Jumat, 22 Februari 2019

Efek Mengkonsumsi Selada Pada Tubuh

Efek Mengkonsumsi Selada Pada Tubuh - Yup, banyak orang memanfaatkan selada sebagai hiasan dalam sejumlah tatanan hidangan, karena bentuknya yang unik dan menarik. Namun, tidak hanya berguna untuk hiasa lho guys, ternyata salah satu jenis lalapan yang satu ini juga berguna bagi kesehatan tubuh kita. Apa saja efek terbaik mengkonsumsi selada bagi tubuh kita??? Berikut sedikit ulasannya.

Efek Mengkonsumsi Selada Pada Tubuh

Yup, selada merupakan jenis sayuran yang sering disajikan sebagai lalapan segar yang banyak dikonsumsi. Nah, namun tak sedikit orang juga sering menggunakan selada sebagai hiasan dalam tatanan piring sajian makanan. Ok, dibalik kegunaannya tersebut, ternyata selada juga dikenal sebagai sayuran yang banyak mengandung nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan.

Kandungan Nutrisi Pada Daun Selada

Selada dikenal sebagai sumber vitamin A dan vitamin K yang sangat tinggi. Dari secangkir daun selada diketahui bisa memenuhi 82% kebutuhan vitamin A harian dan 60% kebutuhan vitamin K harian tubuh. Tidak hanya itu, daun selada juga banyak mengandung nutrisi penting lainnya seperti zat besi, kalium, kalsium, folat dan serat.

Untuk kandungan kalori dan lemaknya sendiri, secangkir selada hanya mengandung 8 kalori dan nol lemak lho guys, rendah bukan. Sehingga tidak heran juga jika dalam menu diet seseorang kita sering melihat selada di menu makan hariannya.

Efek Baik Dari Daun Selada Bagi Tubuh

Nah, dengan kandungan nutrisinya tersebut, selada dikenal memiliki efek baik bagi tubuh jika kita mengkonsumsi. Berikut ini merupakan sejumlah efek baik mengkonsumsi selada bagi tubuh kita, di antaranya yaitu :

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Dalam daun selada terkandung banyak kandungan folat. Nah, dalam tubuh kita folat berfungsi untuk mengolah asam amino bernama homosistein dalam darah. Nah, jika kadar homosisten dalam darah terlalu tinggi, kondisi tersebut bisa menyebabkan berbagai masalah pada jantung seperti penyumbatan pembuluh darah. Hal tersebut dapat meningkatkan risiko stroke, penyakit arteri koroner dan emboli paru. Nah, kandungan folat yang ada pada selada tersebutlah yang akan membantu Anda untuk mengatur kadar homosisten menjadi lebih normal. Sehingga hal ini akan sangat baik untuk kesehatan jantung Anda.

Di samping itu, selada juga mengandung vitamin A dan C, yang mana keduanya akan berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas sekaligus mencegaj terjadinya kerusakan sel-sel yang bisa berujung pada penyakit jantung.

  • Merawat Kecantikan Kulit

Kandungan vitamin A dan C sangatlah dibutuhkan oleh tubuh. Pasalnya tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan mata, ternyata asupan vitamin A juga akan sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit. Nah, dari yang diketahui kekurangan vitamin A dapat membuat warna kulit menjadi tidak rata atau belang. Sedangkan jika tubuh kekurangan vitamian C, maka hal tersebut dapat membuat kulit cepat keriput, kendur dan kusam. Nah, dengan rutin mengkonsumsi daun selada yang kaya akan vitamin A dan C bisa membantu merawat kulit agar tampak lebih sehat, kencang dan lembut. Kandungan air yang tinggi dalam daun selada juga bisa menjadi kelembapan kulit Anda secara alami sehingga tidak membuat kulit Anda kering atau bersisik.

  • Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Yup, telah kita ketahui sebelumnya bahwa selada juga kaya akan vitamin C. Nah, vitamin C yang ada pada daun selada tersebut akan berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk mencegah kerusakan sel-sel tubuh. Di samping ternyata kandungan tersebut juga dapat membantu menjaga dan meningkatkan sel-sel imun tubuh dalam melawan berbagai jenis virus dan bekteri penyebab penyakit. Bahkan kandungan vitamin A dalam selada juga akan ikut berperan untuk meredakan infeksi, peradangan, serta kerusakan sel. Sehingga dengan rutin mengkonsumsi selada Anda dapat terhindar dari penyakit umum yang disebabkan oelh bakteri dan virus seperti influenza dan diare.

  • Mencegah Komplikasi Kehamilan

Efek baik lainnya yang dimiliki daun selada adalah sangat bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Pasalnya daun selada ini memiliki kandungan folat yang sangat tinggi dan baik untuk kesehatan tubuh. Senyawa folat sendiri terbukti sangat efektif untuk menekan risiko kecacatan pada janin. Bahkan selada juga kaya akan vitamin K yang akan membantu Anda mencegah terjadinya perdarahan setelah persalinan. Vitamin K sendiri berfungsi untuk menjaga agar darah ibu hamil dan janinnya tidak terlalu encer.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Yup, seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, bahwa selada merupakan sumber vitamin A yang sangat baik. Bahkan kita juga mengetahui bahwa vitamian A ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan mata. Pasalnya kekurangan vitamin A diketahui dapat meningkatkan risiko glaukoma, katarak, dan menurunnya penglihatan karena proses penuaan. Dengan mengkonsumsi selada secara rutin dan tidak berlebihan bisa membantu agar kesehatan mata Anda senantiasa sehat dan tajam meskipun usia terus bertambah.

  • Mencegah Tulang Keropos

Perpaduan vitamin K dan kalsium yang terkandung dalam selada juga akan membatu Anda untuk tetap menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Pasalanya kandungan vitamin K dan kalsium sendiri merupakan sumber asupan terpenting untuk kesehatan tulang. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin K dan kalsium seperti selada ini bisa membantu Anda terhindar dari serangan osteopena, osteoporosis atau pengoroposan tulang.

  • Membantu Membuang Racun Dalam Tubuh

Sejumlah kandungan yang ada pada daun selada juga diketahui dapat membantu proses pembuangan racun dalam tubuh dan menjaga keseimbangan asam atau basa pada tubuh. Jika kadar asam dan basa dalam tubuh telah seimbang, maka ada sejumlah manfaat lain yang bisa kita dapatkan dengan kemampua selada yang satu ini di antaranya yaitu membuat energi lebih besar, pikiran menjadi lebih jernih, tidur menjadi nyenyak, dan meremajakan kulit.

  • Mencegah dan Mengatasi Anemia

Daun selada juga diketahui mengandung zat besi yang dapat membantu proses pembentukan sel darah merah yang baik untuk tubuh. Nah, dengan kemampuan kandungan zat besinya tersebut, maka hal ini akan sangat bermanfaat untuk mencegah dan membantu Anda mengatasi anemia

*) Catatan : Jangan gunakan daun selada sebagai obat pada anak-anak, terutama pada mereka yang berusia kurang dari empat tahun. Selain itu, tidak disarankan mengkonsumsi selada air jika memiliki gangguan perut atau borok pada usus. Serta jangan gunakan selada air jika Anda memiliki penyakit ginjal.

Usahakan untuk tidak menggunakan daun selada secara berlebihan. Jika daun selada dikonsumsi dalam jumlah yang sangat besar maka hal ini diketahui dapat menyebabkan terjadinya sakit perut atau masalah ginjal.

Ok sobat, sekian pembahasan yang dapat disampaikan kali ini. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih banyak atas kunjungannya. :)

1 komentar:

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia

    BalasHapus