Sabtu, 02 Februari 2019

Cara Menjaga Kesehatan Mata Meski Kerja Seharian Di Depan Layar Gadget

Cara Menjaga Kesehatan Mata Meski Kerja Seharian Di Depan Layar Gadget - Di zaman yang serba modern ini, kita dituntut untuk mengikuti arus dunia. Yup, di zaman sekarang ini, banyak pekerjaan yang mengandalkan teknologi canggih seperti ponsel atau komputer. Bahkan terkadang kebanyakan orang pun akan merasa sulit terpisah dengan yang namanya gadget. Maka tidak heran juga banyak sekali orang yang mengeluhkan kesehatan pada matanya. Mengapa demikian???

Yup, kondisi tersebut dapat terjadi karena paparan radiasi dari sinar yang dipantulkan cahaya layar pada mata diketahui dapat memperburuk kondisi kesehatan mata jika mata terlalu lama menatap layar komputer. Ada berbagai masalah kesehatan yang bisa terjadi akibat penggunaan gadget yang terlalu lama, salah satunya adalah mata minus. 

Saat mata kita menatap layar komputer atau ponsel terlalu lama, maka cahaya yang dipantulkan oleh layar tersebut akan mempengaruhi intensitas cahaya yang masuk ke dalam mata. Di mana saat hal tersebut terjadi kondisi ini akan membuat saraf dan otot mata menjadi tegang dan jika terus dibiarkan maka kinerja mata dalam menangkap informasi gambar pun dapat terganggu.

Cara Menjaga Kesehatan Mata Meski Kerja Seharian Di Depan Layar Gadget

Nah, untuk membantu Anda yang kesehariannya bekerja di depan layar komputer atau ponsel. Berikut ini kami berikan cara mudah yang bisa sobat lakukan untuk menjaga kesehatan mata kesehariannya bekerja atau berkutik di depan layar komputer atau ponsel :

  • Aturlah Tingkat Kecerahan Perangkat Anda

Cara pertama untuk dapat sobat lakukan adalah mengatur tingkat kecerahan layar perangkat yang sedang kamu gunakan. Sobat bisa menyesuaikan tingkat kecerahannya sesuai dengan lingkungan sekitar. Usahakan untuk tidak membuatnya terlalu terang atau terlalu gelap. Anda bisa memastikan sendiri tingkat kecerahan perangkat yang nyaman untuk mata Anda.

Atau jika Anda merasa kurang yakin, sobat bisa mengatifkan fitur sensor cahaya di smartphone yang bisa menyesuaikan brightness layar smartpohone Anda dengan cepat sesuai dengan kondisi cahaya di tempat Anda berada.

  • Ciptakan Kondisi Senyaman Mungkin Agar Mata Tidak Mengalami Stres

Yang perlu sobat lakukan saat bekerja di depan layar komputer adalah dengan membuat Anda merasa senyaman mungkin. Sebisa mungkin Anda harus bisa menyesuaikan lingkungan saat menggunakan perangkat digital Anda untuk membantu agar mata tidak tertekan dengan posisi tidak nyaman.

Jika monitor memiliki ukuran yang besar, untuk membantu mencegah ketegangan pada mata, pastikan kursi berada di dekat komputer dan pastikan Anda duduk dengan nyaman. Di samping itu, pastikan juga Anda sudah merasa nyaman sebelum menggunakan gadget yang akan Anda gunakan. Hal ini bertujuan untuk membantu mengurangi tingkat stres di mata karena mencari sudut pandang yang paling baik.

  • Sesuaikan Jarak dan Sudut Baca

Selain menciptakan kondisi yang nyaman, Anda juga disarankan untuk dapat menyesuaikan layar sehingga Anda melihatnya sedikit ke bawah dan berjarak sekitar 24 hingga 28 inci (sekitar 61-71 cm).

Nah, usahakan bagian tengahnya berada di sekitar 4-6 inci (6-15 cm) di bawah mata Anda. Pastikan layar cukup besar dan dengan kecerahan dan kontras yang tepat.

  • Kedipkan Mata dan Olahragakan Mata Sesekali

Dalam sejumlah kasus menunjukkan bahwa ketika seseorang tengah menatap layar, frekuensi kedipannya diketahui menjadi berkurang. Walau sedang serius, pastikan Anda untuk sesekali mengedipkan mata. Seperti mengedipkan mata lima kali setiap 10 menit berada di depan layar perangkat elektronikmu.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan olahraga ringan dengan melihat objek yang jauh dari padangan Anda lalu melihat ke objek yang dekat dengan Anda. Kamu juga bisa memutar bola mata dengan melihat sekeliling dari kiri ke atas lalu ke arah kanan kemudian ke arah bawah mata Anda. Hal ini diketahui dapat membantu mengurangi rasa sakit pada mata akibat otot mata yang kaku.

  • Perbesar Teks Di Layar

Untuk Anda yang memiliki masalah penglihatan, memperbesar teks dan gambar di perangkat bisa menjadi alternatif untuk membantu penglihatan Anda. Sobat bisa menyesuaikan sendiri seberapa besar teks yang bisa sobat baca dengan jelas. Karena hampir setiap perangkat bisa disesuaikan untuk menampilkan teks yang lebih besar.

  • Rajin Mengkonsumsi Makanan Untuk Kesehatan Mata

Di samping cara-cara di atas, Anda juga perlu memenuhi asupan nutrisi mata untuk mendukung kesehatan mata Anda. Ada berbagai macam makanan yang bisa Anda konsumsi untuk membantu meningkatkan kesehatan mata meski Anda sering berhadapan dengan layar komputer atau ponsel. Beberapa makanan tersebut di antaranya yaitu buah jeruk, stroberi, bayam, telur, kacang almond, dan wortel. Semua makan tersebut diketahui mengandung vitamin A, C dan E yang sangat baik untuk mendukung kesehatan mata Anda.

Jika diperlukan, Anda juga bisa mengkonsumsi multivitamin yang banyak dijual bebas di pasaran. Tentunya cara ini akan sangat praktis digunakan, terutama bagi Anda yang tidak sempat memasak dan kurang menyukai sayuran dan buah-buahan.

Nah, adapun suplemen yang bisa saya rekomendasikan untuk sobat coba gunakan sebagai multivitamin adalah Walatra Sehat Mata Softgel. Info lengkapnya bisa sobat dapatkan dengan klik di sini!!!

Ok sobat, itulah dia beberapa cara yang bisa sobat lakukan untuk menjaga kesehatan mata meski Anda sering berada di depan layar gadget. Sekian yang dapat disampaikan, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih banyak atas kunjungannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar