Kamis, 28 Maret 2019

Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan

Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan - Ada begitu banyak jenis kacang-kacangan yang bisa kita konsumsi sebagai makanan sehat. Nah, salah satunya yaitu kacang hijau. Yup, kalian pasti tahukan kacang hijau??? Ya itu, kacang yang kebanyakan sering dijadikan sebagai bubur kacang. Dan apakah kalian tahu bahwa kacang hijau bisa memberian banyak manfaat baik bagi tubuh kita??? Ok, untuk lebih jelasnya berikut sekilas ulasannya mengenai manfaat dari kacang hijau untuk tubuh kita.
Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan
Kacang hijau, yup kacang ini dikenal sebagai jenis kacang-kacangan yang bisa memberikan banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh kita. Tak heran sih, karena kacang hijau sendiri diketahui mengandung banyak kandungan bermanfaat untuk tubuh, dan bahkan kandungan pada kacang hijau ini dikenal cukup lengkap. Sehingga tidak heran juga banyak orang yang mengolah jenis kacang ini sebagai makanannya.

Kacang hijau sendiri diketahui masuk ke dalam jenis kacang-kacangan yang merupakan sumber protein yang sangat tinggi, rendah lemak, dan mengandung banyak serat serta antioksidan baik untuk tubuh. Selain itu, dalam kacang hijau juga terkadnung sejumlah kandungan bermanfaat lainnya seperti kalsium, zat besi, zinc, kalium, fosfor, vitamin A, vitamin B, folat, vitamin C, vitamin E dan vitamin K. Tidak hanya itu, kacang hijau juga mengandung sejumlah nutrisi penting lainnya yang diketahui akan sangat bermanfaat untuk tubuh di antaranya yaitu mangan, selenium, magnesium, dan karbiohidrat yang tentunya kandungan nutrisi ini akan memberikan banyak manfaat baik untuk tubuh.

Adapun beberapa manfaat dari kacang hijau yang sangat baik untuk tubuh, di antaranya yaitu :
  • Mencegah Penyakit Jantung
Dalam sebuah studi menyatakan bahwa kacang hijau mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kacang hijau mampu memperbaiki pembuluh darah yang rusak, dan mengurangi pembengkakan.

Tidak hanya itu, dalam penelitian lain, kacang hijau juga diketahui dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes. Nah, penjelasan tersebut diduga dikaitkan dengan kandungan antioksidan dan nutrisi penting di dalamnya yang memiliki sifat antiradang.
  • Mencegah Kanker
Dari hasil penelitian lainnya juga mengungkapkan bahwa kacang hijau dapat mencegah kerusakan DNA dan mutasi sel berbahaya dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung polyphenol dan oligosakarida dengan kadar yang tinggi, yang mampu mengurangi perkembangan kanker.
  • Kaya Akan Protein
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kacang hijau ini termasuk ke dalam jenis kacang-kacangan yang merupakan sumber protein baik yang bisa memberikan manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Nah, berdasarkan Departemen Kimia Institut Teknologi Harbin, 85% dari total asam amoni dihasilkan oleh albumin dan globulin yang terkandung dalam kacang hijau.

Dari yang diketahui dalam secangkir kacang hijau terkandung sekiranya 3.16 gram protein. Yang mana jumlah ini juga bisa membantu memenuhi kebutuhan asupan protein tubuh. Jadi selain, bisa di dapat dari daging, bagi kamu seorang vegetarian kacang hijau bisa menjadi alternatif untuk membantu memenuhi kebutuhan asupan protein tubuh kamu.
  • Meningkatkan Sistem Imun Tubuh
Kacang hijau, mengandung fitonutrien yang dapat bekerja sebagai anti-pembengkakan serta mampu membantu meningkatkan sistemimun tubuh dan menetralkan bakteri berbahaya, virus, iritasi dan sebagainya.

Di samping itu, kacang hijau juga dikenal akan proteinnya yang cukup tinggi. Nah, protein yang ada pada kacang hijau juga diketahui dapat membantu menjaga sistem imun tubuh dan menujang keberadaan setiap sel tubuh.
  • Membantu Menurunkan Berat Badan
Beberapa peneliti mengatakanbahwa mengkonsumsi kacang hijau dapat meningkatkan cholecystokinin yakni hormon yang dapat membuat seseorang mudah merasa kenyang.

Nah, dengan kemampuannya tersebut, kacang hijau juga akan membantu mengontrol nafsu makan, sehingga dapat membantu menjaga berat badan agar tidak naik. Semua hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung serat dan protein yang dapat membuat kamu kenyang lebih cepat dan lebih lama, sehingga pola makan menjadi teratur serta menurunkan berat badan berlebih.
  • Melancarkan Pencernaan
Serat makanan dan pati yang terkandung dalam kacang hijau dikenal sangat baik untuk memperlancar pencernaan, juga membantu memberi nutrisi bagi bakteri baik di dalam saluran cerna. Tidak hanya itu, kacang hijau juga dapat membantu meningkatkan gerak peristaltik usus sehingga mengurangi waktu kotoran menumpuk di dalam usus.
  • Mengatasi Anemia
Kacang hijau juga dikenal akan zat besi nya yang sangat bagus untuk membantu proses pembentukan sel darah merah. Nah, kemampuan zat besi nya tersebut akan sangat membantu bagi penderita anemia. Di mana dengan zat besi yang terkandung dalam kacang hijau dapat membantu penderita anemia untuk memproduksi sel darah dengan baik.
  • Membantu Penderita Diabetes
Tidak hanya baik untuk penderita anemia, kacang hijau juga diketahui sangat baik untuk penderita diabetes. Pasalnya kacang hijau ini diketahui sebagai salah satu makanan yang mempunyai indeks glikemik yang rendah. Ini berarti kacang hijau merupakan makanan yang sangat baik dikonsumsi untuk para penderita diabetes. Makanan yang mempunyai kandungan glikemik rendah dapat menyebabkan kadar gula menjadi normal.
  • Menjaga Kesehatan Tulang
Kalsium dan fosfor dikenal sebagai mineral penting yang bisa membantu menjaga kekuatan tulang serta gigi. Selain itu, juga bermanfaat untuk membantu perkembangan tulang dan gigi pada anak-anak dan mencegah terjadiny osteoporosis pada orang dewasa. Nah, untuk mendapatkan mineral penting tersebut, kamu bisa memperolehnya dari kacang hijau. Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung kalsium dan fosfor yang sangat baik untuk kesehatan tulang kamu.
  • Mengatasi Penuaan Dini
Kacang hijau juga dikenal memiliki antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. Dengan kandungan tersebut kacang hijau juga dikenal sebagai jenis makanan yang bisa membantu mengatasi penuaan dini. Di mana dengan kandungannya tersebut, kacang hijau bisa membantu mengurangi keriput, bintik-bintik dan garis usia pada kulit. Dengan mengkonsumsinya secara teratur, tubuh akan nampak lebih muda beberapa tahun dari usia sebenarnya.
  • Baik Untuk Kecantikan
Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan saja, ternyata kacang hijau juga memiliki manfaat yang baik untuk kecantikan tubuh. Dari yang diketahui kandungan pada kacang hijau dapat memiliki banyak manfaat baik untuk kecantikan beberapa di antaranya yaitu dapat membantu melembutkan kulit hingga mengangkat sel kulit matik yang ada di tubuh, oleh sebab itu ketika kamu selesai menggunakan kacang hijau sebagai lulur, kulit kami akan terlihat lebih putih, bersih dan halus.

Nah guys, itulah dia beberapa manfaat baik kacang hijau bagi kesehatan tubuh kita, dan masih banyak lagi manfaatnya. Ok, sekian yang dapat saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat, terimakasih telah berkunjung dan menyimak ulasannya hingga akhir. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar