untuk Mengatasi Masalah Gusi Berdarah


Nah, sedangkan untuk mengatasi gusi yang sering berdarah kamu bisa memanfaatkan sejumlah ramuan herbal yang berikut ini yang diketahui mampu mengatasi masalah gusi berdarah. Di antaranya yaitu :

  • Air Garam

Berkumur dengan larutan air garam diketahui dapat menjadi salat satu cara alternatif yang dapat meredakan pendarahan di gusi. Seperti yang telah diketahui, garam memiliki sifat anti-inflamasi dan antiseptik yang dapat bekerja untuk meredakan pembengkakan dan infeksi penyebab gusi berdarah.

Cara yang bisa kamu lakuakan adalah dengan mencampurkan dua sendok garam dengan segelas air hangat dan gunakan sebagai obat kumur hingga bengkak pada gusi berkurang. Selain dapat meredakan pendarahan, air garam juga akan membuat mulut terasa lebih kesat dan bebas bau tak sedap.

  • Madu Murni

Madu juga diketahui memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang akan membantu menyingkirkan bakteri penyebab infeksi gusi. Dioleskan secara merata di bagian gusi yang bengkak dan berdarah, madu juga dapat meredakan rasa pegal yang muncul akibat gusi membengkak.

  • Jus Cranberry

Mengkonsumsi jus cranberry tanpa gula juga bisa menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi masalah gusi yang berdarah. Dalam buah cranberry sendiri terkandung asam fenolik dan antosianin yang dikenal sebagai obat alami bersifat antimikroba dan antibakteri. Nah, dengan kandungan tersebut cranberry bisa membantu menjaga gigi dan gusi dari bakteri berbahaya.

  • Kunyit

Mengoleskan krim yang terbuat dari kunyit dan minyak kelapa juga diketahui dapat menjadi obat alami untuk meredakan pendarahan pada gusi. Hal ini karena kunyit memiliki kandungan kurkumin yang bersifat terapiutik yang dapat meredakan dan mempercepat penyembuhan pada gusi yang bengkak dan berdarah.

Caranya, kamu hany perlu memijat gusi yang bengkak dengan krim kunyit lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu, kumur-kumur dengan menggunkaan air hangat dan rasa pegal pada gusi pun pasti akan berangsur menghilang.

  • Campuran Lemon dan Air Hangat

Ramuan herbal yang satu ini bisa menjadi solusi yang tepat untuk kamu yang mengalami gusi berdarah akibat kekurangan vitamin C. Hal ini dikarenakan ramuan yang terbuat dari lemon dan air hangat bisa membantu menyingkirkan bakteri membandel yang ada di mulit juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga badan tak akan mudah terserang penyakit, termasuk infeksi gusi.

Sumber Referensi :
♦️ https://www.alodokter.com/ini-penyebab-gusi-sering-berdarah-dan-tips-mencegahnya
♦️ https://halosehat.com/penyakit/penyakit-gigi-dan-mulut/penyebab-gusi-sering-berdarah
♦️ https://www.honestdocs.id/penyebab-gusi-berdarah-dan-cara-mengatasinya
♦️ https://kumparan.com/@kumparanfood/7-bahan-alami-yang-dapat-membantu-mengatasi-gusi-berdarah

Ok guys, itulah dia sejumlah informasi mengenai penyebab gusi sering berdarah dan cara mengatasinya yang dapat disampaikan. Sekian, semoga dapat bemanfaat dan terimakasih banyak atas kunjungannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar