Kamis, 28 Maret 2019

Manfaat Buah Ara Untuk Kebaikan Tubuh

Manfaat Buah Ara Untuk Kebaikan Tubuh - Buah ara atau lebih dikenal dengan buah tin ini merupakan jenis buah yang telah ada sejak 1400 tahun Masehi lalu. Nah, buah ara juga dikenal sebagai buah musiman yang awalnya ditemukan di Asia Barat, namun kini buah yang satu ini juga sudah banyak yang membudidayakan dan telah tersedia di banyak daerah di Indonesia. Buah yang telah ada sejak berabad-abad lalu ini dikenal sebagai jenis buah yang kaya akan manfaat baik untuk kesehatan dan juga pengobatan herbal. Apa saja manfaatnya tersebut??? Ok, berikut sekilas ulasan lengkapnya.
Manfaat Buah Ara Untuk Kebaikan Tubuh

Buah ara atau buah tin ini diketahui sebagai jenis buah pohon yang masih satu kerabat dengan pohon beringin loh. Dari yang diketahui buah ara ini memiliki tekstur kulit yang halus dengan biji yang renyah dan daging yang kenyal.

Selain itu, buah ara atau buat tin yang dianggap oleh umat muslim sebagai "Buah dari Surga" ini ternyata mengandung banyak kandungan nutrisi yang bisa dibilang cukup komplit.

Kandungan Nutrisi Dalam Buah Ara

Nah, dilansir dari California Fig-s Advisory di setiap 100 gram buah ara terkandung banyak kandunga yang sangat penting untuk tubuh. Beberapa di antaranya yaitu :

Jenis Nutrisi Jumlah %
Energi 250 kcal 1040 kJ
Gula  47.92 g
Karbohidrat 63.87 g
Lemak  0.93 g
Dietary fiber (serat)  9.8 g
Thiamin (vit.B1) 0.085 mg 7%
Protein 3.30 g
Riboflavin (vit.B2)   0.082 mg  5%
Niacin (vit.B3)     0.619 mg  4%
Vitamin B6   0.106 mg  8%
Pantothenic acid (vit.B5)  0.434 mg  9%
Magnesium 68 mg  15%
Vitamin C 1.2 mg  2%
Folat (vit.B9)  9 ug 2%
Zinc  0.55 mg  16%
Iron 2.03 mg  16%
Kalsium 162 mg  16%
Potassium  680 mg  14%
Fosfor 67 mg  10%

Dengan banyak dan tingginya kandungan yang dimiliki buah ara, menjadikan buah yang satu ini dikenal sebagai buah dengan banyak manfaat baik untuk tubuh. Secara umum buah ara ini memiliki kemampuan dalam mencegah dan mengobati sembelit, gangguan pencernaan, diabetes, batuk dan flu, bronkitis, serta asam.

Kebaikan Buah Ara Untuk Tubuh

Dan berikut ini adalah sejumlah manfaat dari buah ara secara rinci yang dikenal sangat menyehatkan untuk tubuh. Beberapa di antaranya yaitu :

  • Mengurangi Kolesterol

Serat larut dalam buah ara diketahui sangatlah banyak. Seperti yang kita ketahui sendiri bahwa kandungan serat larut dalam tubuh sangatlah bermanfaat baik bagi tubuh. Nah, salah satu manfaatnya baiknya tersebut yaitu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol (LDL) yang tinggi dalam tubuh. Di mana dengan kandungan serat larut (pektin) pada buah ara ini akan menyapu semumlah kolesterol yang berlebih di dalam tubuh dengan cara membuangnya dalam sistem ekskresi.

  • Mengatasi Hipertensi

Tidak hanya dapat menurunkan kolesterol yang tinggi. Buah ara juga diketahui dapat membantu mengatasi hipertensi. Seperti yang kita ketahui bahwa hipertensi merupakan salah satu pemicu utama yang dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah, dan hal ini akan menjadi sangat fatal jika dibiarkan menyebabkan penyakit jantung koroner. Nah, cara terbaik untuk mengatasi masalah hipertensi ini adalah dengan mengkonsumsi buah ara. Yup, kandungan buah ara seperti omega 3, omega 6, fosfor dan fenol dikenal sebagai kandungan penting yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan juga kolesterol.

  • Mencegah Serangan Jantung

Serangan jantung sendiri dikenal sebagai jenis penyakit mematikan nomor 1 di dunia. Kondisi serangan jantung ini dapat terjadi karena kadar natrium dalm tubuh sudah terlalu tinggi, yang mana hal ini merupakan penyebab penyempitan pembuluh darah. Nah, penyempitan pembuluh darah ini diketahui sebagai faktor yang menjadi penyebab kinerja jantung semakin berat. Sehingga jika kondisi tersebut tidak segera ditangani maka sewaktu-waktu kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya serangan jantung mendadak.

Nah, untuk mencegah terjadinya serangan jantung, mengkonsumsi buah ara bisa menjadi solusi terbaiknya. Hal ini dikarenakan kandungan pada buah ara dapat membantu menurunkan kadar natrium dalam tubuh, sehingga dengan begitu risiko serangan jantung pun dapat terminimilasir. Jika dikonsumsi secara teratur, kandungan yang terdapat dalam buah ara juga bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko penyakit jantung lainnya.

  • Mencegah Kanker

Buah ara juga dikenal memiliki kandungan polyfenol yang bertindak sebagai antioksidan kuat yang dapat menangkal radikal bebas dan mencegah pertumbuhan sel kanker. Antioksidan tersebut akan melindungi tubuh dari berbagai macam radikal bebas yang bisa menjadi pemicu munculnya pertumbuhan sel abnormal dalam tubuh, sehingga dengan begitu risiko penyakit kanker pun dapat diminimalisir.

  • Baik Untuk Penderita Diabates

Ada begitu banyak manfaat baik buah ara bagi penderita diabetes. Yup, di samping mengandung glukosa dan fruktosa, buah ara juga mengandung serat larut dan karbohidrat. Nah, kandungan tersebutlah yang akan membantu menghambat proses penyerapan gula berlebih pada bagin sistem pencernaan, bahkan kabarnya mengkonsumsi satu buah ara setiap hari bisa membantu mencegah diabetes.

  • Menguatkan Tulang

Selain kandungan serat larut yang tinggi, buah ara juga mengandung mineral penting seperti fosfor dan kalsium yang cukup tinggi dan cukup untuk menguatkan tulang dan mencegah munculnya penyakit osteoporosis. Kabarnya kandungan kalsium dan fosfor yang ada pada buah ara lebih tinggi dibanding pada susu. Nah, untuk anak-anak kandungan tersebut sangat penting untuk menunjang pertumbuhan tulan dan gigi secara optimal.

  • Sebagai Peninggi Badan

Dari yang diketahui kandungan nutrisi lengkap pada buah ara setara dengan kandungan segelas susu, dengan kandungan kalsium, fosfor, magnesium, mangan dipercaya mampu untuk meninggikan tinggi terutama di masa pertumbuhannya.

  • Mengatasi Insomnia

Buah ara juga diketahui memiliki kemampuan yang dapat membantu mengatasi insomnia. Hal ini dikarenakan dalam buat ara terkandung senyawa bernama trytophan yang cukup efektif untuk memberikan rasa nyaman, tenang dan rileks bagi pikiran, sehingga mampu mencegah insomnia. Dengan kata lain pula, kandungan tersebut juga akan sangat bermanfaat untuk mengatasi stres dan merilekskan tubuh dari kepenatan.

  • Mengatasi Anemia

Buah ara juga bisa membantu kamu yang mengalami anemia untuk bisa mengoptimalkan pembentukan hemoglobin (HB) dalam darah. Dengan begitu masalah anemia yang kamu alami bisa teratasi secara alami dan sehat. Yup, hal ini dikarenakan buah ara juga mengandung zat besi yang dapat merangsang pembentukan hemoglobin yang sehat dalam darah.

  • Mengontrol Berat Badan

Serat yang terkandung dalam buah ara dikenal sangat baik untuk menu diet. Di mana serat yang terkandung dalam buah ara ini bisa membantu kamu yang ingin menurunkan berat badan secara alami dan aman. Dengan diet tinggi serat diketahui bisa membantu memperlambat pencernaan dan menghilangkan rasa lapar.

  • Menutrisi Kulit

Sudah kita ketahui sebelumnya bahwa buah ara ini mengandung banyak sekali vitamin C dan vitamin B. Di mana dengan kedua vitamin ini kulit dapat ternutrisi dengan baik, bahkan mampu membantu meremajakan kulit sehingga kulit akan tampak awet muda. Selain itu, buah ara juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari oksidasi radikal bebas. Tidak hanya itu, buah ara juga memiliki zat anti-inflamasi (anti-radang) yang dapat mengurangi pembentukan jerawat dan bisul. Asam lemak omega 3 dalam buah ara juga bisa membantu melembabkan kulit dengan baik. Dengan kata lain, manfaat buah ara untuk kecantikan sangatlah banyak guys. Jadi bagi kamu yang ingin tampil cantik dan sehat, rutinlah mengkonsumsi buah ara sebagai alternatif perawatan kesehatan dan kecantikanmu.

Nah sobat, itulah beberapa manfaat dari buah ara yang dikenal sangat baik untuk kesehatan tubuh, dan masih banyak lagi manfaat buah ara lainnya yang dijamin bisa bikin kamu sehat dan terlindungi dari penyakit. Sekian yang dapat disampaikan, semoga dapat bermanfaat dan terimakasi banyak atas kunjungannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar