Rabu, 13 Februari 2019

Daun Dadap 'Warisan Nenek Moyang Yang Kaya Manfaat'

Daun Dadap 'Warisan Nenek Moyang Yang Kaya Manfaat' - Ada yang kenal dengan daun dadap??? Yup, tepat... Daun dadap sendiri telah dikenal dan banyak di manfaatkan sebagai ramuan tradisional untuk pengobatan sejumlah penyakit sejak zaman dulu. Penemuan herbal yang satu ini telah diwariskan oleh nenek moyang kita, sehingga dengan kata lain manfaat dari daun dadap sudah tidak perlu diragukan lagi.

Daun Dadap 'Warisan Nenek Moyang Yang Kaya Manfaat'

Daun dadap atau juga dikenal dengan nama cangkring ini merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak tumbuh liar maupun hanya sebatas pagar pembatas di pekarangan. Di beberapa daerah di Indonesia daun dadap yang memiliki nama latin Erythrina Variegata ini juga memiliki nama lain seperti dadap ayam, dadap laut, dadap blendung, dalala itam, deris, dalungdung dan juga theutheuk. Nah, karena daun dadap sendiri telah dikenal lama sebagai tanaman herbal yang kaya manfaat, maka tidak heran sampai saat ini masih banyak masyarakat yang memanfaatkan tanaman ini sebagai obat tradisional. 

Kandungan Dari Daun Dadap

Daun dadap dikenal akan sejumlah kandungannya yang sangat bermanfaat baik untuk kesehatan. Adapun sejumlah kandungan yang terkandung dalam daun dadap di antaranya yaitu :
  • Alkaloid.
  • Aritramina.
  • Eritrina.
  • Artitradin.
  • Hipaforina.
  • Erisofina.
  • Dan senyawa bermanfaat lainnya.
Nah, dari yang diketahui sejumlah kandungan yang terkandung dalam daun dadap memiliki berbagai sifat baik untuk tubuh beberapa di antaranya yaitu bersifat sebagai anti-inflamasi dan anti-piretik, serta bermanfaat untuk mendinginkan dan membersihkan darah.

Manfaat Terbaik Yang Dimiliki Daun Dadap

Dengan sejumlah kandungan tersebut, ada banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh yang bisa kita dapatkan. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat dari daun dadap yang telah dikenal sangat efektif dan aman, di antaranya yaitu :

  • Mengobati Demam

Telah kita ketahui sebelumnya bahwa senyawa yang tekandung dalam daun dadap memiliki peranan yang baik sebagai anti-piretik. Anti-piretik sendiri jenis sifat yang berfungsi untuk membantu menurunkan demam atau panas tubuh yang tinggi. Di samping itu, daun dadap juga dikenal akan manfaatnya yang dapat mendinginkan suhu tubuh. Sehingga dengan kata lain manfaatnya ini sangatlah baik untuk mengatasi demam tinggi. Sobat bisa memanfaatkan daun dadap ini sebagai obat demam dengan cara mengompreskan atau menelatakan daun dadap yang telah dipipis halus pada beberapa anggota badan.

  • Mengobati Cacingan

Cacingan sendiri dikenal sebagai penyakit yang cukup umum dan bisa menyerang siapa saja baik anak-anak maupun orang dewasa. Masalah cacingan diketahui dapat menyebabkan sejumlah masalah pada tubuh. Nah, untuk membantu mengatasi penyakit cacingan ini Anda bisa memanfaatkan daun dadap ini sebagai obatnya. Daun dadap sendiri diketahui memiliki senyawa yang dapat mengeluarkan bahkan membunuh cacing kremi yang ada dalam tubuh secara alami dan menyeluruh dengan aman. Anda bisa memanfaatkan daun dadap ini sebagai obat cacingan dengan cara meminum air rebusan daun dadap yang telah dicampur dengan madu.

  • Mengobati Radang Tenggorokan

Daun dadap juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dikenal sangat efektif untuk membantu mengatasi sejumlah peradangan yang terjadi pada tubuh. Nah, salah satunya adalah mengatasi peradangan atau radang tenggorokan, cara untuk memanfaatkan daun dadap sebagai obat radang tenggorokan pun sangatlah mudah yakni Anda hanya perlu mengkonsumsi air rebusan dari daun dadap secara teratur dan rutin hingga radang tenggorokan yang dialami sembuh.

  • Mengatai Insomnia

Senyawa yang terkandung dalam daun dadap juga diyakini mampu membantu mengatasi gangguan tidur yang dikenal dengan istilah insomnia. Yup, saat mengkonsumsinua sebagai sayur atau lalapan, kandungan dari daun dadap diketahui dapat memberikan efek menenangkan yang mana hal ini akan sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah insomnia. Cara pemanfaatan daun dadap sebagai obat insomnia ini sangat mudah yakni hanya dengan memanfaatkan daun dadap muda yang masih segar untuk dijadikan sebagai sayur atau lalapan.

  • Melancarkan Menstruasi

Nah, bagi kaum wanita yang memiliki masalah dengan sirkulasi menstruasia seperti mentruasi tidak lancar, daun dadap bisa menjadi penawar terbaik untuk mengatasinya. Dari yang diketahui sejumlah senyawa pada daun dadap mampu merangsang hormon yang bertugas dalam siklus haid, sehingga dengan begitu hal ini dapat membantu memperbaiki masalah haid yang tidak lancar dan membantu agar siklus haid yang dialami tetap lancar. Untuk memanfaatkan daun dadap sebagai obat pelancar menstruasi Anda hanya perlu mengkonsumsi daun dadap beserta bunganya secara rutin sebagai sayuran.

  • Mengobati Bengkak

Bagian tubuh mengalami bengkak karena luka atau memar??? Jangan khawatir guys, daun dadap bisa membantu mengatasinya. Yup, senyawa dari daun dadap juga diketahui memiliki kemampuan yang dapat membantu mengatasi bengkak dan rasa nyeri yang ditimbulkannya. Untuk penggunaannya pun sangatlah mudah yaitu Anda hanya perlu menempelkan daun dadap yang telah ditumbuk ke area yang mengalami bengkak. Lakukanlah penanganan ini sesering mungkin sampai bengkak atau memar yang dialami sembuh.

  • Mengobati Perut Mulas

Perut Anda sering mulas??? Yuk, bantu atasi dengan daun dadap. Senyawa yang terkandung dalam daun dadap juga dikenal mampu membantu mengatasi masalah perut yang sering mulas secara alami. Untuk menggunakan daun dadap sebagai obat perut mulas pun sangatlah mudah yaitu Anda hanya perlu menempelkan tumbukan daun dadap dan daun sosor bebek ke permukaan perut. Atau Anda juga bisa menempelkan daun dadap yang telah dilayukan di atas api kecuil pada bagian perut.

  • Meringkan Gejala Rematik

Rematik sendiri dikenal sebagai penyakit peradangan yang dapat menimbulkan sejumlah gejala, salah satunya adalah radang dan nyeri sendi. Nah, untuk membantu mengatasi radang dan nyeri sendi yang terjadi karena rematik. Sobat bisa memanfaatkan tanaman daun dadap sebagai obatnya. Sifat anti-inflamasi yang dimiliki daun dadap juga diketahui sangat efektif untuk membantu mengatasi peradangan yang terjadi pada sendi secara alami dan menyeluruh, bahkan senyawa dari daun dadap juga dikenal mampu meredakan rasa nyeri yang terjadi karena efek radang yang disebabkan rematik. Untuk pemanfaatnya sendiri Anda hanya perlu menempelkan atau menggunakan daun dadap yang telah dipanaskan di atas api kecil sebagai tapal pada bagian sendi yang terasa nyeri dan meradang.

  • Mengobati Sakit Kepala

Nah, jika Anda sedang mengalami sakit kepala, Anda juga bisa memanfaatkan daun dadap sebagai obatnya. Senyawa yang terkandung dalam daun dadap juga diketahui mampu membantu meredakan rasa sakit yang tejadi pada kepala secara alami dan menyeluruh. Ketika sakit kepala menyerang Anda bisa langsung mengkonsumsi daun dadap tersebut sebagai sayur atau lalapan.

  • Mencegah Keguguran

Sejak zaman dulu daun dadap seringkali digunakan sebagai ramuan herbal yang bermanfaat baik bagi ibu hamil. Nah, dari yang diketahui daun dadap mampu membantu mencegah terjadinya keguguran pada ibu hamil. Risiko keguguran bisa terjadi karena disebabkan oleh berbagai hal baik karena aktivitas yang terlalu berat saat kehamilan atau karena lemahnya rahim sang ibu. Nah, dengan memberikan asupan nutrisi dari daun dadap pada ibu hamil, diketahui dapat menyehatkan kandungan sang ibu. Sehingga dengan begitu dapat membantu mencegah terjadinya keguguran dari awal.

  • Mengobati Payudara Bengkak

Manfaat daun dadap lainnya yang dikenal baik untuk ibu hamil dan menyususi adalah khasiatnya yang dapat mengobati payudara yang bengkak. Kondisi ini diketahui dapat terjadi karena ASI tidak lancar atau karena faktor hormonal. Nah, untuk mengatasinya Anda bisa memanfaatkan daun dadap dengan cara meminum air rebusan daun dadap secara rutin setiap harinya. Atau Anda juga bisa mengoleskan daun dadap yang telah ditumbuk pada bagian payudara yang mengalami bengkak.

  • Melancarkan ASI

Tidak hanya mengatasi pembengkakan pada payudara. Ternyata senyawa yang terkandung dalam daun dadap juga dikenal mampu membantu melancarkan produksi ASI pada ibu menyusui. Anda bisa memanfaatkan daun dadap ini sebagai pelancar ASI dengan cara mengkonsumsi air rebusan daun dadap, atau menjadikan daun dadap tersebut sebagai sayuran atau lalapan.

Nah, sobat itulah dia beberapa manfaat daun dadap yang bisa kita dapatkan untuk kesehatan tubuh. Namun, di samping memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh, Anda juga disarankan untuk tidak mengkonsumsi daun dadap secara berlebihan. Hal ini dikarenakan pengonsumsian daun dadap yang berlebihan dapat menyebabkan terjadinya overdosis yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Untuk itu, jangan sampai Anda mengkonsumsinya secara berlebihan ya guys. :)

Ok sobat, sekian yang dapat disampaikan pada kesempatan kali ini. Sekian dari saya, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya. :)

1 komentar:

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia

    BalasHapus