Sabtu, 13 April 2019

Cara Mengobati Cacingan Pada Si Kecil Dengan Bahan Alami

Cara Mengobati Cacingan Pada Si Kecil Dengan Bahan Alami - Cacingan sendiri merupakan kondisi gangguan kesehatan yang umum terjadi di kalangan anak-anak. Yup, kondisi tersebut mudah terjadi pada anak-anak dikarenakan si kecil belum bisa menjaga kebersihannya sendiri. Namun walaupun diketahui umum terjadi pada anak-anak, namun kondisi cacingan juga bisa saja menyerang orang dewasa. Ok untuk mengatasi masalah cacingan ini, berikut kami rangkumkan sejumlah ramuan herbal yang bisa Mom jadikan sebagai obat cacingan.
https://ecijamuobat.blogspot.com/
Penyakit cacingan sendiri mengacu pada kondisi di mana spesies cacing menembus kulit dan masuk ke dalam tubuh. Kondisi cacingan ini dapat menimbulkan sejumlah gejala yang jelas seperti kurus namun perut agak buncit, berat badan tidak naik walau nafsu makan normal. Selain itu, biasanya anak-anak yang mengalami cacingan sering merasa gelisah di malam hari dan menggaruk pantat karena gatal pada bagian anus. Tidak hanya itu, diare, gangguan lambung atau sulit buang air besar juga bisa menjadi pertanda cacing di dalam tubuh.

Biasanya untuk mengatasi cacingan, dokter akan memberikan resep obat cacing yang disesuaikan dengan usia dan gejala yang muncul. Namun, selain obat dari resep dokter, mom juga bisa menggunakan sejumlah bahan alami untuk mengatasi masalah cacingan yang terjadi pada anak.

Bahan Alami Untuk Atasi Cacingan Pada Anak

Adapun sejumlah bahan alami yang bisa mom racik sendiri sebagai ramuan herbal untuk mengatasi cacingan pada anak-anak, di antaranya yaitu :

  • Kunyit

Kunyit sendiri dikenal sebagai antiseptik internal yang dapat membantu menghilangkan semua jenis cacing usus. Nah, Mom bisa menjadikan kunyit ini sebagai alternatif yang mudah dan sederhana untuk mengatasi masalah cacingan yang terjadi pada anak-anak. Mom bisa meminumkan segelas air hangat yang dicampur dengan satu sendok bubuk kunyit sekali setiap hari selama lima hari. Mom bisa memberikan minuman ini selama seminggu untuk menghancurkan cacing usus.

  • Bawang Putih

Salah satu jenis rempah yang sering berada di dapur ini juga diketahui bisa menjadi alteranatif untuk mengatasi cacingan pada anak. Pasalnya asam amino yang terkandung dalam bawang putih mengandung sulfur yang bersifat sebagai anti-parasit. Nah, dengan sifatnya anti-parasitnya tersebut, bawang putin menjadi salah satu bahan alami yang bisa Mom gunakan untuk menyingkirkan sejumlah parasit yang ada di dalam tubuh termasuk cacing parasit penyebab cacingan.

Nah, Mom bisa memberikan 3 siung bawang putih mentah untuk dikonsumsi si kecil dalam keadaan perut kosong. Cara tersebut diketahui dapat membantu membersihkan cacing dari usus.

Jika si kucil sulit untuk mengkonsumsinya secara langsung, Mom bisa memberikan susu yang telah dicampur dengan 2 siung bawang putih yang telah direbus dan dihancurkan setiap harinya sampai cacingan pada si kecil sembuh.

  • Cengkeh

Bahan alami yang satu ini juga diketahui dapat membantu mengatasi cacingan pada si kecil. Pasalnya kandungan pada cengkeh bisa membantu menghancurkan caing di usus dan telurnya. Bahkan juga dapat membantu mencegah serangan berikut nya.

Mom bisa menambahkan satu sendok teh cengkeh ke secangkir air panas dan biarkan mendidih selama 20 menit. Lalu Mom bisa memberikan ramuah herbal tersebut pada si kecil dalam jumlah yang terbatas.

  • Wortel

Sayur yang identik dengan warna orange ini dikenal akan vitamin A nya yang sangat tinggi. Kandungan ini diketahui memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan mata, namun selain baik untuk mata, ternyata kandungan tersebut juga bisa digunakan untuk mengobati cacingan.

Cara untuk membuat ramuan herbal dari wortel yang bisa Mom gunakan sebagai obat cacingan yaitu dengan memarut 5-7 buah worterl yang kemudian diperas dan ambil airnya. Lalu campurkan dengan santan kelapa dengan perbandingan yang sama banyak dan beri sedikit garam, aduk sampai rata. Dan ramuan herbal dari wortel sudah siap Mom gunakan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Mom bisa memberikan ramuah ini secara rutin pada malam hari sebelum si kecil tidur hingga cacing keluar dari tubuh.

  • Pepaya Mentah

Pepaya mentah diketahui memiliki enzim yang disebut dengan papain. Enzim ini juga diketahui mampu bertindak sebgaai anthelmintik untuk menghancurkan cacing di usus. Biasanya biji pepaya juga sering digunakan untuk mengusir cacing dari perut.

Mom bisa menambahkan biji pepaya dan campurkan satu sendok makan susu atau air hangat. Ajak si kecil untuk meminumnya di pagi hari, selama tiga hari berturut-turut.

Mom juga bisa menggunakan campuran satu sendok makan pepaya mentah dan satu sendok makan madu dalam susu hangat atau air untuk diberikan pada si kecil sebagai obat cacingannya. Dan biarkan si kecil meminum ramuan herbal ini dalam keadaan perut kosong untuk membantu menghilanghkan cacing usus.

Ok Mom, itulah dia beberapa bahan alami yang bisa Mom jadikan sebagai obat cacingan untuk si kecil. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung dan menyimak ulasannya sampai akhir. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar