Kamis, 28 Maret 2019

Penyebab Bau Mulut Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Bau Mulut Dan Cara Mengatasinya - Kondisi di mana mulut mengeluarkan bau tak sedap merupakan masalah yang cukup umum untuk ditemui. Namun, walau bukan masalah medis yang serius, pasalanya bau mulut seringkali menyebabkan seseorang kehilangan keperceyaan diri. Hal ini dikarenakan mereka merasa khawatir akan bau mulut yang dialaminya bisa mengganggu orang lain. Namun tahukah kamu apa penyebab dari bau mulut itu sendiri??? Ok lebih jelasnya berikut kami rangkumkan bejumlah ulasannya.
Penyebab Bau Mulut Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Munculnya Bau Mulut

Bau mulut atau halitosis dikenal sebagai suatu kondisi yang dapat disebabkan oleh beragam hal. Namun dari hasil studi menemukan bahwa sekitar 80% bau mulut disebabkan oleh adanya masalah pada kesehatan gigi dan mulut, seperti gigi berlubang atau masalah gusi. Oleh karena itu, menjaga kesehatan gigi dan mulut sangat penting dilakukan.

Namun selain dapat disebabkan oleh masalah kesehatan gigi, gusi dan makanan yang berbau menyengat. Ada beberapa kondisi kesehatan lain juga bisa menjadi penyebab munculnya bau mulut di antaranya yaitu :
  • Gangguan saluran pencernaan, seperti infeksi bakteri H.pylori yang menyebabkan sakit maag dan penyakit asam lambung (GERD).
  • Xerotomia, suatu kondisi di mana mulut kering yang disebabkan oleh ganguan produksi air liur akibat bakteri menumpuk di rongga mulut.
  • Sinusitis yang menghasilkan post nasal drip atau aliran cairan kental dari rongga sinus ke tenggorokan.
  • Pengaruh kondisi lain seperti diabetes, gangguan hati atau infeksi saluran pernapasan.
Selain itu, bau mulut juga bisa disebabkan oleh kebiasaan merokok, kurangnya kebersihan mulut, makanan atau minuman tertentu, dan diet yang berlebihan sehingga menyebabkan tubuh kekurangan karbohidrat.

Cara Mencegah Bau Mulut

Cara terbaik untuk menghindari bau mulut adalah dengan cara mencegahnya sebelum hal tersebut muncul. Kamu bisa mencegah bau mulut dengan memastikan kesehatan mulutmu tetap terjaga. Nah, berikut ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah munculnya bau mulut, di antaranya :
  • Rutin Sikat Gigi Secara Teratur
Sikat gigi sendiri merupakan hal wajib untuk dilakukan. Dan tentunya tidak dilakukan dengan asal-asalan saat melakukannya. Bersihkan gigi dengan menyikatnya dengan baik dan benar menggunakan pasta gigi berflouride. Ada baiknya kamu juga menyikat gigi 15-20 menit setelah makan, khususnya jika banyak makanan yang terselip di sela-sela gigi. Selain itu, jangan lupa untuk menyikat lidah kamu saat mengosok gigi. Rutinlah menyikat gigi secara teratur 2 kali sehari agar kesehatan mulut mu tetap terjaga.
  • Ganti Sikat Gigi Secara Rutin
Selain menyikat gigi secara teratur, kamu juga dituntut untuk membiasakan diri mengganti sikat gigi 2-3 bulan sekali. Setelah sembuh dari sakit pun sebaiknya ganti sikat gigimu agar tidak tertular lagi seandainya ada bakteri yang masih tertinggal.
  • Periksakan Gigi 6 Bulan Sekali Ke Dokter Gigi
Nah, kamu juga dianjurkan untuk datang ke dokter gigi untuk memeriksakan gigi kamu. Dokter akan melakukan pemeriksaan secara profesional dan mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan kerusakan gigi yang akan muncul.
  • Konsumsi Makanan Yang Sehat
Kamu juga dituntut untuk selalu membiasakan diri untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan alami mengurangi risiko bau mulut. Buah-buahan dan sayuran tidak mengandung zat kimia berbahaya yang berbau tidak enak jika membusuk. Jika merasa nafas kamu terlalu bau, cobalah mencatat makanan apa saja yang kamu makan, lalu berikan pada dokter untuk dianalisis.
  • Hentikan Kebiasaan Merokok
Seperti yang kamu ketahui sendiri, bahwa rokok mengandung sejumlah zat yang dapat merugikan kesehatan tubuh. Nah, salah satu efek dari rokok yaitu menyebabkan munculnya bau mulut. Hal ini dikarenakan rokok dan produk tembakau lainnya memiliki aroma yang sangat kuat sehingga aroma tersebut bisa menempel pada mulut. Nah, untuk mencegah bau mulut tersebut, sebaiknya mulai saat ini hentikan kebiasaan merokok kamu.

Cara Mengatasi Bau Mulut

Walau telah berusaha keras untuk menjaga kesehatan mulut, terkadang bau mulut juga bisa menetap dan mengganggu rasa percaya diri kamu. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, berikut beberpaa cara yang bisa kamu coba lakukan untuk menghilangkan bau mulut kamu secara alami, di antaranya :
  • Minum Banyak Air Putih
Cara yang pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau mulut yaitu dengan banyak minum air putih. Hal ini dikarenakan air putih bisa membantu kamu untuk menjaga kelembapan mulut. Selain itu, air putih juga bisa membantu membilas sejumlah bakteri yang ada di dalam mulut. Sangat penting untuk selalu minum air putih yang banyak setelah makan. Karena hal ini bisa membantu untuk membilas sisa-sisa makanan yang mungkin masih tertinggal di mulut.
  • Kumur Dengan Moutwash
Moutwash sendiri dikenal sebagai cairan yang dapat membantu menghilangkan bau mulut yang tidak sedap secara cepat dan tidak ribet. Saat moutwash sudah menyebar ke seluruh bagian mulut, maka nafas akan menjadi segar seketika dan memberikan rasa nyaman di mulut kamu.
  • Makan Permen Karet
Makan permen karet merupakan salah satu cara sederhana yang paling banyak digunakan untuk mengatasi masalah bau mulut. Pasalnya mengunyah permen karet diketahui sebagai cara yang sangat jitu untuk segera menghilangkan bau mulut tidak sedap. Begitu dikunyah, aroma dari permen karet akan memenuhi rongga mulut dan terdorong keluar ketika kamu berbicara. Hasilnya, bau tidak sedap dalam mulut dapat tergantikan seketika dengan aroma wangi permen karet yang kamu kunyah.

Rasa permen karet apapun bisa kamu gunakan, namun ada rasa-rasa dan aroma tertentu yang bisa lebih efektif menghilangkan bau mulut dibandingkan rasa atau aroma permen karet lainnya. Salah satu aroma tersebut adalah mint. Jadi pilihlah permen karet dengan rasa mint atau yang mengandung xylitol. Kandungan xylitol menghadirkan sensasi segar dalam mulut sekaligus menghembuskan aroma yang segar dan terasa dingin.
  • Kunyah Buah atau Sayur Penghilang Bau
Selain permen karet, kamu juga bisa menggunakan buah atau sayuran yang dapat menghilangkan bau. Beberapa di antaranya yaitu kulit jeruk, lemon, atau peterseli. Kulit jeruk atau lemon dikenal sebagai bahan yang efektif untuk menghilangkan bau, karena saat dikunyah bahan ini dapat merangsang keluarnya air liur di mulut. Dengan demikian, air liur akan membantu menghilangkan bau mulut tidak sedap. Selain kulit jeruk atau lemon, kamu juga bisa mencoba mengunyah peterseli. Peterseli memiliki zat penetralisir bau tak sedap, sehingga cocok untuk dijadikan quick-fix saat bau mulut menyerang kamu.

Nah, sejumlah cara di atas diketahui bisa menjadi langkah yang cepat dan singkat untuk mengatasi bau mulut yang tidak sedap, atau setidaknya sedikit menyamarkan bau agar kamu merasa percaya diri saat berbicara dekat dengan orang lain. Namun perlu diingat, cara tersebut hanya bersifat sementara dan tidak akan menghilangkan penyebab bau mulut secara permanen. Untuk mendapatkan nafas yang senantiasa segar dan bebas bau mulut, kamu diharuskan untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi serta rutin melakukan perawatan secara reguler.

Sumber referensi : alodokter.com dan tanyapepsodent.com

OK guys, demikianlah ulasan mengenai penyebab bau mulut dan cara mengatasinya. Sekian yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar