Selasa, 16 April 2019

Bawang Sabrang, Bawang Dayak Dari Kalimantan Yang Kaya Akan Manfaat

Bawang Sabrang, Bawang Dayak Dari Kalimantan Yang Kaya Akan Manfaat - Pernahkah sobat mendengar yang namanya bawang dayak atau bawang sabrang??? Yup, mungkin sebagian di antara kita masih asing dengan nama bawang tersebut. Namun nyatanya Indonesia ini memiliki jenis bawang lain selain bawang yang sering ditemukan di dapur. Yup, bawang tersebut adalah bawang dayak yang akan saya ulas manfaatnya pada kesempata kali ini. Penasaran dengan bawang yang satu ini dan manfaatnya??? Ok yuk, langsung aja simak ulasan lengkapnya berikut ini!!!
Bawang Sabrang, Bawang Dayak Dari Kalimantan Yang Kaya Akan Manfaat
Sekilas Tentang Bawang Dayak

Bawang dayak atau juga dikenal sebagai bawang sabrang atau bawang tiwai ini merupakan salajh satu jenis bawang lain yang jarang didengar namun memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan. Jenis bawang yang satu diketahui banyak dibudidayakan di pulau Kalimantan. Nama bawang dayak sendiri diberikan berdasarkan nama Suku Dayang yang merupakanan salah satu suku yang ada di Kalimantan.

Bawang dayak dengan nama latinnya Eleutherine palmifolia ini sekilas menyerupai bawang merah pada umumnya, hanya saja bentuknya memang terlihat lebih lonjong dibandingkan dengan bawang merah. Daun dari daun dayak berwarna hijau dan bentuk unik seperti pita. Nah, hal lain yang dapat membedakan bawang dayak dengan bawang merah adalah bunganya cantik dan berwarna putih.

Kandungan Senyawa Dari Bawang Dayak

Jenis bawang yang satu ini diketahui telah diakui kegunaanya khususnya untuk pengobatan herbal dan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Nah, manfaatnya tersebut tak terlepas dari kandungan senyawa yang terkandung di dalamnya seperti alkaloid, flavonoid, steroid, tanin, felonik, glikosida, dan senyawa penting lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh.

Khasiat Dari Bawang Dayak Bagi Kesehatan Tubuh

Dengan sejumlah kandungan senyawa penting tersebut, bawang dayak dikenal akan manfaatnya yang sangat banyak. Adapun beberapa manfaatnya tersebut di antaranya yaitu :

  • Anti-kanker

Senyawa yang terkandung dalam bawang dayak dikenal akan kemampuannya yang mampu bekerja sebagai agen antikanker. Dalam bawang dayak terkandung senyawa yang dikenal dengan nama naphtokuinones. Senyawa tersebut dan senyawa lainnya dikenal memiliki efektivitas yang mampu bekerja untuk menurunkan aktivitas dari sel Cyclin-E. Nah, dengan menurunkan aktivitas dari sel tersebut, maka hal tersebut dapat memicu hancurnya sel kanker.

Dari hasil penelitian yang telah ada menunjukkan bahwa khasiat bawang dayak secara signifikan dapat menurunkan ekspresi Cyclin-E galur sel kanker serviks uteri Hela. Hal ini membuktikan bahwa bawang dayak bisa menjadi salah satu alternatif obat kanker serviks. Namun hal ini diketahui masih dibutuhkan studi lebih lanjut untuk penemuan tersebut.

  • Agen Anti-inflamasi

Tidak hanya bekerja sebagai agen anti-kanker, bawang dayak juga diketahui memiliki peranan sebagai agen anti-inflamasi atau anti-radang yang di dapat dari senyawa flavonoid yang terkandung di dalamnya. Dengan peranannya tersebut, bawang dayak mampu membantu mengatasi sejumlah penyakit yang disebabkan akibat adanya peradangan pada tubuh seperti redang sendi, hepatiti, amandel dan sejumlah penyakit peradangan lainnya.

  • Mengontrol Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi sendiri dikenal sebagai penyakit yang sangat umum di kalanganan masyarakan modern ini dan bahkan penyakut ini dapat menyerang siapa saja. Nah, untuk mencegah dan mengatasi tekanan darah tinggi, bawang dayak bisa menjadi solusi alternatifnya. Hal ini dikarenakan bawang dayak memiliki senyawa alisin yang diklaim mampu menurunkan kekentalan darah serta tekanan darah. Selain itu, bawang dayak juga diketahui memiliki sifat diuretik yang sangat baik.

  • Menurunkan Kadar Gula Darah

Tidak hanya dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Bawang dayak juga bisa digunakan sebagai obat untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Dari yang telah diketahui beberapa senyawa dari bawang dayak seperti flavonoid, glikosida, alkaloid dan saponin diketahui mampu berperan untuk menurunkan kadar gula darah. Nah, dengan kemampuannya tersebut membuat bawang dayak ini bisa dijadikan sebagai alternatif obat untuk penderita diabetes.

  • Menangkal Radikal Bebas

Manfaat lain dari bawang dayak adalah kemampuannya yang mampu bekerja sebagai antioksidan yang dapat menangkal paparan radikal bebas. Nah, seperti yang telah banyak diketahui bahwa radikal bebas sendiri merupakan senyawa yang dapat meningkatkan risiko tubuh untuk terkena penyakit. Kandungan antosianin yang terkandung dalam bawang dayak diketahui mampu berperan sebagai antioksidan untuk menangkal berbagai paparan radikal bebas terhadap tubuh. Sehingga dengan begitu tubuh akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

  • Mengobati Batu Ginjal

Bawang dayak juga bisa sobat jadikan sebagai alternatif obat batu ginjal. Dari yang diketahui bawang dayak ini memiliki senyawa yang mampu bekerja untuk menurunkan pH Urine serta menurunkan kadar kalsium. Nah, dengan kemampuannya tersebut, bawang dayak dipercaya mampu membantu memproses penghancuran dan pengeluaran batu ginjal. Bahkan sifat diuretik yang dimiliki bawang dayak juga dapat berperan untuk membantu proses penyembuhan batu ginjal.

  • Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Selain dapat membantu mengobati sejumlah penyakit, bawang dayak juga dikenal memiliki kemampuan untuk mencegah munculnya penyakit. Nah, salah satunya mampu mencegah munculnya penyakit jantung koroner. Hal ini dikarenakan bawang dayak memiliki kandungan senyawa felonik yang dapat bekerja untuk mencegah penyakit jantung koroner dengan sangat efektif.

  • Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Kandungan alkaloid dalam bawang dayak juga bisa membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh dan bahkan dapat membantu sistem pencernaan. Selain itu juga dapat membnatu mencegah terjadinya infeksi usus, konstipasi, dan masalah ginjal.


  • Untuk Kesehatan Kulit

Tak hanya baik untuk kesehatan dalam, bawang dayak juga dikenal memiliki manfaat yang sangat baik untuk perawatan kulit. Dari yang diketahui berbagai senyawa yang terkandung dalam bawang dayak memiliki kemampuan untuk mencerahkan kulit wajah, dan mencegah timbulnya bintik hitam pada wajah.

  • Baik Untuk Sistem Reproduksi Wanita

Flavonoid dan saponin yang terkandung dalam bawang dayak juga diketahui memiliki peran besar untuk melindungi sistem reproduksi wanita. Dengan kandungan senyawa yang terkandung di dalamnya, membuat bawang dayak juga dipercaya mampu mencegah keputihan tidak normal, melancarkan siklus menstruasi, dan menguragi dismenore (nyeri haid).

Nah, untuk mendapatkan manfaat yang dari bawang dayak untuk kesehatan, sobat bisa memanfaatkan jenis bawang yang satu ini dengan cara dijadikan sebagai manisan, dikeringkan atau dikemas dalam bentuk bubuk. Walau memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk tubuh, namun sobat juga disarankan untuk tidak mengkonsumsi bawang dayak dalam jumlah yang berlebihan. Atau ada baiknya sobat mengkonsultasikannya terlebih dahulu pada dokter atau pakar ahli dibidangnya sebelum menggunakan bawang dayak sebagai alternatif obat herbal sobat.

Dari yang diketahui seluruh bagian dari tanaman bawang dayak ini mulai dari umbi, akar dan daunnya bisa sobat manfaatkan untuk dijadikan sebagai obat herbal. Jenis bawang yang satu ini bisa sobat konsumsi dalam keadaan segar, diseduh seperti teh, atau diproses terlebih dahulu menjadi bubuk dan kapsul atau dijadikan manisan.

Sumber referensi : https://doktersehat.com/pengobatan-alternatif-dengan-tanaman-bawang-sebrang/ dan https://www.kompasiana.com/petani-eksis/5b0b9d75cf01b45bd3628593/manfaat-bawang-dayak-bagi-kesehatan-dan-kecantikan-tubuh?page=all

Ok sobat sekalian, itulah dia sejumlah informasi mengenai bawang dayak, bawang Kalimantan yang kaya akan manfaat yang bisa saya sampaikan. Sekian dari saya, semoga dapat bermanfaat bagi sobat sekalian, dan terimakasih banyak atas kunjungannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar