Kamis, 28 Februari 2019

Efek Mengkonsumsi Pakis "Tanaman Paku-pakuan"

Efek Mengkonsumsi Pakis "Tanaman Paku-pakuan" Siapa mengenal pakis??? Yup, tanaman hijau yang dikenal sebagai jenis tanaman paku-pakuan yang bisa dikonsumsi. Namun, siapa sangka guys, ternyata pakis memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh loh guys. Yuk, intip manfaat apa saja yang terkandung dalam pakis si tanaman hijau bermanfaat ini???

Efek Mengkonsumsi Pakis "Tanaman Paku-pakuan"

Pakis sendiri umumnya memiliki dua jenis berdasarkan warnanya. Yup, seperti yang diketahui tanaman pakis memiliki 2 warna yang berbeda, yakni warna hijau dan warna merah. Namun, umunya pakis yang sering banyak dijumpai dan dikonsumsi adalah jenis daun yang berwarna hijau. Hal ini dikarenakan jenis pakis hijau lebih mudah didapatkan dan bisa tumbuh secara alami atau hasil budidaya.

Pakis sendiri dikenal sebagai jenis tanaman liar. Jenis tanaman paku yang satu ini hidup dekat dengan perairan sungai dan bisa tumbuh hingga lebih dari 100 cm. Jika sudah tua daun dari pakis menjadi kaku. Nah, kebanyakan orang mengkonsumsi pakis dalam keadaan masih muda, karena memiliki tekstur yang empuk.

Banyak orang yang memanfaatkan tanaman pakis muda sebagai bahan lauk pauk dengan menjadikannya sebagai makanan olahan seperti tumis atau sayur. Yup, banyak orang yang menyukai rasa dari pakis jika sudah diolah. Pasalnya pakis sangat lezat untuk dijadian lauk pauk, memiliki tekstur kenyal bagaikan daging apalagi kalau diolah dalam kondisi yang masih segar. Namun tanpa kita sadari ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh dengang mengkonsumsi pakis.

Efek Mengkonsumsi Tanaman Pakis Untuk Tubuh

Yup, pakis juga dikenal sebagai tanamam liar yang mengandung banyak kandungan penting nan bermanfaat bagi tubuh. Adapun sejumlah manfaat dari pakis bagi kesehatan tubuh di antaranya yaitu :

  • Kaya Akan Serat

Ada banyak serat yang terkandung dalam pakis. Serat yang ada pada pakis akan dapat membantu kita terhindar dari sembelit atau gangguan pencernaan lainnya. Selain itu, juga dapat membantu membersihkan usus dan memperbaiki kerjanya dalam sistem pencernaan makanan.

  • Mengatasi Stres dan Depresi

Rasa lezat yang dimiliki pakis dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan hormon anti-sress seperti dopamin, endofin dan serotonin. Di mana hal ini akan sangat bermanfaat dan efeki untuk mengatasi stres dan depresi yang dialami secara alami.

  • Mencerdaskan Otak

Sejumlah kandungan yang ada pada pakis dapat bekerja sebagai antioksidan yang baik untuk kesehatan otak. Dengan kandungan antioksidannya sistem kerja otak dapat meningkatkan dan bahkan mampu mencergah serta memperbaiki kerusakan dan fungsi otak yang bermasalah. Dengan begitu kemampuan otak dalam berpikir pun dapat meningkatkan dan mampu mencerdaskan otak secara alami.

  • Baik Untuk Diet

Serat yang terkandung dalam pakis sendiri diketahui mampu berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan tubuh. Nah, hal ini juga sangat baik untuk membantu proses diet. Serat pada pakis akan dapat membantu tubuh untuk kenyang lebih lama, sehingga frekuensi nafsu makan dapat ditekan. Bahkan seratnya tersebut juga dapat mengikat lemak dan membuangnya secara alami.

  • Melancarkan Proses Metabolisme

Tanaman pakis juga mengandung betakaroten dan vitamin A yang sangat baik untuk tubuh. Di mana kandungan tersebut dapat membantu menjaga dan melancarkan sistem metabolisme tubuh.

  • Menjaga Kesehatan Tulang

Selain itu, tanaman pakis juga mengandung sejumlah mineral penting bagi tubuh. Beberapa di antaranya adalah kalsium dan fosfor yang cukup tinggi. Di mana kedua kandungan tersebut sendiri dikenal akan manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan tulang. Dengan kandungan tersebut, tanaman pakis juga dikenal sebagai tanaman yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Bahkan dengan kandungan tersebut pakis juga dikenal mampu mencegah tulang dari kekeroposan atau osteoporosis.

  • Mencegah Rematik

Selain dapat menjaga kesehatan tulang, kandungan kalium dan fosfor tanaman pakis juga dikenal memiliki manfaat baik untuk mencegah terjadinya rematik.

  • Mencegah Penuaan Dini

Ada sejumlah senyawa dari pakis yang diketahui memiliki kemampuan yang sangat baik untuk membantu mencegah terjadinya penuaan dini. Yup, senyawa tersebut adalah flavonoid, senyawa ini dapat berperan sebagai antioksidan yang sangat baik. Di mana kandungan tersebut akan dapat membantu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan terjadinya penuaan dini secara alami dan menyeluruh, bahkan mampu merawat kesehatan kulit dan membuatnya tampak sehat kenyal dan awet muda.

  • Membantu Menyembukan Luka

Tanaman pakis juga megandung vitamin C yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan pembentukan kolagen. Kolagen inilah yang akan berperang besar untuk membnatu memperbaiki sel di semua jaringan ikat. Hal ini akan sangat membantu proses penyembuhan luka.

  • Mengatasi Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)

Dalam setiap 100 gr tanaman pakis terkandung 370 gr kalium. Yang mana hal ini dapat membantu memenuhi 7% kebutuhan kalium tubuh. Nah, adapun manfaat kalium yang sangat baik untuk kesehatan tubuh adalah membantu mengurangi dan merelaksasikan jantung yang mana dapat membuat tekanan darah menjadi lebih rendah.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Selain mengandug kalium, setiap 100 gr nya, pakis juga memiliki 3617 IU vitamin A. Di mana hal ini setara dengan 120% kebutuhan harian vitamin A tubuh. Dengan kayanya vitamin A ini, maka tanaman pakis juga dikenal dengan kemampuannya yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Tidak hanya itu, kandungan vitamin A yang ada dalam tanaman pakis juga sangat baik untuk kesehatan kulit.

  • Melancarkan Peredaran Darah

Pakis juga mengandung niacin atau dikenal juga dengan vitamin B3. Di mana dengan adanya kandungan tersebut pakis juga bermanfaat untuk membantu mengurangi kadar kolesterol jahat pada tubuh. Keadaan seperti ini dapat membantu melancarakan sirkulasi darah dan mencegah terjadinya sumbatan pada daerah arteri.

  • Meningkatkan Daya Ingat

Tidak hanya mengandung vitamin B3, paksi juga mengandung asam lemak baik yakni omega 3. Nah, dengan kandungan tersebut, pakis juga akan bermanfaat untuk membantu menjaga sel-sel otak sehngga dapat meningkatkan daya ingat.

Karena pakis memiliki banyak jenisnya, sobat juga perlu memperhatikan pakis mana yang dapat dikonsumsi dan mana yang tidak. Yup, tidak semua jenis pakis dapat kita konsumsi, ada sejumlah pakis yang diketahui memilik efek yang dapat memicu tumbuhnya kanker. Oleh karena itu, ketahui dulu pakis mana yang lebih aman untuk dikonsumsi. Nah, dari semua jenis pakis yang ada, pakis jenis ostrich merupakan jenis yang paling aman untuk dikonsumsi.

Ok sobat, sekian pembahasan megenai manfaat tanaman pakis yang dapat disampaikan untuk ulasan kali ini. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih banyak atas kunjungannya.

1 komentar:

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia

    BalasHapus