Kamis, 28 Maret 2019

Manfaat Kayu Ular Bagi Kesehatan

Manfaat Kayu Ular Bagi Kesehatan - Kayu ular atau juga dikenal dengan nama kayu ular papua, bidara laut atau dara putih (jawa) merupakan jenis tanaman yang dikenal akan manfaatnya yang sangat baik untuk pengobatan dan kesehatan tubuh. Yup, hal ini dikarenakan dalam kayu ular terkandung banyak kandungan senyawa yang sangat efektif untuk membantu menyembuhkan berbagai jenis penyakir juga baik untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya tersebut??? Ok, berikut sekilas ulasan lengkapnya.
Manfaat Kayu Ular Bagi Kesehatan

Kayu ular, merupakan tanaman dengan nama latin Strychons Lucida yang banyak dimanfaatkan untuk pengobatan herbal tradisional yang bsia membantu menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Tanaman yang satu ini banyak tumbuh di daerah pegunungan papua dengan ketinggian sekitar 100-300 meter di atas permukaan air laut. Pohon ini memiliki diameter 30 cm dan hidup secara berkelompok. Selain di daerah pegunungan kayu ular juga pernah ditemukan di daerah pinggir sungai.

Kayu ulas diketahui mengandung banyak kandungan senyawa yang sangat berkhasiat untuk pengobatan tradisional. Sejumlah kandungan yang terkandung dalam kayu ular tersebut di antaranya tannin, alkaloid, steroid, dan alkaolida yang bersifat antioksidan. Nah, orang zaman dulu sering menggunakan kayu ular ini sebagai obat malaria dengan cara merebus dan meminum airnya. Karena begitu banyaknya kandungan pada kayu ular, para ahli herbal pun akhirnya mencoba memanfaatkan kayu ular sebagai tanaman obat untuk berbagai macam penyakit.

Manfaat Kayu Ular Untuk Pengobatan dan Kesehatan

Adapun sejumlah manfaat yang dimiliki kayu ular sebagai obat tradisional di antaranya yaitu :

  • Mengatasi Diabetes

Pada tumbuhan kayu ular ini terkandung senyawa yang bernama zat saponin. Nah, zat ini dikenal memiliki kemampuan yang dapat menurunkan kadar gula darah, yang mana hal ini akan sangat membantu penderita diabetes dalam mengontrol kadar gula berlebihnya. Dengan kata lain, kayu ular ini bisa menjadi alternatif pengobatan herbal diabetes. Untuk mendapatkan manfaatnya ini, penderita diabetes bisa mengkonsumsi air rebusan kayu ular ini sebagai minuman herbal sehari-harinya.

  • Mencegah Risiko Kanker

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa kayu ular ini memiliki kandungan alkaloida yang bersifat sebagai antioksidan. Nah, antioksidannya tersebut diketahui memiliki efek untuk melindungi tubuh dari radikal bebas dan pertumbuhan sel-sel kanker. Sehingga dengan begitu risiko terkena kanker pun dapat terminimalisir dengan manfaat kayu ular ini.

  • Meredakan Demam

Kayu ular juga mengandung senyawa bernama tannin dan zat galat. Di mana kedua senyawa ini memiliki manfaat yang sangat baik dalam membantu proses penurunan demam tubuh. Tidak hanya itu, bahkan kedua senyawa ini juga memiliki sifat anti radang yang bisa membantu menurunkan risiko terkena infeksi pada organ dalam tubuh.


  • Mengobati Sakit Perut

Biasanya perut yang sakit sering kali terjadi karena kadar asam lambung yang meningkat, yang kemudian berakibat pada peradangan. Nah, anti-radang yang dimiliki kayu ular diketahui bisa membantu masalah sakit perut yang terjadi akibat kondisi asam lambung secara alami. Jadi, jika kamu merasakan sakit perut akibat tingginya asam lambung, kayu ular ini bisa menjadi alternatif herbal yang bsia kamu gunakan.

  • Mengatasi Kista

Kista sendiri dikenal sebagai tumor jinak yang terbentuk dari cairan kental berupa darah kotor dari tubuh. Nah, sifat anti-radang pada kayu ular juga bisa membantu mencairkan gumpalan darah kotor dan mengeluarkannya. Hal ini akan sangat baik untuk mengatasi masalah kista secara alami dan menyeluruh.

  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Antioksidan dan anti-radang pada kayu ular juga diketahui bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Di mana antioksidan dan antiradangnya tersebut dapat membantu mencairakan gumpalan darah dan mengatasi peradangan di pembuluh darah. Nah, dengan kemampuannya tersebut maka peredaran darah pun akan menjadi lancar. Jika sirkulasi atau peredaran darah lancar maka hal ini juga bisa membantu menurunkan risiko terserang darah tinggi atau hipertensi.

  • Mencegah Risiko Penyakit Jantung

Kandungan yang dimiliki kayu ular juga dapat membantu mereduksi konsentrasi kadar gula dalam darah. Selain itu, sofat antioksidannya juga sangat berperan penting dalam menangkal radikal bebas, sehingga hal ini bisa membantu tubuh terhindar dari penyakit termasuk penyakit jantung. Sehingga tidak heran juga jika kayu ular dipercaya bisa membantu mengobati dan mencegah penyakit jantung.

  • Mengatasi Darah Kotor

Kayu ular juga dikenal akan kemampuannya yang dapat membersihkan darah kotor yang ada dalam tubuh. Nah, kemampuannya tersebut akan sangat bermanfaat bagi yang memiliki penyakit luka bernanah seperti bisul dan peradangan. Kandungan pada kayu ular diketahui mampu dengan cepat menstimulus nanah atau darah kotor agar segera keluar dari dalam tubuh.

  • Mengatasi Wasir

Sifat antiradang pada kayu ular juga dikenal baik dapat mengatasi wasir secara alami. Hal ini dikarenakan kayu ular memiliki kemampuan yang dapat mengeluarkan darah kotor dengan cepat secara alami, sehingga dengan begitu hal ini juga akan sangat bermanfaat untuk mengatasi wasir.

  • Mengatasi Gejala Stroke

Stroke sendiri dikenal sebagai kondisi gangguan kesehatan yang erat kaitannya dengan masalah hipertensi dan jantung. Nah untuk mengatasi masalah stroke ini, kayu ular bisa menjadi alternatif solusi terbaiknya. Kandunga seperti tannin dan galkin pada kayu ular dapat membantu melancarkan aliran darah sehingga bisa mencegah terjadinya stroke.

  • Mengatasi Paru-paru Basah

Paru-paru basah sendiri dikenal sebagai kondisi peradangan yang menyerang paru-paru. Nah, manfaat lain dari kayu ular adalah membantu mengatasi masalah paru-paru basah. Yup, anti-radang pada kayu ular dikenal sangat efektif untuk mengatasi masalah peradangan yang terjadi secara alami dan menyeluruh, sehingga dengan begitu masalah paru-paru basah pun dapat diatasi dengan mudah dan cepat.

  • Memperbaiki Syaraf Otak

Sifat antioksidan dan antiradang pada kayu ular juga memiliki kemampuan yang sangat baik untuk memperbaiki masalah syaraf otak yang rusak dan meradang akibat sejumlah kondisi tertentu yang menyebabkan syaraf otak terganggu dan rusak.

  • Menjaga Kekebalan Tubuh

Alkaloid yang bersifat antioksidan pada kayu ular juga sangat baik untuk membantu menjaga sistem imun tubuh agar tetap sehat dan kuat. Nah, dengan kemampuannya tersebut maka tubuh pun bisa terhindar dari sejumlah penyakit infeksi dan penyakit lainnya.

  • Melancarkan Buang Air Kecil

Kandungan pada kayu ular juga memiliki kemampuan untuk melancarkan buang air kecil. Hal ini dikarenakan kandungan zat galat dan tannin pada kayu ular dapat membuat urine keluar secara normal. Pada saat itu pula racun-racun yang ada di dalam tubuh akan ikut keluar yang mana merupakan hasil detoksifikasi senyawa kayu ular.

Nah guys, itulah dia sejumlah manfaat kayu ular yang dikenal sangat baik untuk proses pengobatan dan kesehatan tubuh. Sekian yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung dan menyimak ulasan ini sampai akhir. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar