Rabu, 13 Februari 2019

Manfaat Buah Cermai Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Cermai Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh - Ada yang mengenal buah cermai??? Hmmm, mungkin sebagian orang terasa asing mendengar buah yang satu ini. Bagaiman tidak akhir-akhir ini popularitas buah ini semakin menurun dan tergantikan dengan buah lainnya seperti anggur atau sejenisnya. Nah, padahal di zaman dulu buah ini sangat populer lho guys. Yuk, kenali lebih dekat tentang buah cermai yang katanya juga memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan lho!!!

Manfaat Buah Cermai Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Yup, tidak banyak orang yang mengenal buah yang satu ini. Buah cermai atau dikenal juga dengan nama goosberry ini memiliki nama latin 'Phyllanthus Acidos' yaitu jenis buah yang memang tidak tumbuh subur di sembarang tempat. Buah cermai sendiri memiliki bentuk yang cukup unik menyerupai bunga yang padat berwara kuning terag kehijauan dan bagian dagingnya berwarna kuning keputihan. Dagingnya berair dan memiliki rasa yang cukup asam dan kecut. Kebanyakan orang sering memanfaatkan buah ini untuk diolah sebagai manisan.

Dari yang diketahui buah cermai ini berasal dari Madagaskar dan banyak dikembangkan di daerah tropis salah satunya adalah Indonesia. Buah cermai sendiri juga dikenal sebagai jenis buah dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Walau buah yang satu ini tidak sepopuler buah yang lainnya, namun dari hasil penelitian menemukkan bahwa buah cermai mengandung sejumlah kandungan senyawa, nutrisi dan juga mineral penting yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan kandungannya tersebut juga dikenal sangat baik untuk membantu mengatasi sejumlah gangguan kesehatan secara alami dan menyeluruh dengan aman tanpa efek samping yang akan merugikan kesehatan tubuh.

Kandungan Bermanfaat Dari Buah Cermai

Adapun sejumlah kandungan yang ada dalam buah cermai di antaranya yaitu :
  • Flavonid.
  • Vitamin C.
  • Mineral.
  • Kalori.
  • Karbohidrat.
  • Kalsium.
  • Kalium.
  • Serat.
  • Zat besi.
  • Fosfor.
  • Tanin.
  • Riboflavin.
  • Thiamine.
  • Dan sejumlah kandungan penting lainnya.
Nah, dengan sejumlah kandungan penting tersebut, menjadikan buah cermai sebagai buah yang kaya akan manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Hebat Dari Buah Cermai Yang Baik Untuk Tubuh

Adapun sejumlah manfaat baik yang dapat diberikan buah cermai bagi kesehatan tubuh di antaranya yaitu :

  • Mengobati Sembelit

Buah cermai dikenal akan kandungan vitamin C nya yang sangat tinggi. Bahkan tidak hanya itu, buah cermai juga mengandung serat baik untuk tubuh. Nah, kedua kandunga tersebut dikenal sangat efektif untuk membantu mengatasi sembelit. Kandungan vitamin C dan serat dari buah cermai diketahui mampu membantu memperbaiki masalah pencernaan yang menyebabkan terjadinya sembelit. Jadi bagi Anda yang kini sedang mengalami sembelit bisa memanfaatkan buah yang satu ini sebagai solusi tepatnya.

  • Mengobati Diabetes

Dari yang diketahui buah cermai juga mengandung senyawa polifenol yang sangat tinggi. Nah, kandungan polifenol dalam buah cermai tersebut dikenal sangat baik untuk membantu mencegah terjadinya resistensi urine dan melindungi tubuh dari oksidatif gula darah. Selain itu, buah cermai juga dikenal dapat membantu proses penyerapan insulin yang bisa memicu penurunan gula darah pada penderita diabetes. Yang mana hal ini sangat baik bagi penderita diabetes.

  • Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Kanduang vitamin C dari buah cermai juga diketahui dapat berperan sebagai antioksidan yang baik untuk membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan kemampuan buah cermai tersebut, maka tubuh pun tidak akan mudah terserang penyakit. Buah cermai juga mengandung nutrisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Yang mana hal ini juga sangat baik untuk membantu menjaga sistem imun tubuh agar tetap kuat.

  • Memenuhi Kebutuhan Harian Tubuh

Tak hanya mengandung vitamin C yang tinggi, buah cermai juga mengandung sejumlah gizi lainnya seperti zat besi, karbohidrat, kalium, dan kalsium. Di mana semua kandungan gizi tersebut ternyata baik untuk membantu memenuhi asupan nutrisi harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Anda bisa memanfaatkan buah cermai ini untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian Anda.

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Tingginya vitamin C dalam buah cermai juga menjadikan buah yang satu ini dikenal sebagai jenis buah yang baik untuk kesehatan kulit. Vitamin C sendiri telah dikenal sebagai salah satu vitamin yang memiliki peranan penting dalam proses reproduksi sel tubuh. Bahkan kandungan vitamin C juga dikenal sangat baik untuk membantu memperbaiki sel tubuh yang rusak karena efek dari radikal bebas. Nah, dengan kata lain manfaatnya ini sangat baik untuk menutrisi dan merawat kesehatan kulit.

  • Anti-Kanker

Buah cermai juga diketahui mengandung senyawa bioflavonoid dan juga keratonoid yang sangat penting untuk tubuh. Di mana kedua senyawa dari buah cermai tersebut juga dikenal akan sifat antioksidannya yang sangat baik untuk tubuh. Antioksidan dari buah cermai diketahui mampu berfungsi sebagai zat anti-kanker yang dapat membantu mencegah pertumbuhan dan perkembangan sel kanker di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan antioksidan sendiri dikenal sebagai zat yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab pembentukan sel kanker dalam tubuh. Sehingga dengan kemampuannya tersebut buah cermai dikenal mampu melindungi tubuh dari penyakit kanker.

  • Menyehatkan Tulang

Dengan terkandungnya nutrisi seperti kalsium, kalium dan juga fosfor dalam buah cermai juga menjadikan buah yang satu ini dikenal baik untuk merawat kesehatan tulang. Ketiga mineral tersebut sendiri merupakan nutrisi yang sangat penting untuk menjaga dan meningakatkan kesehatan dan kepadatan tulang dan mencegahnya dari serangan osteoporosis.

Ok sobat, sekian yang dapat disampaikan untuk ulasan kali ini. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih banyak atas kunjungannya. :)

1 komentar:

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia

    BalasHapus