Rabu, 13 Februari 2019

Daun Landep 'Si Liar Yang Kaya Manfaat'

Daun Landep 'Si Liar Yang Kaya Manfaat' - Mungkin masyarakat sudah tidak asing lagi dengan yang namanya daun landep. Yup, tanaman ini dikenal tumbuh liar di beberapa tempat. Namun, walaupun dikenal sebagai jenis tanaman liar, siapa sangka ternyata daun landep memiliki manfaat mengejutkan yang baik untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya??? Yuk, langsung aja kita intip manfaat apa yang terkandung dalam daun landep!!!

Daun Landep 'Si Liar Yang Kaya Manfaat'

Tanaman landep atau lebih khas dikenal dengan daun landep merupakan jenis tanaman liar dengan nama ilmiahnya Barleria Cristata. Tanaman liar  ini diketahui berasal dari Asia Tropik dan Afrika Selatan. Nah, ternyata tanaman liar yang satu ini sangat menyukai iklim yang kering dengan matahari yang melimpah, sehingga tidak heran jika tanaman yang satu ini banyak ditemukan di dataran rendah 300-400 meter di atas permukaan air laut.

Dari segi fisik tanaman daun landep ini sepintas mirip dengan tanaman kacang tanah dengan bentuk daunnya yang bulat-bulat seperti daun katuk. Tanaman daun landep juga diperindah dengan bunganya yang berwarna kuning dan berduri.

Nah, walau dikenal sebagai tanaman liar, ternyata daun landep juga dikenal sangat bermanfaat bagi tubuh. Yup, daun landep diketahui mengandung sejumlah kandungan dan nutrisi penting yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. 

Kandungan Daun Landep

Ada banyak senyawa yang terkandung dalam daun landep, beberapa di antaranya yaitu :
  • Flavonoid.
  • Polifenol.
  • Saponin.
  • Tanin.
  • Garam kalium.
  • Silikat.
  • Dan kandungan penting bermanfaat lainnya.

Manfaat Dari Daun Landep 'Si Liar Yang Bermanfaat'

Dengan sejumlah kandungan tersebut, ada banyak manfaat yang bisa dihasilkan dari daun landep. Beberapa manfaat dari daun landep tersebut di antaranya yaitu :

  • Mengobat Demam

Senyawa yang terkandung dalam daun landep diketahui memiliki efek antipiretik yang dapat membantu menurunkan demam atau suhu panas pada tubuh karena sejumlah infeksi atau penyakit. Bahkan senyawa yang terkandung dalam daun landep juga diketahui dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan begitu hal ini juga akan sangat membantu untuk tubuh dalam melawan infeksi atau penyakit yang sedang terjadi, sehingga proses penurunan demam pun dapat berlangsung dengan cepat.

  • Mengobati Sakit Pinggang

Daun landep juga diketahui memiliki senyawa yang bersifat sebagai analgesik. Di mana senyawa tersebut mampu membantu meredakan nyeri atau rasa sakit pada sejumlah bagin tubuh, salah satunya adalah sakit pinggang. Anda bisa memanfaatkan daun landep ini sebagai obat sakit pinggang dengan cara mengoleskan daun landep yang telah dihaluskan dan dicampur dengan air kapur sirih.

  • Mengobati Penyakit Kulit

Senyawa dari daun landep juga diketahui sangat efektif untuk membantu menyembuhkan sejumlah penyakit kulit seperti panu, kadas, kurap dan penyakit kulit lainnya secara alami dan menyeluruh dengan aman tanpa efek samping. Untuk memanfaatkan daun landep sebagai obat penyakit kulit juga dikenal sangatlah mudah, Anda hanya perlu mengoleskan daun landep yang telah dihaluskan dan dicampur air perasan jeruk nipis pada area kulit yang terkena penyakit. Senyawa daun landep dan jeruk nipis diketahui akan berkonstribusi untuk membantu melawan dan membasmi sejumlah bakteri, virus atau microorganisme lainnya secara menyeluruh dengan aman tanpa efek samping.

  • Menyembuhkan Luka Luar

Selain dapat menyembuhkan penyakit kulit, senyawa yang terkandung dalam daun landep juga diketahui mampu membantu memproses penyembuhan luka luar seperti karena luka bakar atau luka terjatuh dan terkena benda tajam. Bahkan senyawa tersebut juga mampu membantu jaringan kulit yang rusak karena luka yang terjadi. Adapun cara yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan daun landep sebagai obat luka luar ini yaitu dengan cara menempelkan daun landep yang telah dihaluskan dan dicampur dengan air kapus sirih pada area luka yang terjadi. Kandungan dari daun landep dan air kapur sirih akan meresap dan membantu menghentikan peradangan dan meredakan nyeri pada luka.

  • Menyembuhkan Sakit Gigi

Anda juga dapat memanfaat daun landep sebagai obat sakit gigi alami. Nah, di samping dapat mengobati sakit gigi yang terjadi, senyawa yang terkandung dalam daun landep juga diketahui mampu membantu mengatasi gejala seperti sakit kepala yang ditimbulkan karena sakit gigi tersebut. Untuk memanfaatkan daun landep sebagai obat sakit gigi ini sangatlah mudah yakni hanya dengan mengunyah daun landep yang telah dicuci bersih sebelumnya. Nah, jika telah dikunyah segera buang daun landep tersebut dan jangan telan. Anda bisa melakikan cara tersebut beberapa kali hingga sakit gigi yang dialami sembuh.

  • Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan kalium dan flavonoid yang terkandung dalam daun landep ini diketahui mampu berkontribusi untuk membantu menjaga kesehatan tulang. Bahkan senyawa tersebut juga dapat membantu meningkatkan pembentukan tulang sekaligus menghambat reabsorpsi tulang sehingga bisa membantu sel tulang yakni osteoblas dan juga diferensiasi osteoklas semakin sehat. Nah, orang dewasa juga dapat memanfaatkan daun landep ini sebagai obat untuk mencegah terjadinya osteoporosis dengan cara mengkonsumsi air rebusan dari daun landep.

  • Menurunkan Berat Badan

Di samping dapat mencegah osteoporosis ternyata dengan mengkonsumsi air rebusan dari daun landep juga dapat membantu menurunkan berat badan berlebih dengan cepat dan aman tanpa efek samping.

  • Menurunkan Risiko Penyakit Vaskular

Senyawa flavonoid dalam daun landep dikenal sangat baik untuk kesehatan jantung. Dengan kata lain daun landep ini juga mampu membantu mencegah terjadinya penyakit jantung khususnya risiko penyakit vaskular ateroslerotik. Nah, untuk mendapatkan manfaat daun landep yang satu ini sangatlah mudah, Anda hanya perlu mengkonsumsi air rebusan dari daun landep secara teratur.

Sebenarnya masih banyak manfaat lain yang bisa didapatkan dari daun landep ini. Namun, hanya sekian yang dapat disampaikan untuk ulasan kali ini. Oh ya, seperti hal nya obat pada umumnya, penggunaan daun landep sebagai obat juga disarankan untuk tidak digunakan secara berlebihan. Karena penggunaan daun landep yang berlebih dapat menyebabkan terjadinya overdosis terhadap tubuh yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Oleh karena itu, usahakan untuk menggunakan daun landep ini sebijak mungkin.

Ok sobat, sekian yang dapat disampaikan, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya. :)

1 komentar:

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia

    BalasHapus